BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti7 Cara Memilih Notaris dan PPAT Berkualitas dan Tepercaya
0
0

7 Cara Memilih Notaris dan PPAT Berkualitas dan Tepercaya

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 9, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips memilih notaris ppattop-right-banner

Cara Memilih Notaris dan PPAT – Memilih pejabat untuk mengurus transaksi pembelian rumah seperti notaris dan PPAT tidak bisa sembarangan. Hal ini karena PPAT adalah salah satu pihak berpengaruh yang mempunyai tugas untuk membantu pihak pembeli dalam melakukan pembelian properti.

Di dalam transaksi properti, terdapat banyak dokumen yang harus dicek. Dokumen-dokumen ini mempunyai peran penting dalam memindahkan hak kepemilikan dari penjual atau pemilik sebelumnya ke pembeli atau pemilik baru. 

Lalu bagaimana sih tips memilih PPAT atau notaris yang tepat agar urusan kita berjalan lancar? Yuk simak penjelasan berikut!

Tips Memilih PPAT atau Notaris

Ada 7 langkah yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk memilih PPAT atau notaris.

tips memilih notaris ppat
Source : Pinhome

Minta Rekomendasi

Hal pertama yang bisa kamu upayakan adalah minta rekomendasi. Kamu bisa menanyakan rekomendasi ke teman, sahabat, keluarga atau kolega yang kamu percaya. Jangan sembarangan untuk konsultasi kepada orang yang baru kenal. Tujuannya agar kamu mendapatkan rekomendasi yang tepat dan tidak merugikan kamu di masa depan.

Cek Riwayat Kerja

Melakukan pengecekkan terhadap riwayat kerja bisa menjadi langkah bijak. Tujuannya untuk mengetahui siapa saja yang pernah menjadi klien notaris atau PPAT tersebut. Umumnya, notaris atau PPAT yang bisa dipercaya adalah mereka yang sudah melayani perusahaan (PT), bank dan CV. 

Datangi Kantor dan Perhatikan Gaya Bicara

Pins, tidak ada salahnya untuk mendatangi kantor pejabat notaris atau PPAT. Kamu bisa berkunjung untuk konsultasi sekaligus menilai cara berkomunikasi pejabat. Hal ini bisa menjadi upaya dalam membandingkan pejabat notaris yang satu dengan yang lain. Interaksi secara langsung dengan pejabat notaris atau PPAT bisa membantu kita menilai kredibilitas seseorang juga, lho!

Baca juga: Data yang diperlukan Notaris dalam jual beli rumah

Cek Profil Notaris

Selanjutnya, kamu bisa menilai profil notaris melalui LinkedIn atau portal www.atrbpn.go.id. Tujuannya untuk mengetahui profil pejabat. Di portal LinkedIn, kamu bisa melihat dan menilai siapa saja yang menjadi koneksi pejabat tersebut. Kamu pun bisa melihat postingan mereka dan riwayat pekerjaan. Di portal atrbpn, kamu bisa mengecek keanggotaan pejabat tersebut di asosiasi notaris PPAT.

Cari Referensi Lain sebagai Pembanding

Pins, di dalam mencari pejabat notaris atau PPAT jangan hanya fokus ke satu orang saja. Seperti mencari karyawan atau staf pada bisnis, kamu harus memiliki lebih dari satu opsi. Tujuannya untuk memberikan pembanding atau referensi, dengan begitu kamu bisa menilai mana pejabat notaris atau PPAT yang lebih bagus.

Jangan Fokus pada Senioritas

Semakin lama orang berkarir akan menjadi tolok ukur seberapa banyak pengalaman mereka. Namun, di saat mencari pejabat notaris dan PPAT jangan hanya fokus ke senioritas ya Pins. Cobalah untuk memperluas opsi kamu agar mendapatkan referensi yang lebih beragam.

Bandingkan Tarif Jasa

Terakhir, pastikan kamu juga membandingkan harga atau tarif jasa pejabat notaris PPAT. Kamu bisa membandingkan harga per daerah atau berdasarkan rekomendasi yang kamu dapat.

Itu saja informasi mengenai tips memilih notaris dan PPAT. Semoga informasi di atas membantu dalam mendukung kebutuhan kamu ya Pins! Jangan lupa juga untuk pasang iklan jual rumah mu di Pinhome ya!

Baca juga:


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download