BlogPemilik PropertiDesain HunianBagaimana Desain Kamar Tidur yang Baik? Berikut Penjelasannya!
0
0

Bagaimana Desain Kamar Tidur yang Baik? Berikut Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 19, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
desain kamar tidur yang baiktop-right-banner

Dalam suatu rumah, kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat, tapi juga tempat untuk berbicara dari hati ke hati. Bahkan tak jarang sebagian dari generasi Milenials yang lebih memilih untuk belajar dan bekerja di kamar tidurnya. Lalu, bagaimana desain kamar tidur yang baik itu?

Pinhome – kebutuhan akan tempat tidur yang tak hanya memenuhi fungsi pun meningkat. Jadi sebenarnya, seperti apa sih desain kamar tidur yang baik itu? Termasuk berdasarkan fungsi dan keamanan serta kenyamanannya.

Baca Juga:

Bagaimana Desain Kamar Tidur yang Baik?

Nilai, fungsi, dan keamanan. Tiga hal terpenting itulah yang harus dipenuhi pada suatu kamar tidur terbaik. Seperti yang kita semua tahu, nilai sebuah rumah akan semakin meningkat saat jumlah kamar tidurnya pun banyak. Berikut selengkapnya:

Fungsi keamanan Pada Kamar Tidur

desain kamar tidur yang baik

Sebuah kamar tidur sebaiknya tidak hanya memiliki satu jalan keluar masuk saja. Akan jauh lebih baik jika ada jendela yang menghadap keluar. Jarak terbaik dari jendela kamar atas ke bawah adalah jarak aman dimana sang penghuni kamar masih bisa menyelamatkan diri keluar.

Untuk kamar tidur sang buah hati, ada baiknya letak jendela agak diletakkan di posisi tinggi untuk menghindari anak terjungkal ke bawah. Selain itu, perlu dipasang partisi pengaman tambahan agar anak tetap aman. Agar aman, jangan menempatkan ruangan yang dipenuhi berbagai alat berat atau menjadikannya sebagai tempat penyimpanan persis diatas kamar tidur.

Baca Juga: 

Nilai dan Fungsi Praktis Dari Tempat Tidur

Meskipun memang banyak agen penjual rumah yang melabeli ruangan tertentu sebagai kamar tidur, kita sebagai konsumen pun harus jeli meneliti layout dari masing-masing ruangan yang akan dibeli. Dalam suatu kamar tidur yang baik, paling tidak harus ada satu pintu yang berfungsi dengan baik, jendela dengan ukuran yang besar serta memadai dan juga peletakannya yang sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh proses pergantian udara bisa terjamin dan berjalan dengan baik.

Agar bisa nyaman ditinggali, kamar tidur pun harus memenuhi beberapa kriteria. Dari mulai pintu keluar masuk, jendela dan juga lemari. Ventilasi yang baik dan kelengkapan furnitur kamar tidur tentunya menjadi kunci bahwa kamar tersebut tidak hanya aman untuk ditinggali, tapi juga menawarkan kenyamanan dan akan membuatmu betah berada didalamnya berlama-lama.

Baca Juga: 

Tips Membuat Kamar Tidur Impian

Nah, setelah Pins memahami kriteria apa saja yang dibutuhkan tempat tidur. Kini saatnya Pins mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan kamar tidur impian. Mengingat sampai saat ini, kamar tidur merupakan ruang yang paling personal dibandingkan dari berbagai ruangan yang ada di dalam rumah.

1. Ekspresikan Dirimu dan Pilih Warna yang Personal

desain kamar tidur yang baik

Berbeda dari ruangan lainnya di rumah, sebaiknya Pins menghindari warna-warna bold dan primer untuk kamar tidur. Hal ini malah akan membuat adrenalin Pins tetap naik sehingga sulit untuk bisa benar-benar tidur nyenyak. Untuk kamar tidur, sebaiknya pilih warna-warna yang menenangkan atau warna-warna monokrom.

Warna biru, lavender ataupun hijau bisa Pins jadikan pilihan karena kesan tenang dan damai yang dimiliki oleh warna-warna tersebut. Warna yang kalem akan menenangkan mood kita sehingga Pins bisa merasa lebih nyaman saat berada di dalam kamar tidur.

Baca Juga: 

2. Jangan Abaikan Langit-Langit Kamarmu

Langit-langit kamar bisa dibilang sebagai dinding kelima dari kamarmu, karena ketika Pins berbaring di atas tempat tidur, apakah yang pertama kali Pins lihat? Tentu langit-langit kamar kan. Agar tak terkesan membosankan namun tetap tidak berlebihan dan mencolok, Pins bisa memberikan aksen sederhana seperti pola minimalis dan aksen warna cat yang lembut.

Kalau kedua hal ini tidak memungkinkan, Pins bisa mengecat langit-langit kamar dengan 1 tingkat lebih lembut dari warna-warna sebelumnya. Hal ini tentunya akan memberikan kesan nyaman dan intim pada kamar tidur milikmu. Jika Pins mendambakan kamar tidur yang elegan dan mewah, Pins bisa menambahkan kanopi ataupun chandelier untuk menambahkan tekstur desain ke dalam kamar tidur tanpa harus terasa “berlebihan”.

Baca Juga: 

3. Jaga Agar Kamar Tidur Tetap Terlihat Simpel

desain kamar tidur yang baik

Untuk urusan gaya desain, mungkin kamar tidur minimalis bisa dibilang pilihan yang terbaik Pins. Entah itu ke arah elegan atau kenyamanan, gaya minimalis bisa dibilang paling cocok untuk kamar kita karena kita membutuhkan banyak ruang gerak dan juga agar pikiran kita tidak menjadi “sibuk” dan bisa beristirahat.

Sebaiknya minimalisir furniture berukuran besar, karena akan membuat ruangan terasa penuh. Pins membutuhkan ruang yang cukup untuk bergerak, paling tidak di satu titik dimana Pins bisa shalat, belajar di lantai, bersantai membaca komik ataupun sekedar tidur rebahan main game.

Baca juga:

4. Miliki Tempat Penyimpanan Khusus

Kenapa penting? Karena Pins perlu menghindari kebiasaan menaruh barang sembarangan, dan menempatkan tempat penyimpanan khusus sesuai dengan kebutuhan Pins sehari-hari. Jika kamar tidur Pins berantakan, mood kita juga bisa terpengaruh lho! Kalau bisa tata tempat penyimpanan ini agar tidak terlalu kentara dan menjaga nilai estetis kamar tidur. Kamar tidur yang bersih dan rapi akan menimbulkan kesan tenang dan nyaman.

5. Perlunya Pengadaan Tempat Spesial

desain kamar tidur yang baik

Kamar tidur merupakan tempat Pins berekspresi dan mendapatkan privasi, jadi wajar untukmu membuat sudut khusus. Sudut khusus ini bisa Pins gunakan untuk sekedar santai, duduk membaca, bekerja, berkreasi ataupun sekedar bermalas-malasan saja. Lebih bagus lagi kalau sudut khusus ini ditempatkan di dekat jendela.

Bisa jadi sambil melihat pemandangan atau aktivitas dunia luar, asyik juga loh. Apalagi kalau saat di malam hari, Pins bisa sambil melihat langit malam dan indahnya bulan, wah wah, bisa jadi puitis nih tiba-tiba.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download