BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahPerlu Tahu! Ini 7 Tips Jual Rumah Warisan Keluarga Biar Cepat Laku
0
0

Perlu Tahu! Ini 7 Tips Jual Rumah Warisan Keluarga Biar Cepat Laku

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mewarisi rumah dari keluarga memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun, terkadang kamu harus menjual rumah warisan keluarga karena satu atau dua alasan. Misalnya, ingin membeli rumah baru, butuh uang untuk keperluan lain, atau karena tidak bisa merawat rumah tersebut lagi.

Dewasa ini, menjual rumah warisan keluarga bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan agar rumah tersebut bisa cepat laku ketika hendak pasang iklan jual rumah. Nah, dalam ulasan ini Pinhome akan membagikan beberapa tips jual rumah agar cepat laku. Simak selengkapnya di sini, ya!

Baca juga: 8 List Perumahan Elit di Kawasan Jakarta Selatan

Evaluasi Kondisi Rumah

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Unsplash

Sebelum kamu memutuskan untuk menjual rumah atau properti, sebaiknya dilakukan terlebih dahulu evaluasi kondisi rumah untuk mengetahui bagaimana kondisi rumah yang akan kamu jual.

Melalui evaluasi, kamu menentukan tindakan apa yang harus dilakukan sebelum menjual rumah.Hal ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Pastikan kondisi rumah dalam keadaan yang baik dan layak huni. Jika ditemukan kerusakan atau perbaikan yang perlu dilakukan, segera lakukan agar rumah terlihat lebih menarik dan membuat calon pembeli tertarik.

Buatlah Tampilan Rumah yang Menarik

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Unsplash

Setelah kamu melakukan evaluasi terhadap kondisi rumah, tips jual rumah agar cepat laku selanjutnya adalah membenahi rumah dan membuat tampilan rumah agar menjadi lebih menarik atau marketable. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan renovasi rumah.

Renovasi rumah merupakan permasalahan yang sangat pelik, apalagi jika properti yang akan kamu jual merupakan rumah tua atau lama dengan konstruksi yang sudah mulai lapuk dimakan usia. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu apakah kamu akan melakukan renovasi total atau pada bagian rumah tertentu saja. 

Memang terdengar agak mahal jika melakukan renovasi, namun kamu bisa melihatnya sebagai bagian dari investasi untuk rumah yang akan kamu jual kedepannya!

Harga yang Realistis

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Unsplash

Tips jual rumah agar cepat laku selanjutnya tentu ada di menentukan harga rumah. Sebagai penjual rumah, tentu kamu ingin mendapatkan keuntungan dari properti yang akan dijual. Ditambah pula kamu sudah mengeluarkan banyak sekali dana untuk membenahi kondisi rumah agar menjadi lebih menarik dan layak dihuni.

Dalam menentukan harga rumah, hendaknya kamu menentukan harga yang kompetitif dan tetap menguntungkan. Kamu perlu memperhatikan juga bahwa selain kondisi rumah, lokasi dan harga pasar juga menjadi tolok ukur yang penting dalam menentukan harga rumah.

Penting sekali untuk kamu selalu melakukan analisa pasar agar harga yang kamu tetapkan bisa bersain dengan properti lain dan bisa memikat calon pembeli potensial.

Buatlah Iklan yang Menarik

Setelah menentukan harga yang realistis dan memperbaiki kondisi rumah, langkah selanjutnya adalah membuat iklan yang menarik. Iklan yang baik dan menarik dapat membantu mempercepat penjualan rumah warisan keluarga.

Dalam memasang iklan, kamu perlu memberikan deskripsi tentang properti secara lengkap, singkat, padat, dan jelas. Pada bagian ini, kamu bisa menyebutkan fasilitas apa saja yang tersedia dalam properti seperti jumlah kamar, ruangan-ruangan yang ada, serta ukuran properti.

Agar lebih memikat perhatian, hendaknya properti yang kamu akan jual juga dilengkapi dengan foto-foto dengan angle yang menarik. Pastikan kamu menyertakan foto yang dapat menggambarkan keadaan serta menonjolkan keunggulan properti

Baca juga: Open House Lebaran Artinya Kesempatan Emas Jual Rumah

Gunakan Jasa Agen Properti

tips jual rumah agar cepat laku
Source : Unsplash

Tips tips jual rumah agar cepat laku selanjutnya adalah menggunakan jasa agen properti. Jika kamu merasa kesulitan atau kurang berpengalaman dalam menjual rumah warisan keluarga, kamu dapat menggunakan jasa agen properti.

Agen properti akan membantu kamu menentukan harga jual yang realistis berdasarkan kondisi pasar saat ini. Selain itu, mereka akan membantu Anda memperbaiki kondisi rumah, melakukan pengecekan dokumen, dan menyusun kontrak jual beli. Hal ini dapat membantu kamu menghindari kesalahan dan masalah yang mungkin terjadi pada saat proses penjualan

Agen properti juga memiliki jaringan yang luas dengan calon pembeli yang potensial. Mereka dapat membantu kamu menjangkau calon pembeli dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, mereka juga dapat membantu calon pembeli dalam proses pengajuan kredit rumah atau proses pembayaran..

Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Calon Pembeli

Jika ada calon pembeli yang tertarik dengan rumah kamu, jalinlah hubungan yang baik dengan mereka. Sambutlah mereka dengan ramah dan berikan informasi yang mereka butuhkan. Jangan lupa untuk menjawab pertanyaan mereka dengan jujur dan baik. 

Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan membuat calon pembeli merasa nyaman untuk membeli rumah Anda.

Jaga Dokumen Penting

Dokumen-dokumen penting juga menjadi faktor penting dalam menjual rumah. Pastikan semua dokumen penting terkait rumah kamu ada dalam kondisi yang bersih dan rapi. 

Dokumen penting tersebut antara lain sertifikat tanah, surat pernyataan warisan, dan dokumen perpajakan. Hal ini dapat membantu memudahkan proses penjualan dan mempercepat proses transaksi.

Jika masih kebingungan bagaimana cara menjual rumah warisan keluarga agar cepat laku, Pinhome dapat menjadi solusi untuk kamu. Pinhome menawarkan fitur For Sale By Owner yang memungkinkan kamu untuk jual rumah tanpa perantara sehingga kamu tidak harus menggunakan jasa agen properti.

Dengan menggunakan Pinhome, tidak hanya dapat menjual properti, kamu juga bisa mendapatkan properti idaman seperti rumah di Jakarta Selatan salah satunya Griya Cinere. Cocok juga untuk kamu yang ingin mencari rumah baru yang lebih baik setelah menjual rumah lama!

Nah, itulah beberapa tips jual rumah agar cepat laku yang bisa kamu terapkan ketika akan menjual sebuah properti. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Jual Rumah Lebih Mudah! Ini Cara Pakai Fitur Titip Jual dan Sewa di Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Cinere dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download