BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Membuat Tempat Tidur Multifungsi untuk Menghemat Ruang
0
0

Cara Membuat Tempat Tidur Multifungsi untuk Menghemat Ruang

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat tempat tidur multifungsitop-right-banner

Memiliki rumah dengan luas terbatas memaksa kita pintar-pintar dalam mengorganisasikan barang di rumah. Tidak hanya itu, penggunaan barang multifungsi juga perlu dilakukan guna menghemat ruang dan memaksimalkan fungsi suatu barang. Salah satu ruangan yang penting dan sering dibuat dengan luas terbatas adalah kamar. Untuk menghemat ruang di kamar tidur, Pins bisa mempelajari cara membuat tempat tidur multifungsi, lho!

Pinhome – Kamar adalah salah satu ruangan yang sangat penting di rumah. Kamar menjadi tempat beristirahat, menyimpan hal-hal privasi tinggi dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kamar harus dibuat nyaman. Hanya saja dengan luas terbatas, terkadang kita kehabisan ide untuk membuatnya nyaman. Padahal hal ini bisa disiasati dengan penggunaan barang multifungsi, misalnya pada tempat tidur.

Baca Juga:

Alat dan Bahan Pembuatan Ranjang Multifungsi

cara membuat tempat tidur multifungsi

(Pinterest)

Terdapat banyak sekali model tempat tidur multifungsi. Namun pada ulasan kali ini, Pinhome akan membagikan cara membuat tempat tidur multifungsi dengan model kasur dan lemari jadi satu. Jadi Pins tidak perlu memiliki lemari dalam kamar yang hanya akan memakan tempat dan membuat ruang menjadi semakin sempit.

Adapun beberapa alat dan bahan yang kamu perlukan dalam pembuatan ranjang multifungsi ini, antara lain:

  • Kayu lapis atau papan kayu dengan ketebalan yang besar
  • Gergaji
  • Meteran
  • Pensil
  • Baut
  • Amplas
  • Bor
  • Setrika

Model kasur dan lemari jadi satu ini akan dibuat dengan sederhana namun memiliki fungsi yang sangat membantu kamu supaya kamar lebih lega. Jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan di atas sebelum memulai proses pembuatan ranjang multifungsi ini.

Baca juga:

Cara Membuat Tempat Tidur Multifungsi

(Pinterest)

Dalam membuat tempat tidur multifungsi, diperlukan kesabaran dan kreativitas. Oleh karena itu, Pins perlu berhati-hati dalam mendesain tempat tidur. Kamu perlu menyesuaikan desain dan fungsi serta luas ruangan agar masuk dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut cara membuat tempat tidur multifungsi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Buat Rancangan Desain Tempat Tidur

cara membuat tempat tidur multifungsi

(Pinterest)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat tempat tidur multifungsi ini adalah merancang desain tempat tidur. Hal ini guna memudahkan kamu dalam proses pembuatan. Desain yang kamu rancang ini akan menjadi acuan pembuatan, sehingga penting untuk membuat desain secara matang dan jelas. 

Jangan lupa sesuaikan ukuran tempat tidur dan lemari dengan luas kamar agar mudah di letakkan di dalam kamar. Pertimbangkan juga model pintu-pintu lemari yang dapat memudahkan kamu dalam mengambil baju.

Baca juga:

Ukur dan Potong Papan Kayu

(Pinterest)

Jika sudah selesai merancang desain, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengukur papan kayu. Sesuaikan ukuran menjadi beberapa potongan yang nantinya akan disusun membentuk rangka kasur dan lemari jadi satu sesuai rancangan desain kamu. 

Setelah diukur dan diberi tanda menggunakan pensil, Pins bisa langsung memotongnya dengan gergaji. Potonglah papan kayu dengan rapi agar rangka ranjang multifungsi kamu memiliki tampilan yang bagus.

Haluskan Permukaan Kayu

cara membuat tempat tidur multifungsi

(Pinterest)

Jika papan kayu telah dipotong, maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan permukaan kayu. Hal ini guna menghilangkan permukaan kayu yang kasar. Selain itu, dengan menghaluskan permukaan papan kayu dapat mempermudah proses pengecatan kasur. Gunakanlah amplas dalam proses penghalusan ini supaya mempercepat kerja kamu dalam proses ini.

Baca Juga:

Panaskan Permukaan Sisi-Sisi Ujung Kayu

(Pinterest)

Mungkin banyak dari Pins yang kebingungan penggunaan setrika saat membaca alat dan bahan yang diperlukan dalam cara membuat tempat tidur multifungsi ini. Setrika digunakan untuk memanaskan permukaan sisi-sisi ujung kayu sehingga serat-serat kayu dapat merekat dengan baik. Pemanasan ini juga berguna menghilangkan serat kayu yang biasanya terdapat pada ujung-ujung kayu karena tidak terkena amplas.

Lubangi Papan Kayu

cara membuat tempat tidur multifungsi

(Pinterest)

Langkah selanjutnya adalah melubangi papan kayu. Dalam tahap ini kamu memerlukan bor untuk mempermudah pekerjaan kamu. Lubangi papan kayu sesuai dengan desain yang telah kamu rancang. Berhati-hatilah jangan sampai mata bor mengenai tangan. Pastikan bahwa permukaan kayu yang kamu bor telah benar dan sesuai agar tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga:

Rakit Papan Kayu Menjadi Kesatuan

(Pinterest)

Setelah melubangi papan kayu, hal yang perlu kamu lakukan adalah merakit papan kayu menjadi kesatuan ranjang multifungsi yang telah kamu rancang. Tempatkan setiap posisi sesuai dengan tempatnya dan satukan antar papan kayu menggunakan sekrup atau baut. Pastikan sekrup atau baut dipasang dengan kencang agar tempat tidur dapat kokoh dan kuat ketika ditiduri dan diisi dengan baju atau barang lainnya.

Cat Tempat Tidur Multifungsi

cara membuat tempat tidur multifungsi

(Pinterest)

Jika seluruh tahap telah selesai dilakukan, Pins bisa melanjutkannya dengan mengecat tempat tidur multifungsi yang telah kamu buat. Gunakan warna yang kamu inginkan. Jika kamu ingin menggunakan warna asli pada papan kayu, Pins bisa menyemprotkan pernis atau pelitur kayu sehingga membuat tampilan warna kayu menjadi lebih cantik dan mengkilap. Setelah itu jemput tempat tidur hingga cat mengering.

Itulah beberapa tahapan cara membuat tempat tidur multifungsi yang dapat kamu tiru di rumah. Semoga dengan informasi di atas dapat menginspirasi kamu untuk menggunakan tempat tidur multifungsi supaya menghemat ruangan di rumah.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download