Pinhome

Ini Saatnya Makeover Kamar Tidur Kamu!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Makeover kamar tidur – Kamar tidur merupakan ruangan yang unik dibandingkan ruangan lainnya di seisi rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat melepas lelah, kamar tidur juga tempat mengekspresikan diri.

Untuk mendapatkan tempat tidur yang sempurna pun, dibutuhkan banyak penataan yang apik dengan nilai fungsional dan estetis yang tinggi. Memang membutuhkan usaha, tapi bukan suatu hal yang mustahil dilakukan kok, Pins.

Kamar tidur yang baik tidak hanya memenuhi fungsinya tapi juga menawarkan kenyamanan dan nilai estetik yang tinggi. Apalagi sebenarnya kalau mau dihitung, kita lebih banyak menghabiskan waktu di kamar tidur.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Modern

Makeover Kamar Tidur

Bisa dibilang, sepertiga hidup kita dihabiskan di kamar tidur, meski itu bukanlah untuk tidur saja, tapi juga untuk berkreasi, bekerja, mencurahkan isi hati, menonton dan menghabiskan waktu luang.

Jadi tak berlebihan rasanya kalau kita menyatakan Pins memerlukan desain kamar tidur yang terbaik untuk mengatur kamar tidur di rumah sendiri.

Untuk mewujudkan keinginan itulah, Pins perlu mempelajari berbagai tips dan trik yang bisa diterapkan di kamar tidurmu. Goal sejati dari kamar tidur yang sempurna adalah menyeimbangkan fungsi sekaligus gaya desain dari kamar mandi itu sendiri, beberapa diantaranya adalah:

Baca juga: Simak Apa Saja Dekorasi Kamar Tidur Supaya Kamar Kamu Unik

1. Pemilihan warna cat yang tepat

Memilih warna cat yang tepat untuk kamar tidur biasanya dijadikan pertimbangan dan langkah pertama saat seseorang hendak merenovasi ataupun membuat kamar tidur baru.

Pemilihan warna cat yang tepat biasanya akan memastikan Pins untuk tetap mendapatkan sinar matahari pagi, mendukung aktivitas kreatif dan membantumu merelaksasi badan.

Untuk bisa mendapatkan efek itu, Pins tidak perlu mengecat seluruh dinding dengan warna putih karena masih banyak pilihan warna yang bisa dipakai meskipun itu terlihat sebagai cara yang mudah.

Tapi kalau mengecat hanya cat warna putih saja, otomatis kamar Pins tidak memperlihatkan kreativitas tinggi yang Pins miliki. Kalau Pins menginginkan suasana kamar tidur yang berbeda, Pins bisa mengecat kamar dengan menggunakan cat warna abu-abu.

Warna pink juga bisa Pins jadikan pilihan lho, warna ini tidak selamanya berarti girly dan terlalu “cewek”, kuncinya ada pemilihan warna pink, sebisa mungkin pilihlah warna pink yang lembut dan tidak mencolok warna sehingga tetap bisa memberikan efek tenang dan kamarmu tetap bisa tampil elegan.

Kombinasi brilian antara cat dengan dekorasi kamar tidur juga sangat menentukan apakah kamar tidur dengan warna pink bisa menjadi feminism atau netral. Kalau Pins tidak menginginkan kesan feminin, Pins bisa memilih dekorasi ataupun furnitur kamar tidur dengan warna – warna hitam atau coklat tua.

Baca juga: 10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

2. Menggunakan wallpaper 

makeover kamar tidur

Saat ini motif dan desain dari wallpaper sudah semakin keren saja lho, Pins. Kalau Pins termasuk orang yang mudah bosan atau ingin tekstur dan desain baru pada kamarmu, memakai wallpaper sebagai pengganti cat bisa dijadikan pilihan cermat untuk makeover kamar tidur lama mu.

Lagipula, pemilihan wallpaper yang tepat akan lebih memanjakan mata, menambah tekstur dan meningkatkan kesan nyaman pada desain kamar tidur milikmu.

Apalagi kalau Pins menyukai gaya kamar tidur minimalis, pemakaian wallpaper akan menghias kamar dengan cantiknya tanpa harus menambah detail dekorasi apapun. Pins hanya perlu memilih pola sederhana dan minimalis, sekedar cukup untuk menambahkan tekstur pada dinding.

Sebaliknya, jika Pins menginginkan desain yang bold, Pins perlu memilih wallpaper dengan warna yang mencolok dan tegas ataupun dengan detail yang extraordinary.

Baca juga: Motif Wallpaper Kamar Tidur yang Punya Banyak Penggemar

3. Merencanakan layout desain kamar tidur

Merencanakan layout kamar kidur merupakan salah satu aspek paling penting saat Pins ingin memiliki kamar tidur yang sempurna.

Saat membuat layout inilah, Pins akan tahu pembagian ruang yang tepat untuk peletakan dekorasi, furnitur kamar tidur, jalur keluar masuk ataupun mengatur pencahayaan yang masuk ke dalam kamar.

makeover kamar tidur

Nah, saat akan menata layout kamar tidur, penting untuk menjadikan tempat tidur sebagai posisi sentral dari keseluruhan ruang. Jika Pins mempunyai kamar tidur yang luas, kita bisa memulai menata peletakan tempat tidur di posisi tengah sehingga Pins bisa memaksimalkan ruang dan membebaskan kreativitas.

Namun, apabila ruangan kamar tidur Pins terbatas, tak usah berkecil hati, cukup memposisikan tempat tidur ke posisi pojok, maka Pins akan memiliki ruang lebih untuk menaruh furnitur ataupun mendekorasi kamar.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan tinggi langit-langit kamar ya, Pins. Kalau langit-langit Pins tidak terlalu tinggi, hindari furnitur berukuran besar dan tinggi, agar tidak terlalu terlihat penuh.

Sebaliknya, jika langit-langit kamarmu tinggi, cobalah memilih furnitur dengan warna gelap agar memberikan tambahan tekstur yang pas pada kamar tidurmu.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Tempat Tidur yang Bikin Kamu Betah di Kamar

4. Pilihlah furnitur kamar tidur yang praktis dan stylish

Pertimbangan pertama setelah Pins selesai merencanakan layout dan menentukan warna cat kamar tidur adalah memilih furnitur. Pilihan furnitur biasanya disesuaikan dengan bentuk dari kamar tidur yang Pins miliki.

Apakah pas berbentuk kotak atau persegi panjang, ataukah bentuknya lebih unik lagi? Untuk mengisi kamar tidur, sebenarnya ada baiknya untuk membeli furnitur dalam set sendiri.

Jadi ada kesinambungan desain dan fungsi antara meja, kursi, tempat tidur, lemari pakaian ataupun tempat penyimpanan di kamar tidurmu.

Kalau hal ini tidak memungkinkan, sebaiknya pilih furnitur ataupun dekorasi yang memiliki kemiripan tone warna dan detail desainnya. Sebagai tambahan, ada baiknya kalau Pins memilih perlengakapan dan furnitur yang memiliki fungsi ganda.

Khusus untuk Pins yang kamarnya kecil, bisa dicoba untuk membeli furnitur ataupun dekorasi yang berwarna lembut dan tidak terlalu banyak memiliki detail agar membuat kamar Pins jadi terlihat lebih luas, lebih nyaman dan juga lebih terang.

Ada baiknya juga memilih lemari pakaian dengan detail desain kaca dibagian luar agar ia bisa merefleksikan kamarmu sehingga jadi terlihat semakin besar.

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kamar Tidur

5. Hidupkan kamarmu dengan dekorasi menarik

Tak peduli kamar Pins kecil atau besar, sentuhan dekorasi sesimpel apa saja bisa mempengaruhi suasana di kamar tidurmu loh. Pada tahap ini, pemilihan detail aksesori dan dekorasi untuk kamar tidurmu benar – benar tergantung pada selera seni dan jumlah budget yang Pins miliki.

Sebisa mungkin tempatkan pendanaan pada karpet berkualitas tinggi agar kamar tidur Pins bisa terlihat elegan dalam waktu singkat, jangan ragu untuk menambahkan lapisan tempat tidur dan jumlah bantal ekstra.

Untuk menambahkan nilai kenyamanan, pajang foto yang menampilkan berbagai momen dan memori berkesan di hidupmu, tambahkan beberapa tanaman hias agar tercipta suasana alami yang seimbang di dalam kamarmu.

Itu dia 5 tips makeover kamar tidur agar tidak lagi menjadi membosankan, Pins. Kuncinya ada di ketekunan kita saat membuat perencanaan layout, kecermatan memilih jenis dan model furnitur, memilih warna cat yang cocok dan selera seni artsy kita saat akan memilih dekorasi kamar tidur. Semoga berhasil ya, Pins!

Baca juga: 

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel