BlogPemilik PropertiDesain HunianPosisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Faktanya!
0
0

Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Faktanya!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak hanya posisi tubuh ataupun jenis bantal yang dipakai untuk membuat tidur kamu nyaman. Posisi tempat tidur pun ternyata memerlukan letak yang tepat agar kualitas tidur lebih baik. Namun tidak hanya itu saja, posisi tempat tidur juga berpengaruh kepada kesehatan tubuh. Jadi, posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana?

Sebelum mengetahui posisi tempat tidur yang baik, jangan lupa untuk unduh dan instal aplikasi Pinhome. Temukan rekomendasi rumah bekas di Kab Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Pinhome juga menerbitkan list Rumah Ekslusif yang dekat dengan sarana pendidikan seperti Universitas Muhammadiyah Bandung.

Posisi Kasur untuk Tidur Menurut Islam

Posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana jika dilihat dari sudut pandang Islam? Sebenarnya posisi tempat tidur yang baik bisa dilihat dari kebiasaan Nabi Muhammad.

Rasulullah suka meletakan hal baik di sebelah kanan termasuk juga posisi kasur. Ada baiknya tidur menghadap kiblat dalam agama Islam. Tidur terlentang yang mana atas tengkuk kepala, wajah, dan kedua lekuk kaki dihadapkan pada kiblat.

Bagi laki-laki posisi ini mubah dilakukan dan perempuan disebut makruh. Tidur sunnah dengan bertumpu pada bagian kanan sesuai dengan posisi orang meninggal di liang lahad. Jika tidur miring ke kanan maka tidur menghadap kiblat dan menghindari langsung menghadap ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca juga: Desain Tempat Tidur Minimalis

Tips Mengatur Posisi Tempat Tidur yang Baik

Beberapa tips terlampir akan membantu Pins untuk mempermudah dalam penentuan letak posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana. Jadi, setelahnya Pins tidak akan asal geser atau menempatkan tempat tidur dalam posisi yang hanya beralasan bagus dipandang.

1. Jangan Menempel ke Dinding Berpintu

Source : Unsplash/edellebruton

Penempatan bangunan, baik dalam segi tata letak, warna yang dipakai, hingga interior di dalamnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, tidak sedikit pula yang mempercayai tata letak dalam ilmu feng shui yang memang terkenal sejak dahulu.

Ilmu yang berasal dari Tionghoa ini, memberikan pandangan baik mengenai tata cara mengatur ruang, benda, hingga lingkungan dalam suatu keselarasan dan keseimbangan yang membawa kedamaian. Lantas, bagaimana dengan posisi tempat tidur yang baik jika dicek dari ilmu feng shui?

Menurut feng shui, sebaiknya meletakan posisi tempat tidur tidak berdekatan dengan dinding yang mempunyai pintu. Hal ini membawa efek tidak baik bagi kesehatan.

Secara tidak langsung Pins akan sering bangun dari efek pintu yang tidak sengaja dibuka oleh seseorang. Tidur kamu akan terganggu tentunya, itulah mengapa tips satu ini paling baik disarankan apalagi untuk kamu yang tidak tinggal sendiri dalam satu hunian.

Baca juga: Simak Apa Saja Dekorasi Kamar Tidur Supaya Kamar Kamu Unik

2. Hindari Penempatan di Bawah Jendela

Source : Unsplash/shopslo

Posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana jika ada ventilasi dalam kamar tersebut? Jawabannya, usahakan posisi tempat tidur tidak diletakan di sisi yang menempel dengan jendela, apalagi sisi tersebut adalah bagian kepala untuk tidur. Energi chi atau energi negatif yang datang dari luar akan masuk lewat ventilasi udara.

Contohnya seperti suara bising, cahaya terang, hewan-hewan yang tidak diinginkan maupun bayangan. Gangguan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur. Itulah mengapa lebih baik ditempatkan pada arah berlawanan dari pintu maupun jendela.

3. Menghadap ke Barat Daya

Source : Unsplash/spacejoy

Arah tepat untuk posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana adalah arah barat daya. Menurut Islam, arah satu ini mengacu kepada arah kiblat.

Dengan kepala menghadap kiblat dan posisi kaki pada arah sebaliknya, membuat tidur lebih nyaman dan tenang. Hal ini juga mengacu kepada ajaran tidur Rasulullah SAW yang mengusahakan ke arah kiblat dengan posisi tidur miring dengan kepala menghadap ke kanan.

Baca juga: 6 Model Beserta Harga Pintu Kamar Tidur Yang Menarik dan Unik!

4. Tempat Tidur Berada di Tengah

posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana
Source : Unsplash/spacejoy

Posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana jika ingin keleluasaan bergerak? Menempatkan posisi tempat tidur agar berada di tengah adalah hal terbaik. Hal tersebut dikarenakan posisi tersebut memudahkan untuk kamu bergerak dari posisi tidur yang nyaman.

Itulah mengapa sebaiknya letak tempat tidur tidak berada pada sudut ruang ataupun berada persis di sebelah dinding. Usahakan untuk memberi ruang di sisi kiri dan kanan tempat tidur dan membuatnya berada di posisi tengah pada dinding terpanjang.

5. Jauhkan Dari Kamar Mandi atau Dapur

Source : Unsplash/sanibellbv

Sebaiknya posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana jika dekat kamar mandi? Kamar mandi yang menjadi tempat berkumpulnya banyak bakteri ini sebaiknya dijauhkan dari area tempat tidur.

Maka dari itu disarankan agar posisi tempat tidur tidak berdekatan dengan kamar mandi maupun bersebelahan dengan dinding dapur. Untuk dapur sendiri terkait dengan permasalahan insomnia yang makin terganggu dengan bising yang berasal dari dapur.

6. Posisi Tempat Tidur Untuk Kamar Anak

posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana
Source : Unsplash/BlakeWoolwine

Nah, untuk posisi tempat tidur yang baik untuk kamar anak, disarankan ke arah timur. Mengapa demikian? Posisi tersebut dipercaya dapat meningkatkan memori, tingkat kecerdasan dan konsentrasi yang baik pada anak. Itulah mengapa posisi kepala tempat tidur yang menghadap ke timur dipercaya baik untuk anak. 

Pins pasti paham bahwa anak kecil pada masa pertumbuhan membutuhkan stimulasi terbaik sejak dini, maka dari itu membantu mereka untuk mengoptimalkan fungsi otak menjadi salah satu pilihan terbaik. Salah satunya dengan memperbaiki posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana.

Apa Pins juga sudah membuktikan posisi tempat tidur yang baik jika ada cermin pada kamar anak? Sebaiknya cermin tidak ditempatkan pada kamar tidur yang memantulkan penghuni saat sedang tidur. Memantulkan tubuh ke cermin akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Menentukan letak posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana memang bisa Pins siasati. Hal yang paling penting adalah melihat dari pandangan yang berbeda yang tentunya bertujuan dengan kebaikan apalagi terkait dengan kesehatan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Kamar Tidur yang Mudah untuk Newbie

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download