BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Membuat Desain Rumah Murah Tapi Tetap Menarik
0
0

7 Cara Membuat Desain Rumah Murah Tapi Tetap Menarik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Rumah Dengan Gaya Artistiktop-right-banner

Sebuah kendala yang seringkali muncul dalam pelaksanaan kontruksi rumah adalah pembengkakan dana yang tak terduga. Ini memang sebuah perkara yang wajar pada pemilik rumah yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Hal tersebut bisa diatasi dengan membuat desain rumah murah dengan gaya artistik yang minimalis.

Penting untuk mengakui bahwa desain rumah bukan hanya tentang fungsi, tetapi juga tentang ekspresi seni. Membuat rumah minimalis dengan gaya artistik memungkinkan Pins untuk menciptakan lingkungan yang mencerminkan kepribadian dan preferensi estetika kamu.

Khususnya untuk kamu yang tidak memahami tentang mengenai arsitektur. Namun, ingin membangun rumah eksklusif yang indah seperti Mutiara Gading City ataupun rumah di Cipayung, misalnya di sekitar Cibubur Junction. Semua permasalahan tersebut bisa teratasi dengan mudah apabila memiliki persiapan yang cukup matang. 

Untuk itu berikut cara membuat desain rumah sederhana dengan biaya murah. Ini bisa menjadi referensi kamu untuk desain rumah murah dengan gaya artistik.

Baca juga: 

Memahami Gaya Artistik

Sebelum kamu mulai merancang, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan “gaya artistik”. Gaya ini mencakup penggunaan elemen seni dan desain untuk menciptakan suasana yang unik dan ekspresif di dalam rumah kamu.

Berikut elemen utama gaya artistik

  • Penggunaan warna yang dramatis
  • Ekspresi seni visual seperti lukisan dan patung
  • Pencahayaan yang terencana dengan cermat
  • Penggunaan bahan alami dan tekstur unik

Cara Membuat Desain Rumah Murah Dengan Gaya Artistik

Desain rumah dengan gaya artistik saat ini semakin populer di kalangan masyarakat. Gunakan beberapa tips dan referensi desain berikut ini untuk diaplikasikan:

1. Lakukan Diskusi Dengan Arsitek dan Kontraktor

kontraktor dan arsitektur
Source: Pexels

Untuk saran yang tepat dalam mengontrol pengeluaran adalah dengan berdiskusi langsung dengan arsitek atau kontraktor yang sudah kamu kenal. Mereka adalah sosok yang berpengalaman dalam dunia arsitektur dan konstruksi. Semua aspek yang perlu dipersiapkan seperti pemasangan listrik hingga biaya pemasangan pipa akan dijabarkan secara terperinci.

Untuk membantu kamu membuat perencanaan dana yang dibutuhkan untuk proyek konstruksi desain rumah murah. Dengan cara ini, bisa mempersiapkan berbagai macam kebutuhan yang penting, menghemat biaya sekaligus mengontrol biaya pengeluaran.

Baca juga:

2. Prosedur yang Tepat

desain rumah murah
Source: Pexels

Jangan pernah meremehkan prosedur yang harus diambil dalam proyek membangun rumah. Jika kamu masih belum pernah berpengalaman di bidang konstruksi ini, silahkan berdiskusi dengan yang berpengalaman, seperti memanfaatkan jasa arsitek atau kontraktor.

Untuk memberikan gambaran dan langkah-langkah yang mesti diambil dalam proyek desain rumah murah. Setelah dibuat dengan kerangka yang lebih detail, sikap konsisten untuk menjalankan program tersebut bisa membantu membatasi pembengkakan dana.

Baca juga: 

3. Membuat Desain yang Sederhana

tata ketaj
Source: Pexels

Buatlah desain rumah murah sesederhana mungkin untuk memperkecil kemungkinan biaya yang tak terduga dan menjadikan total biaya yang diperlukan. Tentu saja ide ini menggunakan konsep minimalis yang semakin marak di kalangan penduduk metropolis.

Konsep minimalis memang menekankan kesederhanaan tanpa melupakan nilai estetika dan keindahan. Jadi, membuat desain rumah sederhana tak harus jelek, mereka yang sederhana cenderung cantik dengan tampilan bersahaja.

Baca juga: 

4. Membuat Rancangan Alokasi Dana

desain rumah murah
Source: Pexels

Saat merancang alokasi dana yang dibutuhkan untuk desain rumah murah, jangan pernah terjebak dalam stereotype alokasi dana sempit. Ini artinya kamu ingin berhemat, jangan terlalu membatasi  alokasi dana. Ini akan berakibat kurang maksimalnya penghematan.

Kita harus bersikap realistis dengan memperkirakan kenaikan harga yang mungkin terjadi saat konstruksi bangunan berlangsung. Jadi, pada saat proyek tersebut dilaksanakan, rancangan alokasi dana berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Atau minimalnya hal tersebut hanya melenceng sedikit dari perencanaan alokasi dana.

Baca juga: 

5. Batasi Pengeluaran

desain rumah murah
Source: Pexels

Singkatnya, agar biaya pengeluaran proyek konstruksi desain rumah murah bisa dibatasi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan tetap konsisten pada apa yang sudah direncanakan. Seringkali kita tergoda untuk melakukan sesuatu yang melenceng dari perencanaan.

Hal ini cukup fatal, sebab dengan pelencengan tersebut alokasi dana sudah tidak sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan. Akibatnya dana konstruksi rumah pun membengkak. Tetaplah konsisten pada perencanaan yang dibuat.

6. Menambahkan Sentuhan Seni Visual

desain rumah murah
Source: Pexels

Lukisan, patung, dan karya seni visual lainnya adalah cara yang sempurna untuk menghadirkan elemen artistik ke dalam rumahmu. Susun karya seni kamu dengan cermat untuk menciptakan galeri pribadi yang memikat di dinding-dinding rumahmu.

7. Menyusun Tata Letak Ruangan

desain rumah murah
Source: Pexels

Tata letak ruangan adalah kunci dalam menciptakan desain artistik yang efektif. Pertimbangkan bagaimana elemen-elemen seperti furnitur, dekorasi dinding, dan pencahayaan dapat ditempatkan untuk menciptakan aliran visual yang menyenangkan. Jangan lupakan pentingnya ruang negatif di dalam desain kamu. Jeda antara elemen-elemen dapat memberikan kesan yang kuat dan memungkinkan mata untuk beristirahat.

Menciptakan desain rumah dengan gaya artistik adalah tentang menggabungkan elemen seni dan desain untuk menciptakan lingkungan yang unik dan ekspresif. Dengan memahami konsep ini dan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, kamu dapat menciptakan rumah impian yang mencerminkan kepribadian dan preferensi estetika kamu.

Baca juga: 

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download