Pinhome

Simak Yuk Cara Membuka Rolling Door yang Terkunci dari Dalam

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Selain berfungsi sebagai tempat keluar masuknya penghuni, pintu juga jadi penghubung pada berbagai ruang di dalam bangunan. Memilih jenis pintu untuk rumah tinggal yang benar juga tidak boleh asal. Salah satu model pintu yang populer adalah rolling door. Sayangnya, jenis pintu ini bisa terkunci dari dalam. Bagaimana cara membuka pintu rolling door yang terkunci dari dalam?

Kami akan membagikan caranya beserta sedikit pengenalan karakteristik dari jenis pintu ini sendiri.

Baca Juga: 6 Model Pintu Belakang Rumah Sebagai Referensi

Apa itu Pintu Rolling Door?

Umumnya, pintu jenis rolling door banyak digunakan pada pintu warung maupun toko namun tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai pintu garasi pada hunian.

Rolling door umum menggunakan bahan aluminium dengan slat daun yang terhubung pada bagian atas dan bawah sebagai pengunci. Sistem pintu ini membuka dan menutup secara digulung ke atas maupun ditarik ke bagian bawah. Keamanan lebih terjamin tanpa terlihat privasi di dalamnya.

Baca Juga: Ukuran Standar Tinggi Pintu Rumah Tinggal

Rolling Door Berdasarkan Sistem Kerja

Sistem kerja dari rolling door sendiri terbagi atas dua cara, yaitu rolling door yang bekerja dengan sistem manual maupun dengan sistem otomatis. Untuk rolling door manual, kamu tidak akan menemukan mesin untuk pengoperasiannya.

Tenaga manusia menjadi andalan jenis pintu satu ini. Untuk itu kamu perlu tenaga untuk menariknya ke bawah, maupun membukanya dengan cara mendorong ke bagian atas. Namun, ada pula yang kinerjanya pembukaannya horizontal, yaitu ke kanan dan ke kiri.

Untuk sistem kerja dari rolling door otomatis cukup berbeda, Pins. Kamu tidak memerlukan tenaga untuk membuka maupun menutupnya. Jenis pintu satu ini pengoperasiannya menggunakan bantuan mesin atau sistem otomatis menggunakan motor penggerak.

Untuk jenis satu ini memang banyak digunakan pada pintu pabrik ataupun gudang dalam skala besar. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk digunakan dalam hunian. Kinerjanya lebih praktis dan tentunya tidak memerlukan tenaga manusia. Kamu hanya perlu menekan tombol yang telah disediakan.

Cara Membuka Rolling Door yang Terkunci dari Dalam

Nah, kini mari simak yuk ulasan mengenai bagaimana cara membuka rolling door yang terkunci dari dalam dari Pinhome berikut.

Baca Juga: 20 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow

Penggunaan Kawat

Kawat menjadi salah satu benda penting yang bisa membantu dalam keadaan genting, Pins! Apalagi bila tidak sengaja menghilangkan kunci dari pintu rolling door tentu kamu harus memikirkan cara cerdas untuk membukanya. Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu menggunakan kawat yang dijadikan sebagai pengganti kunci yang hilang. Kawat dimasukkan pada lubang kunci dan gerakan searah jarum jam.

Usahakan tidak keliru menggerakan kawat dikarenakan justru akan kembali membuat pintu terkunci lebih rapat. Namun Pins, cara satu ini tidak bisa dijadikan kunci keberhasilan dikarenakan kembali kepada jenis pintu. Beberapa pintu sudah didesain dengan lubang kunci dengan kualitas terbaik. Hal tersebut membuatnya sulit untuk dibuka dengan cara lain, selain kunci utama.

Menggunakan Kartu

Lain hal lagi dengan penggunaan bantuan kartu. Cara membuka rolling door yang terkunci menggunakan kartu terlihat lebih mudah. Kamu dapat menggunakan kartu ATM, SIM ataupun kartu yang sudah tidak terpakai sebagai alat bantu. Langkahnya adalah segera perhatikan celah yang ada di sisi bagian pintu. 

Celah penguncian antara bagian pintu dan tembok memiliki bagian lebih tanda dari penguncian. Masukan kartu ke celah tersebut secara ditekan, kemudian buka handle pintu. Lakukan secara bersamaan agar pintu dapat terbuka. Hal ini dapat membantu kamu yang terkunci dari dalam maupun pintu yang sulit dibuka. Namun, cara ini juga tidak bisa 100% berhasil, Pins! Semua kembali kepada jenis pintu yang digunakan.

Memanggil Tukang Perbaikan Pintu

Cara terakhir ini menjadi langkah paling mudah dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, yaitu menghubungi teknisi perbaikan pintu. Teknisi perbaikan pintu sudah memiliki banyak pengalaman dan mampu menemukan cara agar pintu terbuka. Waktu yang dibutuhkan pun terkadang cepat sesuai dengan pengalaman. Selain itu pula, bila mengharuskan merusak handle pintu, ia dapat memperbaikinya kembali. 

Itulah beberapa informasi mengenai rolling door serta tips cara membuka rolling door yang terkunci dari dalam. Pastikan kembali bahwa cara ini dilakukan dalam keadaan mendesak, tidak untuk tindak kriminal yang merugikan orang lain. 

Jangan lupa pula untuk selalu merawat pintu, untuk meminimalisir adanya pintu yang tidak bisa dibuka. Pintu yang memuai dan mengembang juga menjadi faktor utama pintu tidak dapat dibuka. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rolling Door Besi Atau Aluminium, Mana Yang Lebih Awet?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia