BlogPemilik PropertiFinansialBegini Cara Cek NOP PBB dengan Mudah Tanpa Ribet
0
0

Begini Cara Cek NOP PBB dengan Mudah Tanpa Ribet

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Nov 7, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara cek nop pbbtop-right-banner

Melakukan pengecekan NOP PBB merupakan langkah penting bagi setiap pemilik properti. Meskipun proses ini mungkin tampak rumit, namun sekarang Pins dapat melakukan pengecekan tersebut dengan cara cek NOP PBB yang lebih sederhana secara online.

Sebelum mengurus NOP PBB tentunya Pins harus memiliki properti terlebih dahulu. Ada properti menarik yang bisa Pins pertimbangakan di Rumah Ekslusif ini seperti Bali Resort Tangerang atau perumahan di Tangerang Selatan yang memiliki lingkungan asri.

Tidak hanya itu, ada rumah second di Kota Tangerang yang memiliki lokasi strategis sehingga mempermudah Pins dan keluarga untuk mengunjungi pusat perbelanjaan atau sarana lainnya.

Baca juga: 7 Pajak dan Biaya Selain NJOP Saat Jual Beli Rumah

Apa itu NOP PBB?

Source : Tribun Jambi – Tribunews

Nomor Objek Pajak (NOP) PBB adalah kode identifikasi yang diberikan kepada setiap objek properti yang dikenai pajak oleh pemerintah daerah. NOP PBB digunakan untuk mengidentifikasi lokasi dan detail properti tertentu dalam sistem perpajakan.

Dengan memahami kode-kode yang terkandung dalam NOP, pemilik properti dapat mengklasifikasi detail lokasi dan propertinya. Serta dapat mempermudah proses pemantauan dan pembayaran pajak secara efektif.

Nomor Objek Pajak (NOP) terdiri dari serangkaian angka sebanyak 18 digit. Sebuah angka pertama dan kedua menunjukkan kode wilayah provinsi. Biasanya angka ketiga dan keempat merupakan representasi kode wilayah kabupaten atau kota.

Angka kelima hingga ketujuh menggambarkan kode wilayah kecamatan. Angka kedelapan hingga kesepuluh mempresentasikan kode Kantor Pelayanan Pajak (KPP). 

Terakhir, angka kesebelas hingga kedelapan belas mengindikasikan rangkaian kode objek pajak. Kode objek pajak yang dimaksud adalah kode subsektor, jenis bumi, rincian, nomor urut, dan kode sektor objek.

Setiap digit dalam NOP memiliki peran yang jelas dalam mengidentifikasi lokasi dan detail spesifik dari properti yang bersangkutan dalam sistem perpajakan. Sehingga setiap bagian kode dalam NOP  mencerminkan informasi yang mendalam tentang properti secara rinci.

Mungkin Pins bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara cek NOP PBB yang mudah secara online? Berikut cara cek NOP PBB dengan mudah secara online. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Baca juga: Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Rumah PBB Online

Cara Cek NOP PBB Secara Online dengan Mudah

Source : Tribun Pontianak – Tribunnews

Inilah cara cek NOP PBB dengan mudah yang harus Pins pahami. Yuk, simak caranya dibawah ini! 

1. Akses Situs Resmi Pemerintah Daerah

Langkah pertama cara cek NOP PBB online adalah dengan mengunjungi situs resmi pemerintah daerah terkait. Di sana, Pins dapat menemukan berbagai informasi terkait pajak, termasuk informasi mengenai NOP PBB.

2. Pilih Opsi ‘Cek NOP PBB’

Setelah mengakses situs tersebut, cara cek NOP PBB selanjutnya adalah cari opsi yang untuk melakukan pengecekan NOP PBB. Biasanya, terdapat opsi pencarian atau cek status pajak yang memungkinkan Pins untuk memasukkan detail properti tertentu.

3. Masukkan Detail Properti

Pada langkah ini Pins perlu memasukkan informasi yang diminta, seperti nomor identifikasi properti, alamat, atau data lainnya. Karena dengan cara cek NOP PBB berdasarkan alamat properti atau data terkait properti lainnya Pins dapat menemukan NOP PBB yang tepat.

3. Lihat Hasil Pencarian

Setelah memasukkan informasi yang diminta, sistem akan menampilkan hasil pencarian yang berisi NOP PBB dari properti yang Pins cari. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti apakah informasi tersebut sesuai dengan detail properti yang dimaksud.

4. Verifikasi Kembali Informasi

Pastikan untuk memverifikasi kembali informasi yang ditampilkan dengan dokumen rumah atau properti yang Pins miliki. Pastikan tidak ada kesalahan yang dapat mempengaruhi validitas pengecekan NOP PBB.

5. Simpan Informasi dengan Baik

Setelah Pins mendapatkan NOP PBB yang benar, maka penting untuk Pins menyimpan informasi tersebut dengan baik. Karena informasi tersebut dapat berguna untuk proses pembayaran pajak bangunan dan transaksi properti di masa depan.

Melalui cara cek NOP PBB online diatas, sekarang Pins bisa melakukannya dengan mudah tanpa ribet. Pastikan Pins selalu menggunakan informasi yang valid dan terpercaya untuk memastikan kelancaran proses pengecekan. 

Baca juga: Simulasi Cara Menghitung Pajak Rumah dan Bangunan

Fungsi Penting NOP PBB

Source : RRI

Nomor Objek Pajak (NOP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) memiliki beberapa fungsi penting yang harus Pins ketahui. Yuk, simak apa saja fungsinya pada ulasan di bawah ini!

1. Identifikasi Properti

NOP PBB digunakan untuk mengidentifikasi secara spesifik lokasi dan detail properti tertentu dalam sistem perpajakan. Hal ini untuk memastikan bahwa properti yang bersangkutan terdaftar dengan benar dalam basis data pajak yang relevan.

2. Pemantauan Pajak

Pemerintah dapat memantau pembayaran pajak dari properti tersebut. Serta memastikan kepatuhan pemilik properti terhadap kewajiban perpajakan dan memastikan bahwa properti tersebut tidak memiliki tunggakan pajak yang belum diselesaikan.

3. Perencanaan Pembangunan

Penggunaan NOP PBB juga membantu pemerintah untuk merencanakan pembangunan kota atau wilayah dengan lebih efisien. Karena informasi yang terkandung dalam NOP dapat memberikan gambaran tentang tata ruang dan penggunaan lahan di suatu wilayah.

4. Transaksi Properti

Ketika terjadi transaksi jual beli properti, NOP PBB digunakan untuk memastikan keabsahan properti yang ditransaksikan. Dan memastikan bahwa pembayaran pajak rumah terkini sebelum proses transaksi properti selesai.

Dengan fungsi ini, NOP PBB menjadi hal penting dalam memastikan kelancaran sistem perpajakan properti dan pengelolaan informasi terkait di tingkat pemerintah daerah. Itu tadi informasi cara cek NOP PBB dan fungsinya yang bisa Pins pahami. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Rekapitulasi Anggaran Biaya Rumah

Source Feature Image: Money Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Kebun Raya Cibinong dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download