BlogPemilik PropertiDesain Hunian14 Ide Desain Rumah dengan Garasi
0
0

14 Ide Desain Rumah dengan Garasi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Mei 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah dengan garasi bisa dibilang wajib dimiliki. Karena kendaraan yang Pins miliki perlu di parkirkan di tempat yang aman dan tidak mengganggu tetangga sekitar. Namun penting juga untuk mendesain garasi yang enak dipandang.

Karena itu, garasinya harus didesain sedemikian rupa agar menarik karena menjadi titik fokus pertama orang melihat tampilan fasad atau depan rumah kita. Apa saja desain rumah dengan garasi yang bisa jadi inspirasi, Pins? Cek beberapa pilihannya di bawah ini.

Desain Rumah Dengan Garasi Gaya Industrialis

Source : Bitte Design Studio

Garasi industrialis akan memberikan kesan maskulin yang bagus. Selain termasuk simpel, garasi memang identik dengan hal-hal maskulin karena otomotif juga lekat dengan imej laki-laki.

Kamu bisa mendesain garasi dengan besi-besi hitam atau batu bata ekspos seperti belum finishing agar nuansa industrialis makin kental terasa. Kamu juga bisa memarkirkan sepeda dengan menggantungnya di dinding garasi. Dijamin semakin keren!

Baca juga: 8 Tips Membuat Desain Rumah Industrialis Minimalis Low Budget

Desain Rumah Dengan Garasi Atap Miring

Source : Southern Premier Roofing

Untuk desain rumah garasi di tengah varian atap miring memang pasti cantik terlihat. Namun harus menyesuaikan dengan lebar rumah agar tidak terlihat sesak dari depan. Biasanya, rumah atap miring ini disebut sloping roof dan diaplikasikan di rumah-rumah minimalis khas negara Barat.

Dipadukan dengan rolling door untuk garasinya dan berwarna putih, dijamin kesan elegan akan semakin terasa. Jangan lupa untuk memperhitungkan jalur turunnya air ke bagian rumah di sampingnya karena garasi ini terletak di bagian tengah rumah ya, Pins!

Baca juga: 10 Desain Garasi Mobil Unik dan Beda dari yang Lain

Desain Rumah Dengan Garasi Model Saung atau Bungalow

Source : Kontraktor Jogja

Bagian tengah rumah juga bisa dibangun garasi model saung atau bungalow. Tipe ini akan terkesan garasimu tidak tersambung ke rumah, melainkan seperti area parkir tersendiri yang pastinya akan menimbulkan kesan mewah dan mahal pada rumah.

Tipe saung atau bungalownya bisa ditentukan sesuai selera dan biasanya memiliki 4 pilar di sudut-sudutnya, sementara bagian tengah bungalow adalah untuk tempat parkir mobilnya. Perlu kamu ketahui, garasi tipe satu ini tidak memiliki pintu.

Desain Rumah Dengan Garasi Atap Terbuka

Source : Bild Architecture

Desain garasi mobil atap terbuka, kenapa tidak? Atap terbuka bukan berarti tidak memiliki atap seluruhnya, melainkan sebagiannya ditutup atap yang estetik seperti bahan kayu. Kayu dipilih agar lebih natural dan cantik ketimbang memilih kanopi atau atap plastik.

Atap terbuka sebagian ini cocok untuk dijadikan tempat mereparasi maupun mencuci mobil di bagian tengah karena terlihat keren. Material kayu juga cocok untuk melindungi mobil dari sinar matahari dan hujan.

Desain Rumah Dengan Garasi Pintu Lipat

desain rumah garasi di tengah
Source : Movable Partition

Pintu lipat memang bisa dibilang paling favorit dan bisa diterapkan di garasi yang berada di tengah rumah. Sistem lipat ini bisa ditumpuk di satu ujung atau dengan bukaan tengah garasi agar bisa ditumpuk ke kanan dan kiri.

Sesuaikan ruang gerak pintu lipat garasi ini dengan besarnya mobil serta space yang tersedia untuk garasi dalamnya. Hal tersebut dikarenakan, tipe pintu garasi lipat seperti ini cukup memakan tempat di bagian ujung-ujungnya.

Desain Rumah Dengan Garasi Pintu Geser Letter L

desain rumah garasi di tengah
Source : Pintu Garasi Minimalis

Pintu geser sering jadi pilihan terbaik untuk garasi yang tidak terlalu memiliki ruangan besar karena hemat tempat dan tidak memiliki ruang gerak yang banyak. Tapi untuk garasi di tengah rumah, coba memperhatikan sisi estetikanya juga karena pergeseran pintu hanya akan bertumpu pada satu sisi dinding garasinya.

Baca juga: 12 Model Rumah dengan Garasi Samping

Desain Rumah Dengan Garasi Pintu Geser Bukaan Atas

desain rumah garasi di tengah
Source : Unsplash

Model pintu geser bukaan atas bisa jadi pilihan paling baik untuk garasi tengah rumah karena ketika dibuka akan terlihat lebih seimbang dibandingkan pintu bukaan kanan-kiri ataupun geser samping.

Pintu geser atas untuk garasi ini cocok diaplikasikan ke rumah berkonsep minimalis maupun rumah ‘tidak berpagar’ seperti di cluster-cluster mewah. 

Desain Rumah Dengan Garasi Pintu Kayu Minimalis

Source : Tribun News

Kayu juga bisa dipilih sebagai material pintu garasi bagian tengah rumah agar tercipta nuansa natural tapi tetap estetik. Tidak hanya itu, beberapa jenis kayu juga bisa memunculkan nuansa futuristik yang alami.

Desainnya juga beragam dan banyak pilihan karena kayu rata-rata bisa diaplikasikan di banyak tipe pintu. Mulai dari pintu engsel, lipat, sampai model geser juga akan tetap menonjolkan kecantikan dari kayu tersebut.

Desain Rumah Dengan Garasi Batu Alam

desain rumah garasi di tengah
Source : Buechel Stone

Selain kayu, desain menggunakan batu alam juga bisa memunculkan nuansa alami tapi tetap estetik dan mewah. Motif bebatuan yang tidak terlalu berlebihan bisa jadi pilihan, seperti memasangnya di bagian dinding depan samping pintu garasi. Model desain rumah garasi di tengah dengan material kayu, cukup menjadi primadona Pins!

Baca juga: 12 Model Garasi Rumah Mewah yang Futuristik

Desain Rumah Dengan Garasi Model Pintu Kaca

desain rumah garasi di tengah
Source : Artisan Custom Doorworks

Pintu garasi yang dikombinasikan dengan kaca juga menarik karena ada variasi cukup berbeda dari elemen utama pintu yang biasanya bermaterialkan kayu. Penggunaan kaca di tengah dapat berfungsi sebagai ventilasi ataupun melihat keadaan di luar maupun di dalam garasi.

Penempatan kacanya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya kaca dipasang di setiap daun pintu jika bertipe pintu geser atau lipat, atau hanya satu kaca cukup besar di bagian tengah jika bertipe bukaan ke atas.

Desain Rumah Dengan Garasi Gantung

rumah garasi samping
Source : Pinterest

Desain rumah dengan garasi berikutnya adalah garasi dengan atap menggantung. Bagian atap garasi berupa dak semen yang sebenarnya merupakan bagian bawah dari rumah lantai dua. Berada di samping teras rumah tanpa menggunakan tiang atau pilar penyangga sehingga lebih mudah untuk mobilitas.

Desain Rumah Dengan Garasi Pintu Otomatis

rumah garasi samping
Source : Canva

Buat garasi yang lebih modern dengan pintu otomatis seperti ini. Di bagian dalamnya cukup luas untuk parkir mobil, sepeda motor, dan menyimpan barang-barang yang tidak terpakai.

Pins dapat membuka atau menutup pintu garasi hanya dengan menekan tombol. Meski demikian, garasi canggih ini memiliki kekurangan yaitu pintu otomatis yang bergerak terlalu lambat dibanding pintu garasi manual.

Desain Rumah Dengan Garasi Pagar Kayu

rumah garasi samping
Source : Pinterest

Garasi di samping rumah semakin cantik dengan penggunaan pagar kayu. Disusun dari papan-papan kayu yang ukurannya sama sehingga menghasilkan tampilan yang elegan dan rapi. Model garasi ini tidak tertutup rapat sehingga masih ada cahaya yang bisa masuk ke bagian dalam garasi.

Desain Rumah Dengan Garasi Bata Ekspos

rumah garasi samping
Source : Pinterest

Pins bisa mempertimbangkan model garasi dengan material bata ekspos ini. Termasuk desain garasi tertutup untuk melindungi mobil secara maksimal. Aksen bata ekspos memberikan sentuhan artistik yang serasi dengan konsep klasik dan industrial.

Jika lingkungan Pins cukup aman, garasi mungkin tidak perlu dibuatkan pintu. Namun untuk Pins yang menginginkan pintu garasi bisa menggunakan pagar besi yang cocok dengan tampilan dinding bata ekspos.

Nah, rekomendasi desain rumah dengan garasi mana yang jadi pilihanmu, Pins? Demikian beberapa daftarnya, semoga membantu!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download