BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Ide Desain Rumah Kontrakan 1 Kamar yang Ideal
0
0

6 Ide Desain Rumah Kontrakan 1 Kamar yang Ideal

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah kontrakan 1 kamartop-right-banner

Rumah kontrakan 1 kamar bisa menjadi pilihan bagi pasangan yang baru menikah atau baru memiliki satu anak. Desain rumah kontrakan 1 kamar pun beragam, yang umumnya merupakan rumah tipe 36 atau di bawahnya. 

Banyak alasan seseorang memilih untuk sewa rumah atau apartemen dibanding membeli. Alasan utama tentu terkait keuangan yang belum mencukupi mengingat harga properti terus melambung tinggi. Selain itu juga ada alasan jarak ke tempat kerja yang lebih dekat sehingga efisien waktu. 

Sedangkan kamu yang sudah memiliki keuangan cukup, bisa membeli rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain. Kalau punya rumah second di Jakarta Timur yang tidak ditempati juga bisa dijual dengan pasang iklan properti online di Pinhome. 

Baca juga: Arti Spanduk ‘Rumah ini Dijual atau Dikontrakan’

Tips Cari Rumah Kontrakan

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Sebelum membahas desain, kamu perlu mengetahui beberapa tips untuk mencari rumah kontrakan. Tips berikut penting agar kamu mendapat rumah kontrakan yang nyaman dengan harga yang terjangkau. 

1. Cari Kontrakan Murah

Mencari rumah kontrakan dengan harga murah tidak akan semudah yang dibayangkan. Selain faktor harga, rumah kontrakan juga akan sama dengan seperti rumah sendiri.

Oleh sebab itu, kamu juga perlu mempertimbangkan secara matang ketika memilih rumah kontrakan.

Tips yang bisa dilakukan untuk mencari kontrakan rumah murah yang pertama adalah pilih yang skema pembayarannya per bulan. Meski hal ini agak sulit, tapi tetap ada orang-orang yang menyewakan rumah bulanan dan tidak tahunan. 

Selain itu, sangat penting untuk memilih rumah kontrakan yang mudah diakses. Dalam hal ini, rumah yang dekat dengan jalan adalah hal penting yang dapat dijadikan bahan pertimbangan

Di samping aksesnya mudah, kamu juga bisa mempertimbangkan rumah kontrakan yang jaraknya dekat dengan kantor atau tempat kerja. Dengan demikian, kamu bisa menekan ongkos kerja sehingga pengeluaran tidak membengkak.

2. Cari Kontrakan Nyaman

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Kenyamanan adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan saat mencari hunian, baik sewa maupun beli. Terlebih kamu memiliki anak-anak kecil, maka lingkungan rumah yang sehat sangat penting untuk tumbuh kembang mereka. 

Untuk itu kamu bisa mempertimbangkan rumah kontrakan yang dekat dengan tempat ibadah. Jika kamu beragama Islam, cari rumah yang dekat dengan masjid. Dengan demikian, ibadah kamu dan keluarga termasuk anak-anak bisa terbantu dengan lingkungan tersebut.

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari rumah kontrakan yang dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah atau madrasah. Lingkungan yang dekat dengan sekolah cenderung lebih terjaga dan baik untuk anak-anak. 

Baca juga: Mudah! Begini Cara Menghitung Tipe Rumah dan Bangunan

Desain Rumah Kontrakan 1 Kamar

Umumnya rumah yang hanya terdiri dari satu kamar adalah rumah tipe 36 atau lebih kecil. Rumah dengan ukuran yang kecil ini cocok untuk pasangan muda atau keluarga kecil. 

Berikut adalah beberapa desain rumah kontrakan satu kamar, yang disadur dari beberapa rumah pilihan dari Pinhome

1. Tipe 22/60

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Rumah kontrakan 1 kamar ini memiliki tipe 22/60. Artinya, rumah ini memiliki luas tanah 60 meter persegi dan luas bangunan 22 meter persegi. Model rumah ini dapat ditemui di Kronjo Regency.

Desain rumah ini cukup sederhana, dengan terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, carport untuk 1 mobil, dan terdapat sisa tanah di bagian belakang. Jangan khawatir, rumah model ini juga menyediakan ruang tamu yang ukuran cukup lega. 

2. Kontrakan Minimalis

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Model rumah kontrakan ini mengusung desain minimalis. Fasad depan rumah berwarna dominan putih dengan aksen hijau yang kontras namun serasi. Terlihat ada pintu dan jendela pada bagian depan ini. 

Rumah ini memiliki luas tanah 70 meter persegi dan luas bangunan 42 meter persegi. Meski demikian, rumah yang bisa ditemui di Bukit Taman Ciantra ini memiliki 1 sampai 2 kamar.

3. Kontrakan Sederhana

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Kontrakan dengan desain sederhana ini memiliki 1 kamar tidur, dengan luas tanah 75 meter persegi dan luas bangunan 42 meter persegi. Bagian depan terdapat pagar dari semen dan juga pintu geser dari besi. 

Baca juga: Harga Rumah Tipe 36 di Perumahan dan Cara Menghitungnya

4. Carport Tertutup

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Desain rumah kontrakan ini cocok buat kamu yang punya mobil. Pasalnya, rumah ini menyediakan carport yang tertutup dengan atap yang dicor semen. Luas tanah rumah ini 66 meter persegi dan luas bangunan 50 meter persegi serta punya 1 kamar. 

5. Kontrakan Pinggir Gang

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Untuk kamu yang tidak mempunyai kendaraan roda 4, rumah kontrakan ini bisa menjadi pilihan. Lokasinya berada di dalam gang, yang biasanya berada di lingkungan yang penuh kekeluargaan. 

6. Kontrakan 3 Petak

desain rumah kontrakan 1 kamar
Source : Pinhome

Model kontrakan 3 petak ini cukup banyak ditemukan, terutama di daerah Jakarta. Disebut 3 petak, karena rumah ini berbentuk memanjang ke belakang yang dibagi jadi 3 bagian, yaitu ruang depan, kamar, serta dapur dan kamar mandi. 

Itulah beberapa model desain rumah kontrakan 1 kamar. Kamu tertarik ngontrak di rumah yang mana, Pins?

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Puri Tenjo dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download