Pinhome

Uncategorized

Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Listrik merupakan kebutuhkan pokok manusia. Pasalnya listrik ialah tenaga paling utama untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan bahkan banyak pekerjaan yang tidak dapat dilakukan tanpa bantuaan dari tenaga listrik. Hal ini disebabkan oleh perkembangan jaman yang semakin modern maka dari itu semua hal dilakukan dengan menggunakan listrik, sebagai contoh pekerjaan di rumah sudah banyak yang menggunakan bantuan dari tenaga listrik seperti mencuci pakaian ataupun membersihkan debu.

Pekerjaan-pekerjaan itu dapat dilakukan menggunakan bantuan tenaga listrik. Sumber cahaya pun didapat dari tenaga listrik, misalnya saja didalam rumah memerlukan lampu yang berguna sebagai alat penerangan. Tanpa lampu rumah tentunya akan terasa gelap gulita. Terkadang kendala datang jika PLN sedang memeperbaiki sesuatu maka aliran listrik seringkali diputuskan untuk beberapa waktu, hal ini akan mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini membuktikan bahwa tanpa listrik, hidup manusia akan mengalami kendala yang cukup sulit.

Namun penggunaan listrik secara berlebih juga akan merugikan kondisi keuangan seseorang. Pasalnya tagihan listrik seringkali mengalami pembengkakan akibat pemakaian yang berlebih. Maka Anda akan membayar tagihan yang cukup besar pada akhir bulan atau jika Anda sudah menggunakan pulsa listrik maka akan lebih cepat mengisinya kembali karena pemakaian yang boros. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

Gunakan seperlunya

Selalu pastikan untuk menggunakan alat-alat elektronik seperlunya saja, hal ini dapat mengurangi pembengkakan pembayaran tagihan listrik. Televisi menjadi alat elektronik yang seringkali dinyalakan setiap waktu, bahkan saat tidak ada orang yang menontonnya pun TV akan dibiarkan dalam kondisi yang tetap menyala. Tentu saja hal ini bukanlah merupakan hal yang baik, selain membuat tagihan menjadi besar, TV tersebut juga akan cepat rusak karena dinyalakan secara terus menerus.

Cabut atau matikan kabel dari saklar

Kebiasaan buruk banyak orang adalah membiarkan kabel menempel pada saklar padahal sudah tidak digunakan, misalnya saja kabel charge handphone. Jika handphone sudah terisi penuh, banyak orang yang hanya mencabut kabel charge dari handphonenya saja tanpa mematikan saklar kembali. Inilah yang membuat tagihan listrik mengalami pembengkakan. Nyatanya membiarkan kabel menempel dalam kondisi tidak terpakai ini juga dapat merusak kabel tersebut.

Matikan lampu

Usahakan untuk menyalakan lampu saat malam hari atau ketika kondisi ruangan sudah mulai gelap. Hal ini dapat menghemat pemakaian listrik di rumah Anda. Jika malam hari tiba dan semua keluarga Anda beranjak tidur maka matikanlah lampu yang menyala atau sisakan satu atau dua lampu tertentu guna menjadi penerang yang diperlukan.

Batasi pemakaian AC

Suasana yang panas terkadang membuat banyak orang ingin berlama-lama berada di ruangan ber-ac. Namun seringkali AC tersebut lupa dimatikan jika sudah tidak ada orang didalam ruangan. Maka dari itu, pastikan untuk mematikan AC jika sudah tidak dipakai. Hal ini dapat menghemat penggunaan listrik di rumah Anda.

Beberapa macam cara tersebut sudah dipastikan dapat membantu Anda untuk melakukan penghematan pemakaian listrik di rumah Anda. Keuntungan dari menghemat pemakaian listrik adalah mengurangi angka global warming dan pembengkakan pembayaran tagihan listrik pada akhir bulan.

Tags :

Bagikan Artikel