BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Ide Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai
0
0

11 Ide Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
fasad rumah scandinavian 1 lantaitop-right-banner

Fasad rumah scandinavian 1 lantai cukup digemari banyak orang karena desainnya yang sederhana dengan material alami dan perpaduan warna yang unik. Model rumah ini tentu saja dibuat mirip seperti rumah-rumah bangsa Skandinavia di Swedia, Norwegia, maupun Denmark. 

Rumah dengan fasad Scandinavian bisa kamu temui di beberapa perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Sebelum membahas ide fasad rumah Scandinavian, ada baiknya kita mengenal lebih jauh dulu apa itu rumah dengan gaya Scandinavian ini. Yuk disimak!

Baca juga: Fasad Rumah Minimalis dan Cara Menentukan Desain yang Tepat

Apa Itu Fasad Rumah Scandinavian?

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Fasad adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang berarti bagian muka bangunan. Dengan demikian, fasad rumah adalah sisi luar sebuah bangunan yang secara khusus merujuk pada bagian depan. Namun terkadang fasad rumah juga digunakan untuk menyebut bagian samping dan belakang bangunan. 

Sementara Skandinavia adalah daerah di semenanjung bagian utara Eropa. Secara bahasa, Scandinavian merupakan sebutan untuk bangsa yang menempati wilayah tersebut atau mudahnya bangsa Skandinavia. 

Semenanjung Skandinavia merupakan daerah rendah yang ditutupi oleh hutan tusam, betula, dan cemara. Bagian barat dan utara wilayah ini terdapat pegunungan dengan Pegunungan Skandinavia menjadi salah satu yang tertua di dunia. 

Wilayah Skandinavia memiliki iklim dingin bersalju dengan jangka yang panjang. Namun pada pertengahan musim panas, siang hari di sana bisa berlangsung selama 24 jam. Sementara pada puncak musim dingin, malam hari bisa terjadi sepanjang hari. 

Dengan demikian, fasad rumah Scandinavian merujuk pada model rumah bangsa Skandinavia. Model rumahnya memang khas mengingat mereka tinggal di daerah yang unik, di daerah hutan dan pegunungan dengan cuaca dingin yang mendominasi. 

Arsitektur Skandinavia dikenal dengan garis-garisnya yang bersih dan palet warna yang sederhana. Namun, sejumlah pakar percaya bahwa rumah bergaya Skandinavia dibangun dengan tujuan khusus yaitu untuk menghadapi lokasi dan iklim agar penghuni tetap nyaman dan hidup dengan baik meskipun berada di lingkungan alam.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

Ide Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai

Bagi kamu yang tertarik dengan fasad rumah scandinavian, berikut ini adalah 11 ide yang bisa kamu terapkan untuk rumah impianmu.

1. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Savukvartsi

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Ini merupakan rumah kayu ekologis modern yang dirancang untuk lingkungan kota. Materialnya menggunakan kayu fusi untuk membingkai rumah dan membalutnya dengan pohon cemara. Rumah ini memiliki bentuk sederhana dengan arsitektur atap miring tinggi dan beberapa jenis jendela untuk menghadirkan cahaya alami yang cerah.

2. Rumah Bergaya Hoghult House

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Rumah ini didesain sebagai bagian dari perkebunan besar di Swedia yang berisi pertanian tua, ladang luas, dan pemandangan hutan hijau. Arsitektur rumah dirancang dengan megah menggunakan teknik kerajinan kayu tradisional, yaitu tidak menggunakan paku atau sekrup. 

3. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Casa Sand

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Fasad rumah yang satu ini didesain untuk villa yang berada di daerah pesisir pantai. Rumah ini dirancang dengan menggunakan batu bata berwarna pasir untuk menyatukannya dengan lingkungan sekitar. Bentuknya linier panjang yang sejalan dengan garis pantai.

4. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Summer House

fasad rumah scandinavian 1 lantai
(Pinterest

Sesuai namanya, rumah Skandinavia ini bertema musim panas. Rumahnya didesain dengan menggunakan kelongsong batu agar menyatu dengan lingkungan sekitar. Terdapat jendela kaca besar untuk memastikan pemiliknya terpapar sinar matahari. 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

5. Gaya Desain Tradisional

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Ini merupakan desain rumah tradisional yang biasanya ditemukan di pedesaan. Rumah ini menggunakan warna merah yang menjadi simbol status sosial di Swedia. Dekorasi eksteriornya lebih umum seperti rumah kebanyakan dibanding desain modern Skandinavia.

6. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Dominasi Hitam

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Palet warna sederhana menjadi ciri utama rumah bergaya Skandinavia. Salah satunya adalah rumah dengan dominasi warna hitam yang satu ini. Di wilayah asalnya, rumah ini biasanya dibangun di tengah hutan pinus. Terdapat jendela besar dan atap mono-pitched yang tajam.

7. Gaya Industrial

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Desain rumah industrial adalah desain bergaya abad 19-20 yang identik dengan desain interior pabrik industri yang memiliki bangunan belum di plitur dan terbuka. 

Menerapkan konsep industrial pada rumah Skandinavia bisa dilakukan dengan menggunakan material kayu dan kombinasi warna yang sederhana seperti hitam dan warna kayu. 

8. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Alami

fasad rumah scandinavian 1 lantai

Rumah dengan gaya Skandinavia yang satu ini didesain dengan dinding kaca yang bisa melihat bagian luar. Hal ini bertujuan untuk menyatukan rumah dan pemiliknya dengan lingkungan alam di sekitarnya. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah dengan Autocad

9. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Minimalis

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Pada dasarnya rumah bergaya Skandinavia memang dikenal dengan desain minimalis, terutama pada rumah gaya modernnya. Kamu bisa membuat rumah minimalis dengan bahasa desain layaknya rumah Skandinavia. 

10. Rumah Dengan Ornamen Garis

fasad rumah scandinavian 1 lantai
Source : Pinterest

Bagian depan rumah ini akan dihiasi dengan ornamen garis horizontal maupun vertikal. Rumah ini akan terlihat sederhana namun tetap elegan, terutama dengan pilihan warna yang tepat seperti putih atau warna cyan

11. Fasad Rumah Scandinavian 1 Lantai: Banyak Jendela

Source : Pinterest

Rumah yang satu ini memiliki bagian muka yang terbuka karena banyak jendela kaca. Tujuannya adalah agar rumah tidak kekurangan cahaya matahari dan lebih segar. 

Itulah 11 ide fasad rumah Scandinavian 1 lantai yang bisa kamu gunakan untuk kediaman impian. Semoga menginspirasi!

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download