Pinhome

Jenis-Jenis Atap Kanopi dan Kisaran Harganya

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 28 June 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins pasti sudah sering mendengar yang namanya kanopi. Iya, penutup atap yang satu ini kebanyakan terletak pada bagian depan rumah. 

Kanopi berguna untuk melindungi rumah dari segala kondisi cuaca.Selain itu, kanopi juga berguna untuk menjaga suhu dalam rumah agar tidak terlalu panas serta menghalau hujan agar tidak masuk.

Tetapi apakah Pins tahu kalau sebenarnya ada banyak sekali macam jenis atap kanopi? Yuk, simak ulasan terkait jenis-jenis atap kanopi berikut ini!

Baca juga: 14 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

Jenis-Jenis Atap Kanopi

Kanopi Kaca

(Ruangguruku)

Seringkali Pins melihat beberapa bangunan terdapat penutup atap berbahan kaca. Ya, kaca tersebut merupakan salah satu jenis dari atap kanopi.

Tidak sembarangan kaca, material satu ini sebenarnya tempered glass dengan ketebalan rata-rata 8 mm hingga 12 mm. Kaca yang satu ini lebih kuat dibandingkan kaca biasa, sehingga dijamin aman dan dapat melindungi area dibawahnya dari dampak cuaca.

Menggunakan kanopi kaca akan memberikan efek bersih dan modern. Namun, dibutuhkan perawatan yang lebih untuk tetap menjaga kaca tetap jernih karena kaca sangat mudah kotor dan terlihat kumal.

Saat ini, Pins dapat membeli kanopi kaca dengan harga berkisar antara Rp500 ribuan hingga Rp2 jutaan tergantung ketebalan dan kebutuhan.

Kanopi Polycarbonate

(Rumah123)

Selain kaca, jika Pins masih menginginkan kanopi bening atau transparan namun dengan harga yang lebih terjangkau, bisa mempertimbangkan kanopi polycarbonate.

Memang tidak sebening kaca, namun atap polycarbonate masih bisa menjadi alternatif untuk Pins yang masih menginginkan masuknya cahaya sinar matahari namun tidak seintens pada kanopi kaca.

Kanopi polycarbonate bersifat lebih fleksibel dan dapat mengikuti bentuk. Cocok untuk dipasang pada area dengan lengkungan atau bentuk yang tidak wajar.

Pins dapat membeli kanopi polycarbonate di pasaran dengan harga mulai dari Rp120an ribu hingga yang termahal bisa mencapai Rp2 jutaan. 

Semua kembali lagi sesuai dengan kebutuhan kamu ya, Pins!

Kanopi Zincalume

(Kanopi Tangerang)

Selanjutnya ada jenis atap kanopi yang terbuat dari gabungan material seng, aluminum, dan silikon, apalagi kalau bukan atap zincalume. Bahan yang satu ini tidak transparan melainkan memantulkan panas.

Bahan kanopi jenis ini cenderung lebih tipis sehingga diperlukan kehati-hatian yang lebih karena jika salah dalam pemasangan bisa berakibat bengkok atau penyok.

Kanopi jenis zincalume memiliki lapisan resin sehingga tampilannya lebih halus dan bersih. Cocok untuk Pins yang memiliki rumah di daerah pantai. 

Selain itu, dibandingkan polycarbonate dan kaca, kanopi zincalume lebih terjangkau. Pins bisa mendapatkan kanopi ini mulai dari Rp60an ribu hingga Rp600an ribu saja, lho!

Baca juga: Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Kanopi Solartuff

(OLX)

Jenis atap kanopi selanjutnya adalah kanopi solartuff. Sama modelnya dengan kanopi kaca, kanopi solartuff juga transparan sehingga dapat meneruskan cahaya matahari. 

Uniknya, kanopi ini dilapisi pelindung UV sehingga area di bawahnya tidak panas karena dapat memantulkan cahaya matahari hingga 90%.

Beberapa kelebihan kanopi jenis ini antara lain: memiliki permukaan yang halus dan rata, lebih kuat dan kokoh daripada kaca akrilik, mudah instalasinya, fleksibel, dan lebih ramah lingkungan.

Kanopi Solartuff dapat kamu beli dengan kisaran harga sekitar Rp120an ribu per meternya. Tertarik mencoba kanopi yang satu ini, Pins?

Kanopi Membran

(HiTent)

Selanjutnya, ada salah satu jenis kanopi yang mungkin Pins sering temui di area hiburan seperti restoran dan bar. Jenis kanopi ini adalah kanopi membran.

Bentuknya yang elastis seringkali digunakan sebagai pembentuk atap namun dengan kreasi dan bentuk-bentuk yang unik. Selain itu, kanopi ini dapat meningkatkan estetika dari bangunan tersebut.

Beda dari kanopi lainnya, keelastisan kanopi ini didapat karena materialnya yang terbuat dari kain. Tidak hanya sebagai kanopi, membran juga dapat digunakan sepenuhnya untuk atap sehingga mengurangi biaya untuk pemasangan atap dan genteng.

Fungsinya pun sama dengan kanopi lainnya, melindungi apa yang ada dibawahnya dari dampak cuaca. Perlu diingat, kanopi dapat digunakan untuk berbagai macam proyek sehingga ukurannya pun beragam.

Harganya memang lebih tinggi dibandingkan kanopi lainnya. Per meter kuadratnya, kanopi membran dikenakan harga sekitar Rp750an ribu hingga Rp1,8 jutaan.

Perlu diperhatikan dengan cermat sesuai kebutuhan ya, Pins!

Kanopi Alderon

(Asia Bengkel Las)

Kanopi alderon dikatakan memiliki material yang berkualitas cukup baik. Pasalnya, alderon sendiri merupakan jenis kanopi penutup atap berbahan dasar uPVC (unplasticized Vinyl Chloride).

Jenis kanopi satu ini memiliki bentuk yang bergelombang, sederhana, namun masih menarik. Cocok untuk Pins yang memiliki hunian minimalis. Selain itu, pengaplikasiannya pun mudah dan cepat.

Beberapa kelebihan dari kanopi jenis alderon antara lain kokoh, dapat meredam panas dan menjaga hawa rumah, tidak mudah luntur akibat kondisi cuaca, kedap suara hingga 27%, serta tidak merambat api karena sifatnya yang non-combustible sehingga aman bagi penghuni.

Tidak kalah pentingnya, kanopi alderon juga tidak mudah berkarat.

Pins bisa mendapatkan atap kanopi alderon dengan harga kisaran dari Rp70 ribu hingga Rp135 ribu per meter perseginya. Memang harganya cenderung lebih tinggi, namun kualitas yang ditawarkan sendiri juga tidak main-main lho, Pins!

Jadi, itu adalah beberapa rekomendasi untuk jenis atap kanopi beserta kisaran harganya. Pins hendaknya cermat dalam memperhitungkan terkait kebutuhan kanopi ini ya, lantaran harganya berbeda tergantung kebutuhan.

Kira-kira adakah atap kanopi yang cocok dengan Pins?

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia