Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Semakin Diminati, Yuk Kenali Serba-serbi Rumah Tipe 36!

Lifestyle

Semakin Diminati, Yuk Kenali Serba-serbi Rumah Tipe 36!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 June 2021 ∙ 6 menit membaca

Tipe rumah 36 semakin hari semakin diminati oleh kaum milenial. Selain harganya yang lebih murah, gaya hidup minimalis yang ditawarkan oleh rumah sederhana ini ternyata memberikan banyak manfaat.

Pinhome – Tipe rumah 36 memberi kita rumah hunian yang mungil, minimalis namun tetap memberikan perlindungan dan kenyamanan yang diperlukan. Tak heran, dalam waktu singkat minat akan rumah sederhana ini semakin meningkat dan dijadikan incaran para keluarga baru masa kini. Dengan harga yang lebih miring, kita sudah bisa mendapatkan rumah yang terdiri dari 2 kamar tidur berukuran 3×3 meter dan 3×2 meter, kamar mandi, dapur dan ruang tamu yang juga bisa merangkap sebagai ruang keluarga serta lahan lebih seluas 60 meter persegi, 72 meter persegi ataupun 120 meter persegi. Lahan ini bisa digunakan sebagai lahan parkir ataupun taman depan dan halaman belakang yang mampu memberi nuansa segar pada rumah tipe 36 minimalis milikmu.

Baca Juga: Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan Rumah Tipe 36 Yang Jarang Diketahui

Meskipun mungil, rumah tipe 36 juga bisa terasa luas, lapang dan juga nyaman lho. Caranya bagaimana? Pins harus memiliki perencanaan yang matang dalam hal mengatur denah, pembagian ruang dan juga pilihan gaya interior.

Baca Juga: Simak 7 Gambar Rumah Minimalis Terbaru

Tak menutup kemungkinan rumah tipe 36 milikmu juga bisa dikonstruksi ulang menjadi dua lantai atau lebih. Jadi sebenarnya, potensi ruang gerak pada rumah sederhana ini sama sekali tidak terbatas. Yes, Pins memerlukan rancangan desain yang benar-benar tepat fungsi dan tepat guna agar dapat memaksimalkan potensi dari setiap ruang yang ada di dalam rumah. Jawabannya, mari kita mengakrabkan diri kepada gaya minimalis, Pins. Dengan mengamini gaya minimalis, akan terbuka banyak cara untuk menyiasati rumah sederhana agar terasa lebih nyaman dan terlihat lebih luas.

Berikut beberapa desain rumah tipe 36 yang sudah tersedia saat ini. Pins bisa memilih berdasarkan keinginan dan kebutuhan, ya!

1 Lantai dengan 2 kamar

Untuk lahan seluas 60 meter persegi, Pins bisa mendapatkan 6 fungsi ruang dalam rumah, seperti ruang tamu, 2 kamar tidur dan kamar mandi. Jika memungkinkan, Pins bisa menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan luas. Denah desain seperti ini paling efektif dan efisien untuk bangunan rumah tipe 36 yang berukuran 6×6 meter persegi.

2 Lantai dengan 4 kamar

Biasanya, Pins bisa mendapatkan empat ruang kamar tidur dengan pembagian dua kamar di lantai satu dan 2 kamar lainnya di lantai 2. Konstruksi desain 2 lantai dengan 4 kamar ini sangat cocok untuk Pins yang anggota keluarganya mencapai 5 hingga 6 orang.

Fasad 1 Lantai

Untuk desain layout fasad yang berarti desain tampak muka, biasanya menggunakan batu alam sebagai salah satu elemen dekoratif andalannya. Batu alam sebagai elemen dekoratif ini akan memberi kesan sejuk dan memberikan kesan alami dan juga segar untuk tanaman hijau yang Pins tambahkan. Ditambah lagi, gaya modern minimallis seperti ini akan membuat rumah tipe 36 milik Pins terlihat cantik namun tetap elegan tanpa didominasi oleh elemen dekoratif yang berlebihan.

Fasad 2 Lantai

Demi mendapatkan kesan simpel dan minimalis untuk rumah tipe 36, Pins bisa mulai mengecat beberapa bagian dinding dengan beberapa warna-warna netral. Hal ini bisa memberikan kesan rapi, minimalis dan bersih sepanjang waktu. Jadi jangan ragu untuk berkreasi dengan warna-warna netral yang Pins sukai demi mendapatkan kesan ceria, elegan atau menenangkan dan jauh dari kesan monoton.

Hal Simpel untuk menyiasati rumah tipe 36

Setelah mengetahui desain layout yag tersedia, kini saatnya Pins tahu caranya menyiasati terbatasnya ruang dan membuat rumah tipe 36 milikmu terasa “homey”. Berikut beberapa hal simpel yang bisa Pins lakukan:

Manfaatkan ruang vertical

Biasanya, tipe rumah 36 memiliki langit-langit yang tinggi. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan menempatkan rak gantung, lampu pajangan dan kait multi fungsi nan estetik di langit-langit rumah. Hal ini memungkinkan Pins memiliki perpustakaan mini dan ruang kerja yang nyaman meskipun lahan yang kita miliki terbatas.

Manfaatkan kebun bersama

Biasanya, beberapa developer akan memberikan area bersama demi membangun keakraban komunitas. Nah, Pins bisa menggunakan lahan ini untuk mempererat hubungan dengan para tetangga, atau membuat kebun hijau bersama. Bukan rahasia lagi kalau berkebun bisa membantu mengurangi stress dan meningkatkan produksi hormon endorphin yang membuat kita bahagia. Belum lagi, hasil dari berkebun ini bisa dipakai dan dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika kita menanam bibit pohon, nantinya lingkungan sekitar rumah menjadi teduh dan semakin nyaman untuk ditinggali, bukan?

Siasati ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan seringkali menjadi isu bagi rumah tipe 36. Kebiasaan sulit menyingkirkan barang yang minim fungsi menjadi kebiasaan yang tidak terpuji ya Pins saat tinggal di rumah tipe 36. Tinggal di rumah tipe 36 menuntut kita memilih dekorasi, peralatan ataupun furnitur yang multi fungsi. Jika diteruskan, kebiasaan ini akan membuat rumah terasa sesak dan pada akhirnya, membuatmu tidak betah.

Kalaupun setelah Pins menimbang satu dan dua hal dan masih memerlukan ruang penyimpanan, sebaiknya ruang tersebut didesain untuk built in alias bersinggungan langsung dengan kerangka dinding rumah kita. Solusi inovatif ini akan sangat membantu kita menyimpan barang dengan tetap membuat rumah kita terasa luas dan lapang.

Rak terbuka

Pemilihan rak terbuka menjadi salah satu pilihan terbaik karena ketergantungan kita akan furnitur pasti jadi jauh berkurang. Kita bisa menyimpan berbagai macam barang di rak terbuka ini, Pins. Adanya rak terbuka ini juga mampu membuka ruangan terasa lebih cerah dan nyaman untuk ditinggali. Rak terbuka juga bisa kita gunakan sebagai tempat pajangan dekorasi ataupun peralatan rumah tangga lainnya yang bisa menjadi penghibur mata.

Andalkan jendela

Jangan ragu untuk memiliki jendela besar di rumah tipe 36 milikmu, Pins. Semakin banyak pencahayaan yang masuk akan membuat rumah sederhana terasa lebih nyaman. Selain itu, biaya akan penggunaan listrik lampu juga jadi jauh berkurang. Kalau tidak bisa mempunyai jendela yang besar, Pins juga bisa memperbanyak jendela dengan ukuran sedang. Penempatan yang tepat menjadi kunci dalam hal ini, Pins bisa meletakkannya di koridor, pojok ruangan atau bahkan langit-langit untuk meningkatkan jumlah pencahayaan yang bisa masuk.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa diterapkan untuk rumah tipe 36 minimalis yang Pins miliki. Semua poin ini bisa dengan mudah terapkan dan memberikan efek yang lumayan besar untuk rumahmu. Semoga saja dengan terlaksananya tips yang kita berikan, Pins bisa menjadi berminat dan merasa lebih nyaman untuk tinggal di dalam rumah sederhana minimalis ini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel