BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Subsidi Minimalis dengan dan Tanpa Car Port
0
0

10 Desain Rumah Subsidi Minimalis dengan dan Tanpa Car Port

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 5, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tingginya harga properti membuat orang-orang, khususnya anak muda, makin sulit untuk memiliki rumah. Kabar baiknya, kini ada rumah subsidi yang lebih terjangkau. Umumnya desain rumah subsidi minimalis dengan ukuran yang kecil.

Yang dimaksud dengan rumah subsidi yaitu program yang diselenggarakan pemerintah untuk membantu kepemilikan rumah dengan lebih terjangkau. Melalui program ini, sebuah rumah dapat dibeli melalui skema KPR rumah dengan cicilan rendah dan tenor panjang.

Pinhome membantu kamu menemukan hunian di sekitar SMAN 1 Karanganyar, sewa apartemen di Sawah Besar hingga rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Baca juga: 10 Aturan Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketetapan Pemerintah

Desain Rumah Subsidi Minimalis

Desain rumah subsidi mengusung gaya minimalis dan berukuran kecil karena lahannya terbatas. Rumah subsidi juga bersifat siap huni, tetapi nantinya pembeli bisa merenovasi rumah subsidi sesuai keinginan.

Meski ukurannya mungil dan sederhana, bukan berarti desain rumah subsidi dibuat ala kadarnya. Berikut beberapa contoh desain rumah subsidi minimalis dengan tampilan yang menarik, baik dengan atau tanpa car port.

1. Desain Rumah Subsidi Tanpa Car Port

Source : Gardaoto

Karena ukuran lahannya terbatas, desain rumah subsidi memang harus memanfaatkan lahan sebaik mungkin. Salah satunya dengan meniadakan ruang untuk car port.

Alih-alih menyisakan ruang untuk parkir mobil, di halaman depan rumah hanya tersedia sepetak teras. Space di antara pintu dan jalan umum ini bisa digunakan untuk bertanam tanaman hias outdoor sebagai penghijau.

Namun, rumah yang tidak memiliki car port artinya kendaraan tidak bisa di parkir di halaman rumah. Apalagi, memarkir kendaraan di bahu jalan bisa mengganggu pengguna jalan lainnya.

Solusinya adalah menyewa parkir yang paling dekat dengan rumah. Atau tunda dulu keinginan untuk memiliki kendaraan roda empat kalau belum ada lahan parkir.

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan Rumah Susun atau Apartemen yang Harus Kamu Ketahui!

2. Desain Rumah Subsidi dengan Car Port

Source : Trusmiland

Tak bisa dimungkiri kalau kendaraan roda empat kini menjadi kebutuhan yang penting untuk dimiliki. Utamanya bagi mereka yang sudah berkeluarga dan kerap bepergian.

Kalau punya mobil, desain rumah haruslah memiliki ruang untuk parkir kendaraan. Karenanya, desain rumah subsidi minimalis penting untuk memiliki car port.  Selain kendaraan jadi lebih aman, adanya car port juga mencegah parkir sembarangan di bahu jalan.

3. Desain Rumah Subsidi dengan Atap Susun

Source : Radar Lombok

Perumahan subsidi identik dengan rumah berukuran mungil. Namun, dengan desain yang tepat, rumah kecil bisa terlihat lebih besar.

Contohnya dengan memasang atap susun yang menciptakan kesan seolah rumah ini terdiri dari dua bangunan. Desain bagian depan rumah pun dibuat sederhana dengan penggunaan warna-warna netral seperti krem dan cokelat.

4. Desain Rumah Subsidi Atap Tinggi

Source : renovasi99

Desain rumah minimalis dengan atap yang tinggi sebagian memberi kesan seperti rumah tingkat. Meski sebetulnya bukan rumah tingkat, desain semacam ini membuat rumah kecil terlihat lebih besar.

Meski bukan rumah tingkat, desain rumah dengan atap tinggi juga cocok untuk model hunian mezanine, lho. Di samping itu, rumah beratap tinggi juga membuat interior terlihat lapang dan sirkulasi udara yang lebih baik.

5. Desain Rumah Subsidi dengan Warna Ganda

Source : idxchannel

Satu lagi trik untuk membuat desain rumah subsidi minimalis terlihat besar, yaitu dengan memilih warna cat ganda. Contohnya seperti penggunaan warna dark grey dan warm orange yang kontras.

Penggunaan dua warna yang kontras ini tidak hanya mempercantik tampilan rumah, tetapi juga menciptakan kesan seolah ada dua bangunan.

6. Desain Rumah Subsidi Sederhana

Source : erka properti

Perumahan subsidi bersifat siap huni, yang artinya pembeli bisa langsung menempati rumah. Sayangnya, pembeli jadi tidak bisa mengatur desain rumah sesuai keinginan.

Namun, desain rumah subsidi yang sederhana juga tak masalah karena nantinya pemilik rumah bebas merenovasi kalau sudah ada dana.

Baca juga: Batasan Renovasi Rumah Subsidi yang Boleh Dilakukan!

7. Desain Rumah Subsidi Modern

Source : Bale agung

Desain rumah subsidi bukan berarti ala kadarnya dan terlihat biasa saja. Contohnya desain rumah mungil minimalis yang mengusung gaya modern ini. Mulai dari pemilihan cat hingga bentuk jendela, semuanya memberi kesan gaya masa kini yang estetik.

8. Desain Rumah Subsidi Serba Abu-Abu

Source : media kita

Penggunaan cat abu-abu pada eksterior rumah memberikan kesan yang cool dan kekinian. Perpaduan warna abu-abu tua dan abu-abu muda pun menciptakan nuansa yang elegan dan modern pada desain rumah subsidi minimalis ini.

9. Desain Rumah Subsidi Shared Walls

Source : home sweet impian

Perumahan subsidi memiliki harga yang murah, salah satunya karena ukuran lahannya yang kecil. Karenanya, developer harus memutar otak untuk memanfaatkan lahan yang ada agar tercipta hunian yang nyaman. Salah satunya dengan menerapkan shared walls atau rumah dengan dinding yang menyatu dengan tetangga.

10. Desain Rumah Subsidi Detached Walls

Source : investor daily

Sebelumnya telah dibahas desain rumah shared walls yang dindingnya dempet dengan tetangga. Meski memanfaatkan lahan dengan baik, berbagi tembok dengan orang lain bisa menimbulkan gesekan dengan tetangga.

Kalau kamu tidak suka berbagi tembok dengan tetangga, desain rumah subsidi minimalis dengan tembok terpisah (detached walls) bisa jadi pilihan. Celah yang memisahkan dengan rumah tetangga juga bisa dimanfaatkan untuk lewat, atau disulap menjadi area berkebun.

Harga rumah subsidi lebih terjangkau karena pembeli rumah akan mendapat bantuan keringanan dari pemerintah. Keringanan yang dimaksud yaitu tidak dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) layaknya ketika membeli rumah komersial.

Dengan begitu, cicilan KPR yang harus dibayarkan setiap bulannya juga lebih rendah. Ditambah lagi, masa tenor KPR sangat panjang, yakni mencapai 20 tahun. Karena merupakan program pemerintah, pembangunan desain rumah subsidi minimalis ini juga dikawal agar jangan sampai diakali oleh developer nakal.

Baca juga: 15 Rumah KPR Bersubsidi di Bandung Mulai dari Harga 100 Jutaan!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download