BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!
0
0

5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
meteran listrik ada tulisan periksatop-right-banner

Permasalahan ada tulisan periksa pada meteran listrik bisa dialami oleh pemilik rumah apa saja, baik itu rumah baru maupun rumah seken. Bahkan, rumah seken di daerah Jakarta Pusat pun tidak luput dari masalah ini. Ketika kamu berniat menjual rumah, permasalahan soal listrik ini wajib dicek.

Untungnya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara yang mudah, bahkan pemilik rumah Panorama Bekasi Residence, Alora Springhill, dan lainnya bisa mencoba hal ini. Sebelum itu, Pins perlu cari tahu apa penyebab masalah isi token listrik gagal dan ada tulisan periksa. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi agar hal ini tidak berulang kembali. Simak penyebab dan cara mengatasinya di sini!

Baca juga: 7+ Cara Menghitung Pemakaian Listrik Bulanan & Trik Penghematannya

Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

meteran listrik ada tulisan periksa
Source : USS Feed

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan token listrik ada tulisan periksa. Sebagai gambaran, berikut penyebab serta alasan mengapa hal tersebut terjadi pada meteran listrik di rumah. Hal ini juga mungkin saja terjadi ketika Pins tinggal di perum seperti perumahan di Kota Bandung contohnya Perumahan Grand Sharon Residence dan kota lainnya.

Tombol Temper Terbuka atau Nyala

Tombol temper adalah tombor yang berfungsi sebagai pengaman materan dari gangguan eksternal, seperti orang asing yang suka ‘membajak’ materan. Umumnya, saat cover atau penutup meteran listrik dibuka, tombol temper akan nyala dan muncul tulisan ‘periksa’ di layarnya. Tak perlu bingung, hal tersebut wajar terjadi. Jika kamu mengalami hal ini, maka cukup tutup kembali cover meteran dan jangan mengotak-atiknya lagi, agar tidak muncul tulisan ‘periksa’ di layarnya.

Meteran Rusak

Sama halnya dengan perangkat kelistrikan lainnya, materan pun bisa rusak. Kerusakan ini bisa jadi salah satu penyebab meteran listrik ada tulisan ‘periksa’. Untuk itu, jika mendapati meteran rusak, baiknya segera melapor ke pihak PLN agar segera dibetulkan. Pasalnya, kerusakan meteran bisa berakibat fatal, termasuk melonjaknya tagihan listrik secara tiba-tiba serta korsleting. Hal ini juga bisa terjadi di banyak perumahan seperti Perumahan Orchad Village Bekasi dan tempat lainnya.

Terjadi Kebocoran pada Arus Listrik

Penyebab meteran ada tulisan ‘periksa’ bisa jadi karena terdapat kebocoran di arus listriknya. Kebocoran ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kondisi kabel listrik yang sudah tidak bagus. Hal tersebut harus segera diatasi. Jika tidak, kabel dapat memicu percikan api sehingga menyebabkan kebakaran. Terlebih jika kabel mulai terkelupas lapisannya. Untuk meminimalisir hal tersebut, pastikan mengecek kondisi kabel secara berkala. Kalau mulai terdapat kabel yang mengelupas, baiknya segera ganti dan gunakan yang bagus kualitasnya.

Instalasi Kabel yang Buruk atau Tidak Sesuai

Jika kabel terkelupas menyebabkan arus listrik mengalami kebocoran, instalasi yang kurang tepat pun berbahaya. Lebih jelasnya, instalasi kabel yang buruk bisa menyebabkan perbedaan arus listrik yang masuk dan keluar. Hal ini dapat pula membuat meteran ada tulisan ‘periksa’. Pasalnya, perbedaan arus listrik tersebut dianggap sebagai masalah oleh meteran sehingga otomatis muncul tulisan ‘periksa’. Untuk mengatasi dan mengantipasi hal ini, tak ada salahnya menghubungi petugas PLN guna melakukan pengecekan pada instalasi kabelnya.

Baca juga:

Grounding yang Keliru atau Salah

Penyebab meteran muncul tulisan ‘periksa’ bisa pula disebabkan oleh grounding yang kurang tepat. Grounding sendiri merupakan jalur kabel yang dipasang pada instalasi listrik menuju titik pertanahan dan tidak menyambung secara langsung dengan kabel lainnya.

Idealnya, instalasi listrik dilakukan oleh orang profesional. Namun, ada kalanya terjadi kesalahan pada pemasangan grounding sehingga membuat instalasi listrik kurang pas dan meteran muncul tulisan ‘periksa’. Apabila terjadi hal seperti ini, kamu perlu menghubungi petugas PLN untuk memperbaikinya.

Pins tidak ingin hal itu terjadi? Kamu bisa memanfaatkan fitur Pinvalue dari Pinhome agar dapat menemukan harga rumah baru atau seken yang berkualitas terbaik dan harga dijamin murah. Terdapat juga hunian eksluksif yang menjadi rumah pilihan terbaik dari Pinhome dengan kualitas terjamin.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa informasi terkait pengajuan KPR dari Pinhome melalui halaman pengajuan KPR, atau menemukan sistem KPR Bank dari Pinhome yang tepat dengan suku bunga terbaik. Bahkan jika kamu ingin menyewakan atau menjual rumah juga bisa melakukannya melalui fitur titip jual sewa rumah di Pinhome.

Dengan begitu, berbagai permasalahan yang mungkin terjadi saat telah atau akan membeli rumah bisa diatasi serta dipertimbangkan dengan mudah, termasuk masalah kelistrikan.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa
Source : Listrikmu

Sejauh ini belum ada cara mengatasi meteran listrik ada tulisan ‘periksa’ teraman selain memanggil petugas PLN untuk melakukan pengecakan. Sekalipun kamu penasaran ingin membetulkannya sendiri, akan lebih baik jika memangil petugas saja demi alasan keamanan dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Berikut ini terdapat langkah yang tepat untuk menghubungi petugas PLN agar ke datang ke rumah:

  1. Lakukan panggilan melalui call center PLN di nomor 123. Jangan lupa masukkan kode area tempat kamu tinggal supaya petugas lebih cepat memproses laporanmu
  2. Jika sudah tersambung, pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan. Tunggu sampai terhubung langsung dengan operator PLN
  3. Catat nomor ID pelanggan yang ada pada meteran listrik. Umumnya, petugas PLN akan meminta nomor tersebut melakukan pengecek selanjutnya dan memproses laporanmu
  4. Selanjutnya, operator akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti bahwa keluhan yang kamu sampaikan telah tercatat di database milik PLN
  5. Setelah mendapatkan nomor pengaduan, kamu akan diminta untuk menunggu. Operator PLN lalu akan memberikan kode untuk mereset meteran listrik
  6. Catat kode reset yang diberikan oleh petugas PLN untuk mengatasi tulisan ‘periksa’ di meteran listrik
  7. Masukkan kode reset, seperti memasukkan token listrik saat isi ulang pulsa. Tekan OK, lalu tunggu hingga muncul tulisan ‘berhasil’. Selesai, deh.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi meteran listrik ada tulisan periksa. Bagaimana, mudah, kan? Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Featured image source: PLN


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download