BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti3 Contoh Surat Pembatalan Pembelian Rumah KPR yang Benar
0
0

3 Contoh Surat Pembatalan Pembelian Rumah KPR yang Benar

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins bingung bagaimana membatalkan pembelian rumah yang menggunakan KPR? Salah satu prosesnya adalah dengan membuat surat pernyataan pembatalan pembelian rumah tersebut dengan mencantumkan alasan pembatalan. Namun, perlu diingat ketika kamu membatalkan pembelian rumah KPR tetap terdapat konsekuensi yang harus ditanggung ya Pins. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui contoh surat tersebut!

Untuk berjaga-jaga kamu bisa cek rumah KPR di web resmi Pinhome. Bahkan perumahan Palm Residence bisa kamu cek harga KPR-nya hanya di Pinhome. Jika alasan pembatalan rumah eksklusif dengan pembelian KPR karena jumlah pembayaran yang terlalu besar, maka sebelum mengambil KPR rumah kamu dapat mengetahui estimasinya loh di Kalkulator KPR.

Selain itu, tentu banyak waktu yang terbuang ketika kita membeli rumah dengan KPR, namun membatalkannya karena alasan tertentu. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menentukan pencarian rumah yang sesuai keinginan di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung.

Kapan Surat Pembatalan Pembelian Rumah Dapat Dibuat?

surat pembatalan pembelian rumah
Source: Pexels

Sebelum beranjak ke contoh tertulis dari surat pernyataan batal membeli rumah, kamu harus tahu bahwa surat ini dapat digunakan ketika kondisi waktu kamu telah sesuai prosesnya.

Pertama, kamu dapat membatalkan pembelian suatu rumah dengan KPR ketika prosesnya belum mencapai akad kredit dalam pengajuan KPR. Tetapi, perizinan pembatalan tersebut harus dipenuhi dengan terdapat konsekuensi.

Dalam proses pengajuan hingga sampai mendekati akad pemberian KPR telah berlangsung beberapa pembayaran seperti pembayaran booking fee, appraisal, dan pajak. Konsekuensinya yaitu pembayaran tersebut akan dianggap hangus dan tidak akan kembali kepada kamu.

Kedua, kamu tidak dapat membatalkan pembelian suatu rumah dengan KPR ketika prosesnya telah mencapai akad kredit pengajuan KPR. Bank akan menolak permintaanmu untuk membatalkan pembelian rumah ketika sudah akad. Hal ini dikarenakan pada saat proses akad telah usai, maka pihak notaris yang membantu mengurusi kepemilikan rumah telah mengajukan proses balik nama sertifikat rumah yang dibeli. Kamu harus tahu perbedaan KPR rumah bekas dan baru.

Namun, ketika terjadi hal ini kamu tetap ingin membatalkan pembelian, maka salah satu alternatifnya adalah menjual atau memberikan kredit rumah tersebut kepada orang lain. Biasanya disebut dengan over kredit.

Contoh Surat Pembatalan Pembelian Rumah KPR

KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah merupakan program yang dikeluarkan oleh Bank dan bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam membeli suatu rumah menggunakan sistem pembayaran kredit. Apakah kamu tahu? Dalam program KPR ini kamu tidak meminjam uang ke Bank secara langsung untuk membayar rumah, tetapi Bank yang membayar lunas pembelian rumah tersebut. Alhasil kamu dapat melunasi biaya yang telah dikeluarkan oleh Bank dengan cara berangsur mengikuti kesepakatan waktunya.

Perlu digaris bawahi bahwa dalam mengajukan pembelian rumah menggunakan KPR terdapat persyaratan dan proses yang tidak mudah, terdapat pertimbangan juga yang dilakukan oleh pihak Bank. Lalu, kalian juga harus memiliki tanggung jawab dan komitmen dalam menyelesaikan sistem pembelian rumah tersebut, yaitu tanggung jawab dalam membayar angsuran rumah secara tepat waktu hingga lunas. Ketahui apa yang akan terjadi jika kamu terlambat membayar angsuran KPR.

Ketika kamu ingin membatalkan pembelian rumah yang kamu lakukan dengan program KPR, maka kamu harus memberikan surat pernyataan pembatalan pembelian rumah dilengkapi dengan alasan terjadinya pembatalan dan bertanda tangan nama pemilik rumah yang tercatat di Bank. Surat pernyataan pembatalan ini sebagai surat resmi yang dapat menjadi bukti fisik jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Begini Cara Over Kredit Rumah KPR Subsidi

Berikut ini beberapa contoh surat pembatalan pembelian rumah:

1. Contoh Surat Pembatalan Unit Rumah

surat pembatalan pembelian rumah

2. Contoh Pembatalan PPJB

surat pembatalan pembelian rumah

3. Surat Kesepakatan Pembatalan Pembelian Rumah

surat pembatalan pembelian rumah
surat pembatalan pembelian rumah

Manfaat Membuat Surat Pernyataan Pembatalan Pembelian Rumah

surat pembatalan pembelian rumah
Source: Pexels

Berikut beberapa manfaat ketika kamu membuat surat pernyataan pembatalan pembelian rumah.

1. Bertujuan untuk Menjaga Diri dari Pelanggaran Hukum

Dengan adanya surat pernyataan sah yang menyatakan bahwa pembelian rumah dengan program KPR telah dibatalkan, maka hal ini akan menjaga diri kamu dari pelanggaran-pelanggaran di mata hukum. Jika terjadi kesalahpahaman dalam beberapa waktu ke depan, surat pernyataan pembatalan tersebut dapat difungsikan sebagai kekuatan hukum yang menjelaskan posisi kedua belah pihak.

Sehingga ketika pihak penjual menggugat kamu, kamu dapat mempertahankan gugatan tersebut menggunakan surat pernyataan batal membeli yang sah.

Baca juga: Beli Rumah KPR? Pahami Dulu Prosedur Akad Kredit Ini!

2. Bertujuan Sebagai Bukti Fisik Pembatalan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ketika kamu membatalkan pembelian rumah KPR maka akan menyerahkan surat pernyataan pembatalan pembelian. Hal ini berfungsi sebagai pemberi kejelasan kepada pihak penjual rumah dan juga pihak Bank yang membantu pelunasan rumah. Dengan adanya surat pernyataan pembatalan pembelian rumah, maka akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Kerugian Ketika Membatalkan Pembelian Rumah

surat pembatalan pembelian rumah
Source: Pexels

Bukan hanya manfaat saja yang bisa kamu dapatkan saat membatalkan rumah. Kamu juga mengalami kerugian, berikut kerugiannya.

1. Biaya yang Telah Dikeluarkan akan Hangus atau Tidak Kembali

Biaya-biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak pembeli tidak bisa dikembalikan oleh pihak penjual, karena dari pihak pembeli yang membatalkan pembelian rumah tersebut. Biaya apa saja yang hangus? Yaitu biaya booking fee, appraisal, dan pajak. Jika kamu sebagai pemilik memutuskan untuk menjual kembali rumah tersebut atau memindah tangan pengurusan KPR, maka akan mengeluarkan pembayaran pajak yang lumayan mahal.

2. Biaya Muka atau DP Dapat Kembali

Walaupun terdapat biaya-biaya KPR dalam prosesnya yang tidak bisa dikembalikan, namun terdapat kabar baik mengenai uang muka atau DP yang dapat dikembalikan. Namun hal ini harus terdapat kesepakatan secara tertulis yang biasanya dapat ditemukan di surat pemesanan rumah kamu. Perlu diingat, uang muka atau DP tidak akan kembali 100%, melainkan akan mendapat potongan terlebih dahulu sekitar 20-25% sebagai biaya administrasi.

Itulah beberapa penjelasan dan contoh mengenai surat pembatalan pembelian rumah KPR yang benar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Pins!

Baca juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR yang Harus Diketahui

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download