BlogPemilik PropertiFinansialPengeluaran Paling Besar Gen Milenial dan Gen Z setiap Bulan
0
0

Pengeluaran Paling Besar Gen Milenial dan Gen Z setiap Bulan

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Mei 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
jajan banyaktop-right-banner

Pinhome – Masing-masing keputusan yang kita ambil tentunya memiliki sebuah konsekuensi finansial. Namun, jika setiap keputusan selalu membuat dompet boncos, tentu ada yang salah dengan keputusan yang diambil. Apalagi karena sering jajan banyak.

Di era modern seperti sekarang ini, perasaan fear of missing out atau takut tertinggal hal-hal baru sering menghantui setiap orang. Perasaan ini menjadikan kita tidak bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan.

Akhirnya, banyak yang sulit untuk menentukan prioritas. Tidak heran, jika tanpa disadari banyak uang dikeluarkan untuk jajan banyak atau belanja yang tidak perlu. Hal ini banyak terjadi pada generasi milenial dan generasi Z atau zoomer.

Memahami Generasi Milenial dan Generasi Zoomer

Source : Pinhome

Secara singkat, generasi Y atau lebih dikenal sebagai generasi milenial merupakan mereka yang lahir pada tahun 1980 sampai 1995. Tahun 2022 ini, generasi milenial berada di rentang umur 27 sampai 42 tahun.

Generasi Y disebut dengan generasi milenial karena satu-satunya generasi yang melewati milenium kedua sejak teori generasi dicetuskan pada tahun 1923 oleh Karl Mannheim.

Generasi Z sendiri merupakan mereka yang lahir pada tahun 1996 sampai 2015. Saat ini, rentang umurnya adalah 7 hingga 26 tahun. Mereka merupakan orang-orang yang telah mengenal smartphone dan teknologi digital.

Dalam mini riset yang telah dilakukan, tim Pinhome memberikan kuesioner kepada 106 orang secara acak. Didapatkan responden yang ikut berpartisipasi berada di rentang usia 25 hingga 30 tahun. Ini berarti baik generasi milenial dan generasi Z termasuk ada pada responden.

Jenis-Jenis Pekerjaan Tiap Responden yang Berpartisipasi

Source : Pinhome

Dalam mini riset yang dilakukan, kami juga menanyakan pekerjaan dari masing-masing responden yang ikut berpartisipasi. Data yang didapat sebesar 69,8% responden merupakan karyawan swasta.

Sisanya, terbagi ke dalam profesi freelancer (12,3%), ASN (7,5%), Entrepreneur (5,7%), dan karyawan BUMN (4,7%).

Berdasarkan data yang ada, profesi karyawan swasta sendiri didominasi oleh mereka yang berada di rentang usia 25 sampai 30 tahun. Disusul oleh responden yang berusia lebih dari 35 tahun.

Hal ini semakin menguatkan jika responden yang berpartisipasi memang berasal dari generasi milenial dan generasi Z. Masing-masing profesi pekerjaan juga tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi pengeluaran tiap bulannya.

Rata-Rata Pengeluaran Paling Besar Selama Sebulan

Source : Pinhome

Sebanyak 69,5% responden mengaku pengeluaran terbesarnya untuk jajan. Mereka rata-rata membeli makanan atau minuman di berbagai tempat.

Selanjutnya, sebanyak 20% responden memilih melakukan pengeluaran paling besar selama sebulannya untuk koleksi dan hobi. Koleksi dan hobi ini termasuk di dalamnya aktivitas olahraga dengan pembelian peralatannya.

Lalu sebanyak 4,8% responden melakukan traveling sebagai pengeluaran setiap bulannya. Traveling ini tentunya termasuk transportasi, akomodasi, dan lain-lainnya.

Pengeluaran untuk hiburan menyusul di posisi berikutnya dengan responden sebanyak 2,8%. Pengeluaran hiburan ini termasuk di dalamnya pergi ke pesta, nonton film atau konser, langganan layanan streaming, dan lainnya. Sisanya, hanya 1,9% yang memilih melakukan pengeluaran untuk self care dan 1% untuk fashion.

Dari keseluruhan responden yang memilih untuk membeli makanan atau minuman, sekitar 43,8%-nya berada di rentang usia 25 hingga 30 tahun. Menariknya, justru hanya sekitar 12% saja yang berasal dari rentang usia kurang dari 25 tahun yang berarti masuk ke dalam generasi Z.

Masing-masing responden dengan pilihan pengeluaran untuk makanan dan minuman, berasal dari profesi yang berbeda-beda. Namun, terbanyak memang dari karyawan swasta.

Generasi Milenial dan Generasi Z Lebih Suka Jajan Banyak

jajan banyak
Source : Food Industry Executive

Perilaku ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan oleh Huffington Post yang dilakukan pada generasi milenial Asia.

Hasil survei tersebut mengatakan, generasi milenial di Asia ternyata lebih sering makan di luar rumah daripada di rumah sendiri.

Pengeluaran milenial untuk jajan banyak atau makan di luar sekitar 10% lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu baby boomers

Salah satu alasan mengapa generasi muda ini suka makan di luar adalah untuk memilih tempat makan yang fotogenik. Selain tempat, makanan yang disajikan juga harus disajikan dengan tampilan yang unik dan menarik.

Tentu saja, hal ini sebagian besar dipengaruhi oleh adanya media sosial yang membuat kebiasaan memotret tempat makan dan makanannya menjadi menjamur.

Gaya hidup hedon juga mempengaruhi perilaku boros generasi milenial dan generasi Z. Rata-rata dari mereka selalu tertarik untuk mencoba berbagai kuliner baru.

Apalagi, dengan kemudahan layanan pesan antar dan pembayaran seperti saat ini, membeli makanan atau minuman favorit semakin mudah dan menyenangkan. Belum lagi dengan iming-iming potongan harga atau cashback yang sangat menggoda.

Metodologi

Metode penelitian yang digunakan adalah mini riset kualitatif dengan menyebar kuesioner ke 106 responden.

Responden berasal dari berbagai macam profesi yang berbeda dengan rentang usia antara kurang dari 25 tahun dan lebih dari 35 tahun.

Responden selanjutnya menjawab pertanyaan kuesioner dengan 3 pertanyaan utama, yaitu usia, profesi, dan pengeluaran terbesar yang dilakukan selama sebulan. 

Setelah data didapatkan, kemudian diolah oleh tim dan disajikan menggunakan ilustrasi gambar infografik.

Informasi lebih lanjut mengenai infografis bisa menghubungi komarudin.subekti@pinhome.id.Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download