BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiPenting! 6 Tips Agar Terhindar dari Mafia Tanah
0
0

Penting! 6 Tips Agar Terhindar dari Mafia Tanah

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak modus penipuan terkait jual beli tanah yang dilakukan oleh mafia tanah. Hal ini membuat para pembeli tanah maupun pemilik tanah mesti lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi. Sebagai bentuk kewaspadaan, kamu perlu mengetahui tips terhindar dari mafia tanah.

Dengan mengetahu cara terhindar dari mafia tanah, kamu akan lebih waspada dengan modus-modus atau tindakan yang biasa dilakukan oleh mafia tanah. 

Baca juga: Prosedur Jual Beli Tanah yang Sah Sesuai Hukum

Pengertian Mafia Tanah

Source : Freepik

Banyak orang mendengar berita mengenai modus penipuan mafia tanah, tetapi masih ada yang belum tahu pengertian frase mafia tanah. Mafia tanah merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut suatu kelompok yang melakukan tindak kejahatan, terkait dengan transaksi dan kepemilikan tanah

Dari pengertian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa mafia tanah bukanlah pelaku individu, melainkan merupakan kelompok yang terorganisir. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, menyebutkan biasanya ada 5 oknum yang terlibat. Ke-5 oknum tersebut berasal dari oknum unsur BPN, oknum notaris, oknum pengacara, oknum kecamatan, dan oknum kepala desa.

Cara Terhindar Dari Mafia Tanah

Source : Freepik

Untuk dapat terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh mafia tanah, kamu bisa coba mengaplikasikan ke-6 tips di bawah ini, Pins.

Berikan Tanda Batasan Fisik Tanah

Apakah tanah yang kamu miliki tidak disertai dengan batas fisik di lokasi? Selain tercantum dalam sertifikat mengenai luas area tanah yang kamu miliki, kamu perlu juga memberikan tanda batasan secara fisik tanah milikmu. Alasannya adalah karena tanah yang tidak memiliki batasan yang jelas secara fisik, sering dimanfaatkan oleh mafia tanah. Batasan fisik ini bisa berupa pagar ataupun dinding tembok. Dengan adanya batasan ini, semua orang yang melihatnya bisa langsung tahu kalau tanah tersebut sudah dimiliki.

Baca juga: 5 Contoh Akta Jual Beli Tanah

Transaksi dengan Bertemu secara Langsung

Pada saat melakukan transaksi jual beli tanah, disarankan untuk melakukan pertemuan dan transaksi secara langsung. Jangan melalui perantara lainnya. Jika pihak yang bertransaksi denganmu menginginkan pertemuan disertai dengan adanya perantara tanpa alasan yang jelas, sebaiknya tolak permintaannya tersebut. Alasannya karena modus penipuan mafia tanah menggunakan cara yang mirip seperti ini. Jika dari pihak lain tersebut terkesan tetap memaksa dan menunjukkan gelagat-gelagat yang aneh, kamu patur mencurigainyainya, Pins. 

Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Pada saat membeli tanah, salah satu hal penting yang harus kamu lakukan adalah mengecek keaslian sertifikat tanah. Secara fisik sertifikat tanah palsu memang agak sulit dibedakan dengan sertifikat tanah yang asli. Akan tetapi kamu tetap dapat mengetahui keasliannya. Untuk dapat memastikan keasliannya, kamu bisa melakukannya dengan datang ke kantor BPN. Selain itu, bisa juga dilakukan secara online melalui website resmi BPN. 

Untuk biaya yang dikeluarkan untuk pengecekan sertifikat tanah bisa berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan kantor pertahanan di daerahmu. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk pengecekkan ini bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Kamu harus bersabar menunggu hasil dari keaslian sertifikat. Hindari mengambil tindakan langsung melakukan transaksi selama kejelasan sertifikat tanah belum diberikan pihak BPN.

Baca juga: 3 Cara Mengecek Sertifikat Tanah Online dan Offline

Jaga Sertifikat Tanah dengan Baik

Sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang kamu miliki, sertifikat tanah sangatlah penting. Apabila sertifikat tanahmu jatuh pada oknum yang tidak bertanggung jawab, data yang terdapat di dalamnya dapat disalahgunakan. Oleh karena itu, kamu harus menjaga dan menyimpannya dengan baik.

Apabila ada urusan yang membuatmu terpaksa harus memberikan sertifikat tanah, jangan memberikannya kepada sembarang orang. Terlebih jika orang tersebut adalah orang yang belum lama kamu kenal. 

Terkait sertifikat tanah ini biasanya mafia tanah akan memalsukan sertifikat. Pemalsuan yang dilakukan pun secara fisik akan sangat sulit untuk dibedakan dengan sertifikat asli. Untuk itulah, sebaiknya hindari kemungkinan-kemungkinan yang mengarah pada pemalsuran sertfiikat dengan menjaga sertifikat tanahmu sebaiknya miungkin.

Pilih Notaris yang Terpercaya

Notaris merupakan pihak yang perlu dilibatkan dalam transaksi jual beli tanah atau pemindahan nama. Dikarenakan salah satu profesi mafia tanah adalah oknum notaris, kamu perlu berhati-hati dalam memilih notaris. Pilihlah notaris yang memiliki izin, sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Selain mencari tahunya dari orang yang kamu percaya, kini kamu dapat dengan mudah mencari tahu profil mereka menggunakan internet. 

Kamu hanya perlu memasukkan nama notaris di kolom pencarian Google. Jika memang notaris tersebut sudah memiliki kredibilitas yang baik, kamu akan dapat menemukan informasi profil perusahaan dan klien mereka. Dengan memiliki notaris yang terpercaya, kamu pun akan terhindar dari kerugian modus mafia tanah, Pins.

Hindari Membeli Tanah Girik

Pernah mendengar mengenai tanah girik, Pins?  Tanah girik adalah status tanah yang konversi haknya belum terdaftar di BPN. Biasanya tanah girik diperoleh dari warisan, tetapi bisa juga didapatkan melalui transaksi jual beli. Akan tetapi, tanah girik tidak memiliki sertifikat resmi dan mudah untuk dimanipulasi oleh mafia tanah. Untuk itu, sebaiknya hindari membeli tanah girik. Dari pihak pemerintah pun sudah mengeluarkan aturan yang melarang pembuatan girik untuk tanah. 

Jadi itulah ke-6 tips agar terhindar dari mafia tanah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kerugian, Pins. Baik sebagai pihak pembeli tanah atau pemilik tanah, kamu harus tetap waspada ya karena bisa saja nantinya ada modus penipuan baru mafia tanah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, De Garden Bekasi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download