Kamus Istilah Properti

Shabby Chic

istilah properti

Shabby Chic

Shabby chic merupakan jenis interior di dalam rumah yang memadukan gaya klasik, vintage, ornamen bunga, warna pastel dan juga kain dengan renda. 

Mengenal interior rumah shabby chic 

(Rupa rupa)

Pins, pernahkah kamu menonton film Matilda atau Wanda Vision? Di beberapa scene pada film tersebut terdapat area interior dengan gaya yang mirip seperti gambar di atas. Gaya rumah seperti itu memang unik karena memadukan beberapa style interior rumah. Shabby chic untuk beberapa orang memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Umumnya, gaya rumah seperti ini selalu ditayangkan dalam film-film Hollywood. Sebagian besar gaya rumah di atas memang mendapatkan pengaruh dari budaya barat dan Eropa. Perpaduan warna-warna pastel pada rumah dengan peralatan interior kayu semakin menonjolkan keindahannya.

Elemen pada interior shabby chic 

(Idea Grid)

Seperti gaya rumah lain, sebut saja minimalis atau retro, style rumah dengan konsep shabby chic pun ditandai dengan beberapa elemen menarik. Jika di rumah minimalis semua peralatan divisualisasikan dengan warna putih dan hitam, maka di interior shabby chic diwakili oleh warna pastel. Selain itu ada beberapa elemen menarik lain yang sering ditemukan pada gaya rumah ini.

Bahan kayu

(George Hill Timber)

Bahan dari kayu umumnya sering sekali ditemukan pada gaya rumah shabby chic. Kayu digunakan sebagai bahan utama untuk membuat lemari, meja makan, kursi di ruang makan, hingga wadah untuk menyimpan barang. Kayu pada interior ini biasanya tidak dicat secara merata. Jika pada desain interior minimalis meja dan kursi cenderung dicat secara merata dengan satu warna, maka di interior shabby chic tidak. Bahan kayu dibiarkan terpampang nyata sehingga corak atau pola kayu bisa terlihat jelas. Ini memperkuat aksen vintage yang disematkan pada interior jenis ini.

Motif bunga

Motif bunga sering terlihat pada interior ini. Motif ini memperkuat nilai keindahan yang diperlihatkan pada gaya rumah shabby chic. Bunga menjadi motif yang dipakai pada gorden, taplak meja, tudung saji, lap makan, dan bed cover. Hal ini kerap kali memberikan kesan bahwa gaya rumah shabby chic hanya cocok untuk perempuan karena nilai femininnya yang lebih unggul. Namun, pada dasarnya gaya rumah ini memadukan sisi maskulin dan feminin dengan seimbang. Corak kayu yang dibiarkan terekspos mewakili sisi maskulinitas sebuah interior.

Tanaman hias di meja

Gaya rumah shabby chic bukanlah satu-satunya rumah yang menggunakan bunga sebagai hiasan. Namun, umumnya rumah dengan interior ini meletakkan bunga segar yang berwarna-warni di setiap meja. Tujuannya adalah untuk memperkuat nilai estetika di dalam rumah. Bunga dengan warna cerah juga dipercaya bisa membuat suasana hati lebih nyaman, tenang dan gembira.

Gorden dengan renda

Gorden dengan renda dan motif bunga adalah salah satu elemen kuat yang mempertegas style shabby chic. Kamu bisa melihat jelas setiap rumah dengan interior ini akan memanfaatkan gorden besar dengan renda-renda. Di beberapa rumah shabby chic mungkin gorden tidak menggunakan renda, namun lebih menonjolkan motif bunga. Selain menggunakan renda, biasanya interior rumah ini memasang gorden besar yang memiliki lipatan berlapis sehingga membuat gorden menggantung dengan indah.  

Alat makan vintage

(Kyle Lane)

Alat makan yang digunakan pada rumah dengan konsep shabby chic pun umumnya menggunakan tipe klasik vintage. Alat makan yang dimaksud adalah piring, gelas, cangkir, teko, sendok, garpu bahkan tatakan gelas. Kamu akan menemukan peralatan makan berwarna penuh corak cantik. Umumnya warna dari peralatan makanan tersebut menggunakan warna pastel seperti pink, hijau muda, cokelat muda, biru muda, putih dan jarang sekali menggunakan warna gelap. 

Tips merenovasi rumah dengan gaya shabby chic

(Harga Cat)

Membangun rumah dengan gaya shabby chic mungkin akan lebih mudah ya Pins daripada merenovasi rumah dengan interior baru. Hal ini karena jika kamu membuat rumah dari awal dengan interior ini, kamu bisa mengatur pengeluaran dan desain dari semula. Tentunya, hal ini bisa meminimalisir membuang atau menjual barang dan peralatan yang tidak mendukung tema shabby chic. Namun, jika kamu ingin merenovasi rumah yang sudah jadi, maka kamu harus memutar otak agar bisa mendaur ulang barang yang sudah kamu punya. Berikut ini ada tips merenovasi rumah menjadi gaya shabby chic. 

Pastikan kamu menghitung budget

Sebelum melakukan renovasi dan mencari inspirasi untuk mengganti peralatan rumah, kamu harus menghitung budget. Hal ini dilakukan sebagai upaya persiapan sebelum melakukan perubahan besar, Pins. Merenovasi rumah tidak bisa terjadi dalam satu malam dan biaya pelaksanaannya pun tergolong besar karena bisa mencapai puluhan juta. Untuk mengantisipasi agar biaya renovasi tidak memakan uang tabungan terlalu banyak, ada baiknya kamu menghitung dana yang diperlukan di awal. Dana yang perlu kamu hitung mulai dari pembelian barang, biaya upah tenaga kerja, dan dana cadangan.

Daur ulang peralatan yang kamu miliki

Seperti yang kita tahu bahwa elemen utama dari peralatan rumah dengan konsep shabby chic adalah kayu. Contohnya lemari, meja, dan kursi yang semuanya berbahan dasar kayu. Jika di rumah kamu sudah mempunyai banyak ornamen dan peralatan rumah kayu, maka kamu bisa melakukan renovasi barang-barang tersebut. Kamu hanya perlu memberikan warna dengan pola kayu atau warna pastel. Ganti juga gagang lemari dengan konsep vintage atau bantalan kursi dengan motif bunga. Dengan begini, kamu tidak perlu membeli banyak peralatan baru kan Pins?! Jadi renovasi bisa lebih hemat.

Belanja barang yang sesuai dengan interior

Kenapa pembahasan belanja diletakkan setelah poin daur ulang? Alasannya sebelum kamu melakukan aktivitas belanja peralatan rumah, pastikan kamu mendaur ulang saja. Hal ini agar kamu bisa lebih hemat budget. Jika barang atau peralatan rumah sudah tidak ada yang bisa didaur ulang, maka ini saatnya kamu menengok ke daftar belanja. Pastikan kamu belanja kebutuhan utama dan mendesak dulu ya Pins. Hindari membeli pernak-pernik sekaligus karena hal ini akan membuat kantung kamu langsung kering. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan belanja dengan bijak.

Mulai dari satu ruangan dahulu

Apabila kamu bermaksud untuk melakukan renovasi secara menyeluruh di dalam rumah, pastikan kamu mulai satu persatu. Kamu bisa mulai dengan satu ruangan dulu misalnya ruang tamu atau dapur. Hal ini agar kamu bisa fokus untuk merenovasi. Selain itu, kamu pun bisa sambil mempelajari hal-hal yang harus dipersiapkan. Memang prosesnya akan lebih lama ya Pins, dibandingkan kamu langsung merenovasi seluruh ruangan secara bersamaan. Namun hal ini merupakan cara pintar untuk lebih bijak merenovasi rumah.

Nah, itu saja pembahasan mengenai rumah shabby chic. Semoga informasinya berguna ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.