BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti Penting! Kenali Ciri-Ciri Mafia Tanah yang Harus Diwaspadai
0
0

 Penting! Kenali Ciri-Ciri Mafia Tanah yang Harus Diwaspadai

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Des 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi mafia tanah.top-right-banner

Mafia tanah, entitas yang meresahkan dan merugikan masyarakat, semakin menjadi ancaman serius dalam sektor properti. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap ciri-ciri mafia tanah yang khas dan bisa diindetifikasi.

Dalam konteks ini, pemahaman mendalam mengenai ciri-ciri mafia tanah menjadi suatu keharusan, mengingat dampak negatifnya terhadap keamanan dan kestabilan lingkungan. Penasaran seperti apa saja?

Namun sebelum pembahasan lebih lanjut, tentu Kamu juga perlu tahu bahwa PinValue merupakan fitur yang memungkinkan seorang pencari properti dari Pinhome yang bisa mengetahui harga estimasi sebuah rumah, tanpa mereka harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung. Melalui fitur tersebut, Kamu dapat mencari informasi tentang rumah bekas di Jakarta Selatan hingga rumah dijual di Depok seperti Ananta Homes Tenjo.

Baca juga: Ini Dia Hukum Jika Melakukan Jual Beli Tanah Sengketa

Apa Itu Mafia Tanah?

Mengenal ciri-ciri mafia tanah.
Source : Freepik

Mafia tanah adalah topik yang memicu kontroversi dan kerugian bagi masyarakat. Istilah ini merujuk pada kelompok atau individu yang terlibat dalam tindakan ilegal terkait kepemilikan atau pengalihan hak atas tanah. Praktik-praktik mereka melibatkan pemalsuan dokumen, pengusiran paksa, dan kekerasan guna mendapatkan keuntungan dari tanah yang sebenarnya tidak sah milik mereka.

Bagi masyarakat yang ingin melindungi diri dari kejahatan ini, mengenali tanda-tanda mafia tanah sangatlah penting. Memahami ciri-ciri mereka membantu meningkatkan kewaspadaan dan melindungi hak atas tanah. Pasalnya, mafia tanah sering berkolaborasi dengan individu di dalam birokrasi, membuat masyarakat rentan terhadap penipuan.

Baca juga: 7 Jenis Sertifikat Tanah yang Perlu Kamu Pahami

Tanah yang Sering Jadi Incaran Mafia Tanah

Sebidang tanah.
Source : Freepik

Tanah sering menjadi incaran bagi mafia tanah karena beberapa alasan khusus yang membuatnya menjadi target utama untuk praktik ilegal. Berikut adalah penjelasannya:

1. Harga Tanah yang Tinggi

Tanah yang memiliki nilai komersial tinggi atau potensi pengembangan yang besar menjadi target utama. Spekulasi terhadap kenaikan harga tanah juga membuatnya menarik bagi para mafia tanah yang ingin memperoleh keuntungan cepat.

Kenaikan harga properti membuatnya menjadi investasi yang menarik bagi mereka yang ingin mengakumulasi aset dengan cepat. Terlebih lagi jika melihat harga tanah termahal di Indonesia.

2. Tanah Sengketa

Tanah sengketa menjadi incaran mafia tanah. Mereka dapat memanfaatkan situasi ini untuk mengambil alih atau memperoleh tanah secara ilegal. Di daerah atau negara dengan sistem hukum yang lemah atau tidak tegas, tanah yang dalam sengketa sering kali menjadi sasaran karena kurangnya penegakan hukum yang memadai.

3. Tanah yang Belum Bersertifikat

Tanah yang belum bersertifikat atau memiliki dokumen kepemilikan yang tidak lengkap menjadi incaran, karena kurangnya dokumentasi membuatnya rentan terhadap klaim ilegal. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh mafia tanah untuk melakukan modus pemalsuan sertifikat tanah, menciptakan kepemilikan palsu, atau menjalankan aktivitas ilegal tanpa risiko terdeteksi oleh otoritas.

Baca juga: 10 Karakteristik Tanah yang Membawa Hoki Menurut Adat Jawa

Ciri-Ciri Mafia Tanah

Berbagai ciri-ciri mafia tanah.
Source : Freepik

Ciri-ciri mafia tanah adalah indikator yang menunjukkan adanya kelompok atau individu yang terlibat dalam praktik ilegal terkait kepemilikan, pengelolaan, dan perdagangan tanah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manipulasi Dokumen Tanah

Mafia tanah cenderung terlibat dalam manipulasi dokumen tanah, termasuk surat-surat kepemilikan, sertifikat, dan dokumen-dokumen lain yang terkait dengan transaksi properti. Praktik ini mencakup pemalsuan tandatangan, perubahan informasi, atau pembuatan dokumen palsu untuk mengamankan kepemilikan ilegal.

2. Memiliki Jaringan dalam Birokrasi

Ciri khas mafia tanah adalah memiliki koneksi atau jaringan dalam sistem birokrasi pemerintah setempat. Hal ini memungkinkan mereka untuk memanipulasi proses perizinan, pengukuran tanah, dan registrasi properti. Kolusi dengan pejabat pemerintah atau petugas tanah dapat membantu mereka menghindari pemeriksaan dan memuluskan jalur untuk aktivitas ilegal.

3. Sering Terlibat dalam Sengketa Tanah

Mafia tanah seringkali terlibat dalam sengketa tanah dengan pemilik asli atau pihak lain yang berkepentingan. Mereka dapat menggunakan kekuatan fisik, ancaman, atau manipulasi hukum untuk mendapatkan tanah secara ilegal atau mengusir pemilik sah.

Ciri lainnya adalah adanya rekam jejak hukum yang tidak jelas atau samar. Ini dapat mencakup kepemilikan tanah yang dipindahkan berkali-kali antara berbagai pemilik, perubahan dokumen tanah yang mencurigakan, atau transaksi dengan karakteristik yang mencurigakan.

5. Memiliki Aset dan Kekayaan yang Tiba-Tiba

Mafia tanah sering kali mendapatkan kekayaan dengan cepat melalui praktik ilegal mereka. Aset yang dimiliki dapat tumbuh secara tiba-tiba tanpa adanya pencatatan yang jelas atau legalitas yang sah. Kekayaan yang tidak proporsional dengan aktivitas bisnis atau pekerjaan resmi mereka dapat menjadi indikator kuat adanya keterlibatan dalam praktik mafia tanah.

Baca juga: 8 Ciri Tanah yang Membawa Hoki Menurut Fengshui

Cara Mengindari Mafia Tanah

Gambaran jual beli tanah.
Source : Freepik

Ada tips terhindar dari mafia tanah yang bisa saja mengancam keaslian sertifikat tanah. Diantaranya sebagai berikut:

1. Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Langkah pertama untuk menghindari mafia tanah adalah memastikan keaslian sertifikat tanah. Kamu bisa melakukan hal ini dengan memeriksa sertifikat pada kantor pertanahan atau badan yang berwenang untuk memastikan bahwa dokumen tersebut sah dan tidak dipalsukan. Pastikan nomor dan detail lainnya sesuai dengan catatan yang ada.

2. Bertemu dengan Penjual Secara Langsung

Penting untuk bertemu dengan penjual tanah secara langsung. Jangan hanya mengandalkan komunikasi melalui telepon atau pesan. Dengan bertemu langsung, Kamu dapat memeriksa identitas dan keabsahan penjual, serta memastikan bahwa tanah yang ditawarkan benar-benar dimiliki oleh mereka.

3. Menggunakan Notaris Terpercaya

Menghadirkan notaris terpercaya dalam transaksi tanah sangat penting. Notaris akan memastikan proses transaksi berjalan sesuai hukum dan dokumen-dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan benar.

Mereka akan memvalidasi keabsahan transaksi dan memberikan perlindungan hukum bagi Kamu sebagai pembeli. Karena itu, penting mengetahui tips memilih notaris.

Itulah berbagai ciri mafia tanah yang perlu diketahui. Namun, penting untuk mencatat bahwa ciri-ciri ini dapat bervariasi dan tidak semua mafia tanah akan menunjukkan tanda-tanda yang sama. Oleh karena itu, pihak berwenang, masyarakat, dan lembaga terkait perlu bekerja sama untuk mendeteksi, mencegah, dan menangani praktik mafia tanah guna melindungi hak kepemilikan properti dan mencegah kerugian yang mungkin terjadi.

Baca juga: Apakah Sertifikat Tanah Bisa Digugat? Begini Caranya!

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download