4 Program KPR Khusus untuk PNS atau ASN

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini ∙ January 22, 2023 ∙ 5 menit membaca

Membeli rumah secara kredit melalui Kredit Pemilikan Rumah atau KPR memang menjadi solusi terbaik untuk masyarakat yang mengalami keterbatasan biaya untuk membeli rumah impian. Tak hanya bagi masyarakat umum melalui rumah KPR subsidi, pemerintah juga menyediakan program KPR untuk PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Syarat Mengajukan KPR untuk PNS

(Freepik)

Tak jauh berbeda dengan masyarakat pada umumnya, PNS yang ingin mengajukan program KPR untuk membeli rumah juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, telah berusia 21 tahun ketika melakukan registrasi pada aplikasi KPR atau sudah menikah. 

Lalu, usia maksimal adalah 55 tahun saat tenor kredit selesai. Adapun syarat umum lainnya untuk mengajukan KPR antara lain:

  • Kartu identitas diri dan pasangan jika sudah menikah. 
  • Salinan SK pengangkatan dan kartu pegawai.
  • Kartu Keluarga. 
  • Surat keterangan penghasilan.
  • NPWP untuk pengajuan kredit lebih dari Rp100 juta.
  • Bukti SPT PPh pribadi untuk pengajuan kredit lebih dari Rp50 juta. 

Baca juga: Bisakah KPR Atas Nama Orang Lain? Pahami Resikonya!

Pilihan Program KPR untuk PNS

(Freepik)

Apabila telah memenuhi semua syarat tersebut, kamu dapat segera mengajukan permohonan KPR. Supaya pengajuan KPR mendapat persetujuan dari pihak bank, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yaitu: 

  • Setidaknya, ajukan permohonan KPR untuk ASN pada tiga bank. Sebab, bukan tidak mungkin kamu mendapat penolakan pada salah satunya.
  • Lakukan pengajuan kredit pada minggu ketiga atau empat, karena bank umumnya sedang mengejar target pada waktu tersebut. 
  • Sebaiknya kamu tidak mengajukan permohonan KPR pada bulan Desember. Pasalnya, pihak bank sedang cukup sibuk untuk melakukan tutup buku akhir tahun. Tunggu hingga bulan Januari tiba. 

KPR untuk ASN ini ada beberapa jenis dengan keunggulan masing-masing. Jadi, kamu sebaiknya menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Berikut penjelasan setiap program KPR tersebut: 

KPR BP Tapera

(Freepik)

Pertama, program BP Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat melalui program Pembiayaan. Adapun persyaratan untuk bisa mengajukan KPR melalui Tapera yaitu: 

  • Setidaknya sudah bergabung menjadi peserta selama 12 tahun. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk peserta Taperum.
  • Memiliki pemasukan bersih tidak lebih dari Rp8 juta.
  • Belum memiliki rumah sendiri.

Peserta Tapera suami istri mempunyai hak pengajuan KPR yang sama. Hanya, pengajuan tidak bisa secara bersamaan. Selain itu, pasangan juga tidak bisa memilih opsi pembiayaan yang sama. Contohnya, apabila suami telah mengajukan kredit KPR atau KBR, maka pihak istri hanya dapat mengajukan KRR.

Tapera juga menawarkan fasilitas pinjaman dengan plafon yang sangat memadai serta tingkat suku bunga yang rendah, baik itu secara konvensional maupun syariah. Plafonnya bisa mencapai Rp260 juta dengan tingkat suku bunga tetap paling rendah 5%. Plafon kredit juga terbagi sesuai dengan kelompok zonasi dan pemasukan. 

Baca juga: Apakah Bisa Melakukan Pembatalan KPR Setelah Akad dan Sudah Berjalan?

Bapertarum PNS

(Freepik)

Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan PNS adalah instansi pemerintah nonkementerian yang khusus melayani bantuan Tabungan Perumahan bagi para PNS. Program dari instansi ini termasuk Biaya Membangun (BM) Kredit Membangun Rumah (KMR). Tujuannya untuk membantu PNS membangun rumah pada lahan kepemilikan sendiri. 

Besarnya jumlah bantuan untuk setiap golongan yaitu Rp1,2 juta untuk PNS golongan I, sebanyak Rp1,5 juta untuk golongan II, dan Rp1,8 juta untuk golongan III. Selain itu, PNS juga dapat memakai tambahan bantuan anggaran uang muka dengan suku bunga 6% anuitas setiap tahun dan pengembalian wajib selama maksimal 5 tahun. 

Aturannya adalah Rp13,8 juta untuk kategori PNS golongan I, Rp13,5 juta untuk golongan II, dan Rp13,2 juta untuk golongan III. Kemudian, syarat pengajuan Bapertarum PNS yaitu:

  • PNS giat pada golongan I sampai III.
  • Telah memiliki masa kerja setidaknya selama 5 tahun.
  • Belum pernah mendapat atau memanfaatkan layanan dari Tabungan Perumahan PNS.
  • Belum memiliki hunian sendiri.
  • Mempunyai tanah pribadi dengan menunjukkan bukti kepemilikan hak atas tanah yang masih berlaku. 

Perumahan khusus dari pengembang

(Freepik)

KPR untuk PNS lainnya adalah program hunian idaman dari pengembang khusus untuk para PNS. Meski begitu, program ini memang mempunyai pengembang yang masih sangat terbatas, salah satunya adalah Perumahan Nasional (Perumnas) yang menawarkan hunian tapak atau vertikal pada berbagai lokasi. 

Selain Perumnas, program ini juga mendapat dukungan dari pengembang swasta PT DMS Propertindo Tbk atau KOTA yang turut menawarkan program hunian impian khusus untuk para aparatur negara. Bagi kamu yang ingin menggunakan program ini, salah satu proyeknya ada pada wilayah Bandung bagian Selatan yang berkonsep kota mandiri. 

Baca juga: Cara Take Over atau Pindah KPR ke Bank Lain

KPR untuk PNS dari bank BUMN

(Freepik)

Terakhir adalah program KPR untuk PNS yang berasal dari bank BUMN. Kamu mungkin hanya mengetahui Bank BTN dalam program ini. Namun, ternyata ada Bank Mandiri dan BRI yang ikut berpartisipasi melalui program hunian terbaik untuk para ASN.

Adapun program dari Bank BRI adalah KPR ASTRI khusus untuk para ASN, POLRI, atau TNI  yang masih bekerja aktif yang memiliki status pekerja tetap dan menyalurkan penghasilan bulanannya melalui bank BRI. Program ini bisa kamu gunakan untuk KPR hunian baru, bekas, renovasi, membangun, top up, hingga take over dengan banyak sekali keunggulan. 

Sementara itu, Bank Mandiri menawarkan kemudahan untuk para PNS, POLRI, dan TNI yang hendak membeli hunian dengan kredit melalui Kredit Multiguna tanpa DP dengan tenor yang cukup panjang, bahkan hingga melewati batas usia pensiun. Jadi, mana program KPR untuk PNS yang menarik perhatianmu, Pins?

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Modernland Cilejit dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia