Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Seperti Apa Sih Kamar Tidur yang Baik Itu? Yuk Tengok Penjelasannya!

Properti

Seperti Apa Sih Kamar Tidur yang Baik Itu? Yuk Tengok Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Dalam suatu rumah, kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat, tapi juga tempat untuk berbicara dari hati ke hati. Bahkan tak jarang sebagian dari generasi Milenials yang lebih memilih untuk belajar dan bekerja di kamar tidurnya. Kebutuhan akan tempat tidur yang tak hanya memenuhi fungsi pun meningkat. Jadi sebenarnya, seperti apa sih desain kamar tidur yang baik itu?

Nilai, fungsi dan keamanan. Tiga hal terpenting itulah yang harus dipenuhi pada suatu kamar tidur terbaik. Seperti yang kita semua tahu, nilai sebuah rumah akan semakin meningkat saat jumlah kamar tidurnya pun banyak. Tak jarang pihak penjual melabeli banyak ruang sebagai kamar tidur di rumah yang akan dijual karena ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Fungsi keamanan pada kamar tidur

Sebuah kamar tidur sebaiknya tidak hanya memiliki satu jalan keluar masuk saja. Akan jauh lebih baik jika ada jendela yang menghadap keluar. Jarak terbaik dari jendela kamar atas ke bawah adalah jarak aman dimana sang penghuni kamar masih bisa menyelamatkan diri keluar jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, kebocoran gas atau berbagai kejadian atau musibah lainnya yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadinya.

Untuk kamar tidur sang buah hati, ada baiknya letak jendela agak diletakkan di posisi tinggi untuk menghindari anak terjungkal ke bawah. Selain itu, perlu dipasang partisi pengaman tambahan agar anak tetap aman. Agar aman, jangan menempatkan ruangan yang dipenuhi berbagai alat berat atau menjadikannya sebagai tempat penyimpanan persis diatas kamar tidur. Hal ini penting agar jika sewaktu-waktu terjadi gempa ataupun berbagai musibah lainnya, benda-benda berat ini tidak dapat membahayakan si pengguna kamar.

Nilai dan fungsi praktis dari tempat tidur

Meskipun memang banyak agen penjual rumah yang melabeli ruangan tertentu sebagai kamar tidur, kita sebagai konsumen pun harus jeli meneliti layout dari masing-masing ruangan yang akan dibeli. Dalam suatu kamar tidur yang baik, paling tidak harus ada satu pintu yang berfungsi dengan baik, jendela dengan ukuran yang besar serta memadai dan juga peletakannya yang sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh proses pergantian udara bisa terjamin dan berjalan dengan baik.

kamar tidur yang baik
Peletakan tempat tidur harus strategis agar konfigurasi kamarmu lebih efektif.

Agar bisa nyaman ditinggali, kamar tidur pun harus memenuhi beberapa kriteria. Dari mulai pintu keluar masuk, jendela dan juga lemari. Ventilasi yang baik dan kelengkapan furnitur kamar tidur tentunya menjadi kunci bahwa kamar tersebut tidak hanya aman untuk ditinggali, tapi juga menawarkan kenyamanan dan akan membuatmu betah berada didalamnya berlama-lama.

Nah, setelah Pins memahami kriteria apa saja yang dibutuhkan tempat tidur. Kini saatnya Pins mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan kamar tidur impian. Mengingat sampai saat ini, kamar tidur merupakan ruang yang paling personal dibandingkan dari berbagai ruangan yang ada di dalam rumah. Di kamar tidur lah kita bisa mengekspresikan kecintaan kita pada suatu warna, mengekspresikan perasaan hingga memamerkan koleksi dan hobinya pada orang lain.

Ambil pena dan kertas, kemudian catatlah beberapa poin dan tips yang akan kita jabarkan nih Pins:

1. Ekspresikan dirimu dan pilihlah warna yang personal
Berbeda dari ruangan lainnya di rumah, sebaiknya Pins menghindari warna-warna bold dan primer untuk kamar tidur. Hal ini malah akan membuat adrenalin Pins tetap naik sehingga sulit untuk bisa benar-benar tidur nyenyak. Untuk kamar tidur, sebaiknya pilih warna-warna yang menenangkan atau warna-warna monokrom.

kamar tidur yang baik
Beach, please! Kalau kamarnya kaya gini, tiap hari jadi serasa liburan, kan?

Warna biru, lavender ataupun hijau bisa Pins jadikan pilihan karena kesan tenang dan damai yang dimiliki oleh warna-warna tersebut. Warna yang kalem akan menenangkan mood kita sehingga Pins bisa merasa lebih nyaman saat berada di dalam kamar tidur.

2. Jangan abaikan langit-langit kamarmu
Langit-langit kamar bisa dibilang sebagai dinding kelima dari kamarmu, karena ketika Pins berbaring di atas tempat tidur, apakah yang pertama kali Pins lihat? Tentu langit-langit kamar kan. Agar tak terkesan membosankan namun tetap tidak berlebihan dan mencolok, Pins bisa memberikan aksen sederhana seperti pola minimalis dan aksen warna cat yang lembut. Kalau kedua hal ini tidak memungkinkan, Pins bisa mengecat langit-langit kamar dengan 1 tingkat lebih lembut dari warna-warna sebelumnya. Hal ini tentunya akan memberikan kesan nyaman dan intim pada kamar tidur milikmu. Jika Pins mendambakan kamar tidur yang elegan dan mewah, Pins bisa menambahkan kanopi ataupun chandelier untuk menambahkan tekstur desain ke dalam kamar tidur tanpa harus terasa “berlebihan”.

kamar tidur yang baik
Supaya tidak monoton, lampu-lampu gemas ini bisa dipasang di kamarmu. Jadi seolah tidur beratapkan bintang-bintang!

3. Jaga agar kamar tidur tetap terlihat simpel
Untuk urusan gaya desain, mungkin kamar tidur minimalis bisa dibilang pilihan yang terbaik Pins. Entah itu ke arah elegan atau kenyamanan, gaya minimalis bisa dibilang paling cocok untuk kamar kita karena kita membutuhkan banyak ruang gerak dan juga agar pikiran kita tidak menjadi “sibuk” dan bisa beristirahat. Sebaiknya minimalisir furniture berukuran besar, karena akan membuat ruangan terasa penuh. Pins membutuhkan ruang yang cukup untuk bergerak, paling tidak di satu titik dimana Pins bisa shalat, belajar di lantai, bersantai membaca komik ataupun sekedar tidur rebahan main game.

kamar tidur yang baik
Walaupun detail, dekorasi kamar sebaiknya dijaga agar tetap simpel.

Untuk urusan dekorasi tempat tidur, usahakan seminimalis mungkin. Entah itu pajangan seni, foto keluarga, aksen bunga atau lilin juga sudah cukup loh.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Tempat Tidur yang Bikin Kamu Betah di Kamar

4. Miliki tempat penyimpanan khusus
Kenapa penting? Karena Pins perlu menghindari kebiasaan menaruh barang sembarangan, dan menempatkan tempat penyimpanan khusus sesuai dengan kebutuhan Pins sehari-hari. Jika kamar tidur Pins berantakan, mood kita juga bisa terpengaruh lho! Kalau bisa tata tempat penyimpanan ini agar tidak terlalu kentara dan menjaga nilai estetis kamar tidur. Kamar tidur yang bersih dan rapi akan menimbulkan kesan tenang dan nyaman.

5. Perlunya pengadaan tempat spesial
Kamar tidur merupakan tempat Pins berekspresi dan mendapatkan privasi, jadi wajar untukmu membuat sudut khusus. Sudut khusus ini bisa Pins gunakan untuk sekedar santai, duduk membaca, bekerja, berkreasi ataupun sekedar bermalas-malasan saja. Lebih bagus lagi kalau sudut khusus ini ditempatkan di dekat jendela. Bisa jadi sambil melihat pemandangan atau aktivitas dunia luar, asyik juga loh. Apalagi kalau saat di malam hari, Pins bisa sambil melihat langit malam dan indahnya bulan, wah wah, bisa jadi puitis nih tiba-tiba.


Nah, itu dia beberapa tips dan hal yang Pins harus ketahui tentang kamar tidur di rumah. Semoga membantu ya, tips-tips yang kita berikan sangat mudah dan bisa banget untuk Pins terapkan loh. Jadi, jangan takut dan malas untuk mencoba ya, siapa tahu Pins jadi lebih betah di kamar dan bisa menghasilkan suatu karya seru!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel