BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Atap Kanopi untuk Melindungi Rumah dari Segala Cuaca
0
0

7 Jenis Atap Kanopi untuk Melindungi Rumah dari Segala Cuaca

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Des 6, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Jenis-Jenis Atap Kanopi dan Kisaran Harganyatop-right-banner

Pins pasti sudah sering mendengar yang namanya kanopi. Iya, penutup atap yang satu ini kebanyakan terletak pada bagian depan rumah. Kanopi berguna untuk melindungi rumah dari segala kondisi cuaca. Selain itu, atap kanopi terdiri dari berbagai macam jenis yang dirancang untuk menjaga suhu dalam rumah agar tidak begitu panas dan menghalau hujan.

Kamu memang harus tahu tentang jenis atap kanopi dan harganya untuk desain rumah kamu yang indah. Seperti rumah yang ada di perumahan Daun Village, di sana kamu dapat menemukan banyak desain rumah yang indah untuk kamu miliki nantinya. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Tetapi apakah Pins tahu kalau sebenarnya ada banyak sekali macam jenis atap kanopi? Yuk, simak ulasan terkait jenis-jenis atap kanopi berikut ini!

Baca juga: 14 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

Jenis-Jenis Atap Kanopi

Setiap jenis atap kanopi memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing, menciptakan nuansa berbeda dalam desain rumah Pins. Mulai dari atap polikarbonat yang memancarkan cahaya alami hingga atap logam yang tahan terhadap cuaca ekstrem.

Pilihan atap kanopi yang tepat tidak hanya memberikan perlindungan optimal. Tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang memukau pada eksterior rumah Pins.

1. Kanopi Kaca

Source : Ruangguruku

Seringkali Pins melihat beberapa bangunan terdapat penutup atap berbahan kaca. Ya, kaca tersebut merupakan salah satu jenis dari atap kanopi.

Tidak sembarangan kaca, material satu ini sebenarnya tempered glass dengan ketebalan rata-rata 8 mm hingga 12 mm. Kaca yang satu ini lebih kuat dibandingkan kaca biasa, sehingga dijamin aman dan dapat melindungi area dibawahnya dari dampak cuaca.

Menggunakan kanopi kaca akan memberikan efek bersih dan modern. Namun, dibutuhkan perawatan yang lebih untuk tetap menjaga kaca tetap jernih karena kaca sangat mudah kotor dan terlihat kumal. Saat ini, Pins dapat membeli kanopi kaca dengan harga berkisar antara Rp500 ribuan hingga Rp2 jutaan tergantung ketebalan dan kebutuhan.

Baca juga:

2. Kanopi Polycarbonate

Source : Carousell

Selain kaca, jika Pins masih menginginkan kanopi bening atau transparan namun dengan harga yang lebih terjangkau, bisa mempertimbangkan kanopi polycarbonate. Memang tidak sebening kaca, namun atap polycarbonate masih bisa menjadi alternatif untuk Pins yang masih menginginkan masuknya cahaya sinar matahari namun tidak seintens pada kanopi kaca.

Kanopi polycarbonate bersifat lebih fleksibel dan dapat mengikuti bentuk. Cocok untuk dipasang pada area dengan lengkungan atau bentuk yang tidak wajar. Pins dapat membeli kanopi polycarbonate di pasaran dengan harga mulai dari Rp120an ribu hingga yang termahal bisa mencapai Rp2 jutaan. Semua kembali lagi sesuai dengan kebutuhan kamu ya, Pins!

3. Kanopi Zincalume

Source : Kanopi Tangerang

Selanjutnya ada jenis atap kanopi yang terbuat dari gabungan atap material seng, aluminum, dan silikon, apalagi kalau bukan atap zincalume. Bahan yang satu ini tidak transparan melainkan memantulkan panas. Bahan kanopi jenis ini cenderung lebih tipis sehingga diperlukan kehati-hatian yang lebih karena jika salah dalam pemasangan bisa berakibat bengkok atau penyok.

Kanopi jenis zincalume memiliki lapisan resin sehingga tampilannya lebih halus dan bersih. Cocok untuk Pins yang memiliki rumah di daerah pantai. Selain itu, dibandingkan polycarbonate dan kaca, kanopi zincalume lebih terjangkau. Pins bisa mendapatkan kanopi ini mulai dari Rp60an ribu hingga Rp600an ribu saja, lho!

Baca juga: Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

4. Kanopi Solartuff

Source : OLX

Jenis atap kanopi selanjutnya adalah kanopi solartuff. Sama modelnya dengan kanopi kaca, kanopi solartuff juga transparan sehingga dapat meneruskan cahaya matahari. Uniknya, kanopi ini dilapisi pelindung UV sehingga area di bawahnya tidak panas karena dapat memantulkan cahaya matahari hingga 90%.

Beberapa kelebihan kanopi jenis ini antara lain: memiliki permukaan yang halus dan rata, lebih kuat dan kokoh daripada kaca akrilik, mudah instalasinya, fleksibel, dan lebih ramah lingkungan. Kanopi Solartuff dapat kamu beli dengan kisaran harga sekitar Rp120an ribu per meternya. Tertarik mencoba kanopi yang satu ini, Pins?

5. Kanopi Membran

Source : HiTent

Selanjutnya, ada salah satu jenis kanopi yang mungkin Pins sering temui di area hiburan seperti restoran dan bar. Jenis kanopi ini adalah kanopi membran.

Bentuknya yang elastis sering kali digunakan sebagai pembentuk atap namun dengan kreasi dan bentuk-bentuk yang unik. Selain itu, kanopi ini dapat meningkatkan estetika dari bangunan tersebut.

Beda dari kanopi lainnya, keelastisan kanopi ini didapat karena materialnya yang terbuat dari kain. Tidak hanya sebagai kanopi, membran juga dapat digunakan sepenuhnya untuk atap sehingga mengurangi biaya untuk pemasangan atap dan genteng.

Fungsinya pun sama dengan kanopi lainnya, melindungi apa yang ada dibawahnya dari dampak cuaca. Perlu diingat, kanopi dapat digunakan untuk berbagai macam proyek sehingga ukurannya pun beragam.

Harganya memang lebih tinggi dibandingkan kanopi lainnya. Per meter kuadratnya, kanopi membran dikenakan harga sekitar Rp750an ribu hingga Rp1,8 jutaan. Perlu diperhatikan dengan cermat sesuai kebutuhan ya, Pins!

6. Kanopi Alderon

Source : Asia Bengkel Las

Kanopi alderon dikatakan memiliki material yang berkualitas cukup baik. Pasalnya, alderon sendiri merupakan jenis kanopi penutup atap berbahan dasar uPVC (unplasticized Vinyl Chloride). Jenis kanopi satu ini memiliki bentuk yang bergelombang, sederhana, namun masih menarik. Cocok untuk Pins yang memiliki hunian minimalis. Selain itu, pengaplikasiannya pun mudah dan cepat.

Beberapa kelebihan dari kanopi jenis alderon antara lain kokoh, dapat meredam panas dan menjaga hawa rumah, tidak mudah luntur akibat kondisi cuaca, kedap suara hingga 27%, serta tidak merambat api karena sifatnya yang non-combustible sehingga aman bagi penghuni. Tidak kalah pentingnya, kanopi alderon juga tidak mudah berkarat.

Pins bisa mendapatkan atap kanopi alderon dengan harga kisaran dari Rp70 ribu hingga Rp135 ribu per meter perseginya. Memang harganya cenderung lebih tinggi, namun kualitas yang ditawarkan sendiri juga tidak main-main lho, Pins!

7. Atap Kanopi Ramah Lingkungan

Source : Lazada

Umumnya, untuk menciptakannya, digunakan bahan atap berbasis baja ringan daur ulang yang tidak mengandung zat beracun. Sehingga dapat memberikan perlindungan kesehatan optimal bagi penghuni rumah atau para pengunjung bangunan tersebut. 

Selain sifatnya yang ramah lingkungan, atap kanopi berkonsep go green ini juga memiliki keunggulan sebagai material yang tahan terhadap korosi dan anti karat. Sehingga memberikan jaminan ketahanan yang lebih lama.

Seluruh keunggulan tersebut, ditambah dengan fakta bahwa bahan kanopi go green memiliki harga yang cukup terjangkau. Bila dibandingkan dengan variasi atap kanopi lainnya, menjadikannya sebagai pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas. 

Jadi, itu adalah beberapa rekomendasi untuk jenis atap kanopi beserta kisaran harganya. Pins hendaknya cermat dalam memperhitungkan terkait kebutuhan kanopi ini ya, lantaran harganya berbeda tergantung kebutuhan. Kira-kira adakah atap kanopi yang cocok dengan Pins?

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download