BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Karakteristik Tanah yang Membawa Hoki Menurut Adat Jawa
0
0

10 Karakteristik Tanah yang Membawa Hoki Menurut Adat Jawa

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Des 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Karakteristik tanah.top-right-banner

Terdapat warisan kaya dalam kepercayaan budaya Jawa yang mengaitkan hubungan erat antara tanah dan keberuntungan. Menurut kepercayaan yang berakar dalam tradisi Jawa, terdapat berbagai karakteristik tanah yang diyakini mampu membawa keberuntungan atau hoki bagi mereka yang tinggal di atasnya.

Konsep ini menggambarkan pandangan mendalam tentang bagaimana sifat-sifat tanah, mulai dari tekstur hingga kondisi geografisnya, mempengaruhi nasib dan kehidupan seseorang menurut perspektif budaya Jawa. Melalui artikel ini, terdapat pembahasan tentang ciri tanah yang dipercayai dapat membawa hoki menurut tradisi Jawa, serta pemahaman yang melatarbelakangi kepercayaan tersebut.

Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, Kamu perlu tahu bahwa ada Rumah Ekslusif seperti Avoria Estate yang tampilannya estetik. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue. Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang atau rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Inilah 10 Karakteristik Tanah yang Membawa Hoki Menurut Adat Jawa

Tanah yang membawa hoki menurut Jawa.
Source : Freepik

Dalam tradisi Jawa, kepercayaan terhadap tanah yang membawa hoki atau keberuntungan sangatlah kuat. Beberapa karakteristik tanah yang dianggap membawa hoki oleh adat Jawa dapat ditemukan sebagai berikut:

1. Tanah yang Condong ke Arah Timur

Tanah semacam ini akan memberikan berkah besar bagi penduduknya, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta memberikan ketenangan. Jenis tanah yang satu ini dikenal sebagai tanah manikmaya atau baya sangar.

2. Tanah yang Terletak Diantara Pegunungan/Bukit

Jika seseorang sedang dalam tahapan membangun rumah di atas tanah ini, akan disukai oleh tetangga, terhindar dari konflik, dan dihormati dalam perkataannya. Tanah semacam ini disebut tanah sangsang buwon atau kawula katubing kala.

3. Tanah yang Membentang dari Utara ke Selatan

Tanah dengan posisi seperti ini akan memberikan keuntungan ketika dibangun rumah, karena akan membawa keberuntungan. Jenis tanah ini dikenal sebagai tanah darmalangit.

4. Tanah yang Condong ke Arah Utara

Jika rumah dibangun di atasnya, akan menginspirasi penghuninya dengan banyak ide kreatif. Posisi tanah ini akan lebih baik jika terdapat gunung di sebelah utara. Tanah seperti ini dikenal sebagai indraprastha, telaga ngayuda, dan bathara.

5. Tanah yang Miring ke Timur, dengan Gunung atau Bukit di Sebelah Utara dan Selatan

Jenis tanah ini akan membawa banyak keuntungan, membuat penghuninya dihormati oleh tetangga. Tanah semacam ini dikenal sebagai arjuna.

6. Tanah yang Lebih Tinggi di Sebelah Barat Daripada di Sebelah Timur

Jika rumah dibangun di atasnya, akan membantu penghuninya naik pangkat dengan cepat. Tanah seperti ini disebut sri nugraha.

7. Tanah yang Terletak di Atas Jurang

Jenis tanah ini cocok untuk membangun rumah, terutama bagi mereka yang senang beraktivitas rohaniah atau spiritual. Tanah semacam ini dikenal sebagai bumi langupulawa.

8. Tanah yang Terletak Diantara Lembah dan Dikelilingi oleh Sumber Air

Tanah ini sangat subur dan cocok untuk menanam tanaman pangan, membawa rezeki melimpah. Jenis tanah ini dikenal sebagai sri mangempel.

9. Tanah yang Agak Meninggi di Bagian Tengah Dibanding Sekitarnya

Jika rumah didirikan di atasnya, akan memberikan perlindungan bagi penghuninya. Tanah semacam ini dikenal sebagai endragana.

10. Tanah yang Tidak Rata di Bagian Utara

Tanah semacam ini disebut wisnu manitis, memberikan kekayaan bagi penduduknya. Jenis tanah ini menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Baca juga: 3 Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun yang Baik

Tips Memilih Lokasi Sebidang Tanah

Tips beli tanah yang membawa hoki menurut Jawa.
Source : Freepik

Setelah mengetahui seperti apa saja tanah yang membawa hoki menurut adat Jawa, tentu ada tips bagi Kamu yang ingin memilih lokasi tempat tinggal strategis. Diantaranya adalah:

1. Lokasi Strategis

Pilih lokasi yang strategis, yang mudah diakses dan dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum. Lokasi yang strategis akan memberikan nilai tambah dan kenyamanan bagi pemilik tanah.

2. Peruntukan Tanah

Pastikan Kamu memahami peruntukan tanah tersebut. Apakah tanah tersebut diperuntukkan untuk pemukiman, komersial, atau industri? Sesuaikan dengan kebutuhan dan rencana pengembangan yang Kamu miliki.

3. Topografi Tanah

Perhatikan topografi atau kontur tanah. Tanah yang datar lebih mudah untuk dibangun dan dimanfaatkan daripada tanah yang berkontur tidak rata. Selain itu, periksa kemiringan tanah untuk menghindari risiko erosi dan longsor.

4. Kualitas Tanah

Lakukan pemeriksaan kualitas tanah. Tanah aluvial adalah tanah subur lebih baik untuk pengembangan pertanian atau perkebunan, sementara tanah yang kokoh lebih baik untuk konstruksi bangunan.

5. Aksesibilitas dan Infrastruktur

Pastikan tanah memiliki aksesibilitas yang baik. Jangan lupa memeriksa ketersediaan infrastruktur seperti jaringan listrik, air bersih, dan saluran air. Fasilitas ini sangat penting untuk kenyamanan dan keberlanjutan penggunaan tanah.

6. Pembebasan Lahan

Pastikan bahwa tanah yang akan Kamu pilih sudah bebas dari masalah hukum dan sengketa tanah. Pemeriksaan legalitas tanah sangat penting untuk menghindari masalah di masa depan dan ada cara cek legalitas developer properti.

7. Pertimbangkan Potensi Perkembangan Daerah

Potensi perkembangan tanah. (Freepik)-minPotensi perkembangan tanah.
Source : Freepik

Teliti perkembangan dan rencana pengembangan di sekitar area tersebut. Lokasi yang sedang berkembang memiliki potensi nilai investasi yang tinggi.

Itulah berbagai tentang ciri-ciri karakteristik tanah yang membawa hoki menurut adat Jawa. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download