Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Jawabannya!

Pinhome

Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap Kemana? Ini Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Tidak hanya posisi tubuh ataupun jenis bantal yang dipakai untuk membuat tidur kamu nyaman. Posisi tempat tidur pun ternyata memerlukan letak yang tepat agar kualitas tidur lebih baik. Namun tidak hanya itu saja, posisi tempat tidur juga berpengaruh kepada kesehatan tubuh. Jadi, posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana?

Pinhome – Di dalam ulasan artikel di bawah ini, Pinhome akan memberikan jawaban atas pertanyaan mengenai posisi tempat tidur yang baik. Posisi tersebut bisa dipengaruhi beberapa hal dan tentunya tidak bisa dikesampingkan. Dengan mengikuti beberapa penjelasan di bawah ini, kamu dan keluarga dapat istirahat dengan nyaman dan tentunya dalam posisi yang benar. Langsung saja yuk simak posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana di bawah ini!

Baca Juga: Desain Tempat Tidur Minimalis

Tips Mengatur Posisi Tempat Tidur yang Baik

Beberapa tips terlampir akan membantu Pins untuk mempermudah dalam penentuan letak posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana. Jadi, setelahnya Pins tidak akan asal geser atau menempatkan tempat tidur dalam posisi yang hanya beralasan bagus dipandang.

Tidak Disarankan Menempel Tempat Tidur dengan Dinding Berpintu

(Unsplash/edellebruton)

Penempatan bangunan, baik dalam segi tata letak, warna yang dipakai, hingga interior di dalamnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, tidak sedikit pula yang mempercayai tata letak dalam ilmu feng shui yang memang terkenal sejak dahulu. Ilmu yang berasal dari Tionghoa ini, memberikan pandangan baik mengenai tata cara mengatur ruang, benda, hingga lingkungan dalam suatu keselarasan dan keseimbangan yang membawa kedamaian. Tidak terkecuali untuk penempatan posisi tempat tidur yang baik.

Menurut feng shui, sebaiknya meletakan posisi tempat tidur tidak berdekatan dengan dinding yang mempunyai pintu. Hal ini membawa efek tidak baik bagi kesehatan. Secara tidak langsung Pins akan sering bangun dari efek pintu yang tidak sengaja dibuka oleh seseorang. Tidur kamu akan terganggu tentunya. Itulah mengapa tips satu ini paling baik disarankan apalagi untuk kamu yang tidak tinggal sendiri dalam satu hunian.

Hindari Penempatan Kepala Tempat Tidur di Bawah Jendela

(Unsplash/shopslo)

Begitu pula dengan jendela, usahakan posisi tempat tidur tidak diletakan di sisi yang menempel dengan jendela, apalagi sisi tersebut adalah bagian kepala untuk tidur. Energi chi atau energi negatif yang datang dari luar akan masuk lewat ventilasi udara. Contohnya seperti suara bising, cahaya terang, hewan-hewan yang tidak diinginkan maupun bayangan. Gangguan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur. Itulah mengapa lebih baik ditempatkan pada arah berlawanan dari pintu maupun jendela.

Posisi Tempat Tidur yang Baik Menghadap ke Barat Daya

(Unsplash/spacejoy)

Arah tepat untuk posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana adalah arah Barat Daya. Menurut Islam, arah satu ini mengacu kepada arah kiblat. Dengan kepala menghadap kiblat dan posisi kaki pada arah sebaliknya, membuat tidur lebih nyaman dan tenang. Hal ini juga mengacu kepada ajaran tidur Rasullah SAW yang mengusahakan ke arah kiblat dengan posisi tidur miring dengan kepala menghadap ke kanan.

Tempat Tidur Berada di Tengah Adalah Posisi Terbaik

posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana
(Unsplash/spacejoy)

Menempatkan posisi tempat tidur agar berada di tengah adalah hal terbaik. Hal tersebut dikarenakan posisi tersebut memudahkan untuk kamu bergerak dari posisi tidur yang nyaman. Itulah mengapa sebaiknya letak tempat tidur tidak berada pada sudut ruang ataupun berada persis disebelah dinding. Usahakan untuk memberi ruang di sisi kiri dan kanan tempat tidur dan membuatnya berada di posisi tengah pada dinding terpanjang.

Jauhkan Posisi Tempat Tidur Dari Kamar Mandi atau Dapur

(Unsplash/sanibellbv)

Seperti yang memang banyak diperbincangkan, kamar mandi yang menjadi tempat berkumpulnya banyak bakteri ini sebaiknya dijauhkan dari area tempat tidur. Maka dari itu disarankan agar posisi tempat tidur tidak berdekatan dengan kamar mandi maupun bersebelahan dengan dinding dapur. Untuk dapur sendiri terkait dengan permasalahan insomnia yang makin terganggu dengan bising yang berasal dari dapur.

Posisi Tempat Tidur yang Baik Untuk Kamar Anak

posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana
(Unsplash/BlakeWoolwine)

Nah, untuk posisi tempat tidur yang baik untuk kamar anak, disarankan ke arah Timur. Mengapa demikian? Posisi tersebut dipercaya dapat meningkatkan memori, tingkat kecerdasan dan konsentrasi yang baik pada anak. Itulah mengapa posisi kepala tempat tidur yang menghadap ke Timur dipercaya baik untuk anak. 

Pins pasti paham bahwa anak kecil pada masa pertumbuhan membutuhkan stimulasi terbaik sejak dini, maka dari itu membantu mereka untuk mengoptimalkan fungsi otak menjadi salah satu pilihan terbaik. Salah satunya dengan memperbaiki posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana. Apa Pins juga sudah membuktikannya? Lain hal lagi nih Pins dengan penempatan cermin, sebaiknya cermin tidak ditempatkan pada kamar tidur yang memantulkan penghuni saat sedang tidur. Memantulkan tubuh ke cermin akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Cukup sederhana dan mudah bukan tips-tipsnya?

Menentukan letak posisi tempat tidur yang baik menghadap kemana memang bisa Pins siasati. Hal yang paling penting adalah melihat dari pandangan yang berbeda yang tentunya bertujuan dengan kebaikan apalagi terkait dengan kesehatan. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Baca Juga: Simak Apa Saja Dekorasi Kamar Tidur Supaya Kamar Kamu Unik


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel