Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Berbagai Ukuran Mesin Cuci Baik 1 Tabung Maupun 2 Tabung

Lifestyle

Berbagai Ukuran Mesin Cuci Baik 1 Tabung Maupun 2 Tabung

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Mesin cuci adalah mesin yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga di rumah. Alat yang satu ini sangat mempermudah penggunanya dalam mencuci dan mengeringkan pakaian. Sayangnya tidak mudah lho menentukan ukuran mesin cuci. Kenapa harus disesuaikan? Ya, kapasitas mesin cuci harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan seberapa banyak cucian. 

Pinhome – Semakin sesuai ukuran mesin dengan kebutuhan cucian Anda, tentunya dapat menentukan seberapa bersih baju ketika dicuci. Selain itu ukuran mesin juga menentukan kecepatan Anda dalam mencuci. Jika menggunakan ukuran mesin yang kecil namun jumlah anggota keluarga Anda cukup banyak, tentunya akan semakin lama cucian Anda selesai. Nah, bagi Pins yang penasaran apa saja ukuran mesin cuci, simak penjelasan pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Harga Kulkas 1 Pintu Murah Meriah

Berbagai Ukuran Mesin Cuci

Berikut ini adalah berbagai ukuran mesin untuk mencuci yang bisa Pins cek sebelum membeli. Yuk disimak!

Ukuran Mesin 2 Tabung

ukuran mesin cuci
(Priceprice)

Ukuran mesin 2 tabung memiliki ukuran yang cukup besar. Mesin cuci ini memiliki 2 tabung yang terpisah dengan fungsi yang berbeda. Mesin cuci 2 tabung ini biasanya hanya terdapat pada mesin cuci jenis top loading, yaitu mesin cuci yang memasukan muatan melalui pintu atas mesin cuci.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Harga Kulkas Mini Murah Untuk Pasangan Muda

Pada tabung dengan ukuran yang lebih besar biasanya difungsikan untuk mencuci dan membilas pakaian. Sedangkan pada tabung lain yang berukuran lebih kecil biasanya digunakan untuk mengeringkan cucian. Pada ukuran mesin 2 tabung ini memiliki kapasitas menampung 6-15 kg cucian. Ukuran mesin 2 tabung ini pun cukup bervariasi tergantung merk, namun umumnya mesin cuci memiliki ukuran panjang 75-90 cm, lebar 45-53 cm dan tinggi 85-102 cm.

Ukuran Mesin 1 Tabung

ukuran mesin cuci
(Unsplash)

Tidak seperti mesin cuci 2 tabung, ukuran mesin 1 tabung berbentuk lebih kecil. Namun hal ini tidak mengurangi kemampuan ukuran mesin 1 tabung untuk melakukan tugasnya dalam mencuci, membilas hingga mengeringkan pakaian. Jadi, Anda tidak perlu pusing akan kehilangan fungsi pengering pakaian meski mesin cuci Anda hanya memiliki 1 tabung.

Baca Juga: Daftar Harga AC 1/2 PK Hemat Listrik Untuk Kamar Anda!

Tidak hanya itu, bahkan banyak sekali ukuran mesin 1 tabung yang mampu menampung pakaian hingga 20 kg karena tidak perlu membuat dua tabung sekaligus. Tetapi biasanya mesin cuci ini memiliki kapasitas 6,5-20 kg untuk menampung cucian. Pada mesin cuci 1 tabung umumnya memiliki ukuran panjang 54-69 cm, lebar 54-72 cm dan tinggi 85-111 cm.

Mesin Cuci Front Loading

(Pixabay)

Mesin cuci front loading atau bukaan depan adalah mesin cuci yang memiliki pintu pada bagian depan. Berbeda dengan mesin cuci top loading, pada mesin cuci ini Anda memasukan cucian melalui pintu bagian depan mesin cuci. Umumnya ukuran mesin jens ini hampir sama. Ukurannya sendiri hampir mirip dengan mesin cuci satu tabung, hanya saja pintu masuk cucian yang berbeda. Selain itu jika mesin cuci 1 dan 2 tabung memutar cucian secara horizontal, sedangkan pada mesin cuci front loading memutar cucian secara vertikal. Umumnya mesin cuci jenis ini memiliki kapasitas 6-17 kg, sedangkan panjang 59-69 cm, lebar 44-82 cm dan tinggi 85-98 cm.

Perbandingan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Berikut ini adalah perbandingan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yang bisa Anda pahami. Penting ya Pins untuk memahami perbandingan mesin cuci 1 dan 2 tabung sebelum membeli, supaya Anda tahu kapasitas dan volume mesin dalam menampung cucian.

Proses Pencucian dan Pengeringan

Pada mesin cuci 1 tabung Anda dapat melakukan 3 pekerjaan sekaligus, mulai dari mencuci, membilas hingga mengeringkan cucian. Hal ini berbeda dengan mesin cuci 2 tabung. Anda mencuci dan membilas pakaian pada 1 tabung saja. Sedangkan untuk mengeringkan cucian, Pins harus memindahkannya ke tabung di sebelahnya. Hal ini memang kurang efektif jika dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung. Hasil pengeringan pakaian pun cukup berbeda antara ukuran mesin cuci 1 tabung dengan mesin cuci 2 tabung. Pada mesin cuci 1 tabung hasil pengeringan bisa mencapai 90%, sedangkan pada mesin cuci 1 tabung hanya mencapai 70%.

Penggunaan Air

Perbedaan selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih mesin cuci ukuran 1 tabung dan 2 tabung adalah penggunaan air. Jika pada mesin cuci dua tabung dan 1 tabung jenis top loading memungkinkan Anda untuk memasukkan air dengan ember jika tidak ada kran atau selang. Berbeda dengan mesin cuci 1 tabung dengan jenis front loading yang hanya bisa memasukan air menggunakan selang. Selain itu pada mesin cuci dua tabung membutuhkan air yang lebih banyak dibandingkan dengan mesin cuci ukuran 1 tabung front loading.

Kerusakan

Memperhitungkan kerusakan ketika akan memilih ukuran mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung cukup penting. Karena ketika mesin cuci rusak, tentu Anda akan membutuhkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Umumnya, pada ukuran mesin cuci 2 tabung memiliki biaya perbaikan yang lebih murah dibandingkan ukuran mesin cuci 1 tabung. Hal ini karena spare part mesin cuci 2 tabung lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung.

Itulah informasi tentang berbagai ukuran mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung serta perbandingan antara keduanya. Pastikan Pins menyesuaikan kebutuhan dengan mesin cuci yang akan Pins pilih. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel