BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Berbagai Tipe dan Ukuran Rumah Subsidi Terbaru
0
0

Kenali Berbagai Tipe dan Ukuran Rumah Subsidi Terbaru

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran-rumah-subsiditop-right-banner

Pins, impian memiliki rumah pasti menjadi keinginan bagi setiap individu. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memiliki sebuah hunian terutama rumah subsidi. Baik dari tipe dan ukuran rumah subsidi. 

Bagi Pins yang tinggal di area Jakarta Pusat, Griya Parama, dan Britania Green Resort pasti punya mimpi untuk memiliki rumah subsidi yang sesuai dengan keinginanmu, bukan? 

Eits, sebelum lanjut lebih dalam, kamu bisa cek estimasi harga rumah, rumah bekas di Kab Bandung Barat dan mempromosikan rumah yang mau dijual via Pinhome, lho!  

Apa itu Rumah Subsidi

pinhome

Pins, Rumah subsidi adalah jenis perumahan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga pemerintah dengan harga yang lebih terjangkau daripada harga pasar kepada kelompok masyarakat dengan pendapatan rendah atau menengah. 

Tujuan utama dari program perumahan subsidi adalah untuk memberikan akses perumahan yang layak kepada mereka yang mungkin tidak mampu membeli rumah dengan harga pasar atau yang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit.

Berikut karakteristik utama dari rumah subsidi yang bisa kamu simak dibawah ini ya Pins. 

1. Harga Terjangkau

suara.com

Harga rumah subsidi biasanya lebih rendah daripada harga pasar sejenis di wilayah tersebut. Ini dapat mencakup subsidi langsung dari pemerintah untuk mengurangi harga jual, bantuan bunga untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), atau program lainnya yang mengurangi beban keuangan pembeli.

Baca juga: Pilihan Model Meja TV Minimalis Untuk Ruang Keluarga yang Manis

2. Syarat dan Kriteria

Program perumahan subsidi biasanya memiliki syarat dan kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh calon pembeli. Kriteria ini mungkin berkaitan dengan tingkat pendapatan, kepemilikan rumah sebelumnya, atau status keanggotaan dalam program tersebut.

3. Kualitas Minimum

bisnis.com

Meskipun harga lebih terjangkau, rumah subsidi biasanya harus memenuhi standar minimum kualitas dan keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah atau badan pengawas setempat. Hal ini untuk memastikan bahwa rumah-rumah tersebut aman dan layak huni.

4. Lokasi Strategis

Banyak program perumahan subsidi berusaha menempatkan rumah-rumah tersebut di lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan transportasi publik.

5. Fasilitas Tambahan

Beberapa program perumahan subsidi dapat menyertakan fasilitas tambahan seperti taman bermain, pusat kebugaran, atau ruang terbuka untuk rekreasi bersama.

6. Batas Waktu Pemilikan

bizlaw.co.id

am beberapa kasus, pemilik rumah subsidi mungkin memiliki kewajiban untuk mempertahankan status kepemilikan mereka dalam jangka waktu tertentu sebelum mereka diizinkan untuk menjual atau menyewakan rumah tersebut.

Tipe dan Ukuran Rumah Subsidi

Pins, ada banyak tipe dan ukuran rumah subsidi yang bisa kamu simak di bawah ini. Maka dari itu, yuk cari tahu lebih terkait tentang macam macam ukuran rumah subsidi. 

Baca juga: 5 Furniture Kamar Tidur yang Wajib Dimiliki dan Tips Memilihnya

1. Tipe 21

pinhome

Rumah tipe 21 adalah salah satu tipe yang umum dalam program perumahan subsidi. Biasanya memiliki luas tanah sekitar 21 meter persegi. Meskipun ukurannya kecil, rumah tipe 21 ini biasanya cukup untuk pasangan muda atau keluarga kecil. Biasanya memiliki satu atau dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang tamu yang terintegrasi dengan dapur.

2. Tipe 36

pinhome

Rumah tipe 36 memiliki luas tanah sekitar 36 meter persegi dan merupakan tipe yang lebih besar daripada tipe 21. Tipe ini cocok untuk keluarga kecil hingga menengah dan biasanya memiliki dua hingga tiga kamar tidur, satu atau dua kamar mandi, serta ruang keluarga yang lebih luas.

3. Tipe 45

pinhome

Tipe rumah 45 adalah salah satu tipe yang lebih besar. Dengan luas tanah sekitar 45 meter persegi, rumah ini dapat menampung keluarga yang lebih besar. Biasanya, rumah tipe 45 memiliki tiga hingga empat kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur yang lebih luas.

4. Apartemen Subsidi

pinhome

Selain rumah tunggal, apartemen subsidi juga dapat menjadi bagian dari program perumahan subsidi. Apartemen ini biasanya memiliki berbagai ukuran, mulai dari studio hingga unit dengan beberapa kamar tidur.

Baca juga: 12 Inspirasi Model Lemari Pakaian Bagus muat Banyak

5. Rumah Baris

Rumah baris adalah rumah yang terletak berdampingan dalam satu deretan atau blok. Mereka dapat berukuran beragam, dengan dua hingga tiga kamar tidur dan fasilitas dasar lainnya.

6. Rumah Kavling

pinhome

Beberapa program perumahan subsidi dapat mengizinkan pemilik untuk membangun rumah mereka sendiri di atas tanah subsidi (kavling) yang disediakan oleh pemerintah.

7. Rumah Subsidi Berenergi Hijau

Beberapa program perumahan subsidi terbaru dapat mencakup fitur-fitur energi hijau seperti panel surya, isolasi termal yang baik, dan teknologi ramah lingkungan lainnya untuk mengurangi biaya operasional.

Pins, itu saja informasi mengenai ukuran rumah subsidi. Namun, tetap diingat bahwa persyaratan dan spesifikasi rumah subsidi dapat berbeda-beda di tiap daerah. Semoga bermanfaat artikel ini ya! 

Baca juga:

Sumber featured image:  kompas.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download