Pinhome

Tips Properti

Cara Jadi Agen Properti Online Independen yang Dipercaya Klien

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 21 June 2020 ∙ 7 menit membaca

Ada berbagai profesi yang terlibat dalam bisnis properti, salah satunya adalah agen properti. Profesi ini cukup menggiurkan mengingat modalnya yang  minim dan cara kerja fleksibel, namun menjanjikan pendapatan besar. Untuk menggeluti bisnis ini, Pins hanya perlu mengetahui cara jadi agen properti online independen  yang dipercaya klien.

Pinhome – Seorang agen properti online hendaknya juga memperkaya dirinya dengan wawasan tentang properti. Cara jadi agen properti online independen tidak langsung berhasil setelah satu atau dua transaksi. Semua harus berkelanjutan untuk mengembangkan pengalaman dan meningkatkan jam terbang.

Baca juga: Tambah Pro Jadi Agen Properti Pinhome Dengan Ruang Edukasi Agen

Apa Itu Agen Properti Online Independen?

Agen properti secara sederhana dapat diartikan sebagai pihak yang menjadi perantara dalam jual beli properti. Jika Pins lebih berfokus untuk memanfaatkan media internet dalam menjalankan peran ini, maka dapat dikatakan Pins adalah agen properti online.

Ada 2 pilihan yang bisa dijadikan sebagai cara jadi agen properti online. Pins bisa mendaftarkan diri ke perusahaan agen properti agar menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Namun Pins juga bisa bekerja secara mandiri tanpa terikat ke mana pun. Inilah yang disebut agen properti online independen.

Baca Juga: Menjadi Agen Properti Online, Cara Mudah Menjalankan Bisnis Properti

Kompetensi yang Harus Dimiliki Agen Properti Online

Cara jadi agen properti online agar sukses harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Selain pada sisi pengetahuan, sikap mental yang tangguh juga merupakan hal yang menentukan kelanjutan karir seorang agen. Nah, Pins, setidaknya ada 4 kompetensi yang harus dimiliki agen properti online sebagai berikut.

Memiliki Wawasan Tentang Dunia Properti

Poin pertama ini adalah hal yang wajib. Menjalankan profesi apa pun harus ada ilmunya, termasuk jadi agen properti. Pengetahuan dan wawasan tentang dunia properti adalah dasar yang tak boleh diabaikan, terutama saat  pengalaman belum memadai. Tingkat pengetahuan dan wawasan ini akan berpengaruh terhadap karir seorang agen.

Hal pertama yang harus dipahami sebagai cara jadi agen properti online adalah mengetahui tata cara jual beli beserta surat-suratnya. AJB, SPJB, dan SHM hanya sedikit contoh surat yang akan sering dihadapi. Selain itu, pelajari bagaimana cara berurusan dengan pihak lain yang seringkali terlibat dalam proses jual beli. Contohnya BPN dan notaris.

Pins masih perlu memahami lebih banyak hal lagi. Misalnya harga pasaran suatu daerah, pengecekan pajak, serta berbagai biaya lainnya. Intinya, jangan sampai terjebak dengan hukum akibat kurangnya pengetahuan. Dan berurusan dengan tanah sengketa hanyalah salah satu risikonya.

Cermat dalam Menghitung Anggaran

Jual beli properti tidak hanya menimbulkan biaya dari harga yang ditetapkan. Biaya promosi hanyalah salah satu biaya di luar harga yang pasti dikeluarkan seorang agen. Selain itu, properti merupakan barang mahal dan transaksinya terikat dengan hukum. Karenanya, jangan lupakan biaya administrasi seperti pengecekan sertifikat dan meterai.

Dilihat sekilas memang sedikit, namun tidak jarang biaya sampingan semacam itu justru menjadi beban di akhir. Maka dari itu, penghitungan sejak awal akan menghindarkan dari kesalahpahaman dengan klien. Sikap cermat adalah modal untuk menjalankan cara jadi agen properti online independen yang dipercaya klien.

Pandai Bernegosiasi

Kemampuan dalam bernegosiasi adalah salah satu ciri khas seorang agen properti. Cara jadi agen properti online yang baik adalah memiliki sikap persuasif dan tidak mengintimidasi. Berikan kesan positif terus menerus dengan cerita yang meyakinkan  untuk mempengaruhi calon klien. Namun jangan menyampaikan kelebihan diri sendiri secara frontal.

Cara jadi agen properti online yang pandai bernegosiasi dimulai dengan kemampuan komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi  efektif, agen dan klien akan lebih mudah untuk saling memahami. Tidak hanya mudah menjalin kerjasama, kemampuan ini juga membantu agen mendapatkan kesepakatan yang paling menguntungkan.

Pandai Berspekulasi

Bisnis properti memerlukan estimasi yang akurat. Besarnya risiko dalam bisnis ini membuat agen properti mesti berhati-hati  dalam membuat keputusan. Namun, keberanian untuk berspekulasi justru merupakan cara jadi agen properti online yang unggul. Sebab cara ini adakalanya mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Peka terhadap waktu yang tepat untuk berspekulasi adalah salah satu cara jadi agen properti online yang sukses. Insting ini memang akan berkembang seiring tingginya jam terbang. Tetapi dengan memilikinya sejak awal akan mempercepat perkembangan karir sebagai agen properti independen.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Agen Properti yang Sukses Ini Penting Dicoba

Cara Jadi Agen Properti Online Independen

Menjadi agen independen artinya mempersiapkan segalanya sendiri. Begitu pula dengan keuntungan dan risiko yang akan ditanggung. Ini dia langkah yang harus diambil dalam mengawali karir sebagai agen properti online independen.

Dapatkan Lisensi/Sertifikat

Lisensi/sertifikat adalah instrumen yang memberi kekuatan hukum atas praktik yang dilakukan agen. Maka dari itu, cara jadi agen properti online independen yang pertama adalah dengan mendapatkan lisensi/sertifikat. Lisensi yang dimaksud bisa didapatkan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Broker Properti yang beralamat di Jakarta Pusat.

Selain itu, perlu juga mengurus izin berupa SIU-P4. Pengurusannya tergolong mudah, hanya memakan waktu 3 hari. Pins bisa mengajukannya ke Kemendag setelah mendapatkan sertifikasi. Ini membuat cara jadi agen properti online lebih mudah dan praktis.

Bangun Profil

Cara jadi agen properti online independen berikutnya adalah dengan membangun profil seorang agen. Profil berguna untuk meningkatkan personal branding serta sebagai media untuk mempromosikan jasa Pins sebagai agen properti. Dalam hal ini, Pins bisa memanfaatkan berbagai platform seperti media sosial dan portal properti.

Dengan profil yang jelas, kemungkinan kerjasama akan lebih lebih mudah dicapai. Jika Pins memang merupakan agen yang kredibel, tidak sulit untuk meyakinkan klien hanya dengan bukti profil yang dicantumkan. Bersikap jujur dan terbuka merupakan cara jadi agen properti online yang dipercaya klien.

Tetapkan Tarif dan Mekanisme Penghitungan Komisi

Perihal komisi sebenarnya sudah diatur dalam Permendag Nomor 51 tahun 2017. Di sana disebutkan bahwa komisi yang berhak didapatkan P4 adalah 2%-5%. Untuk angka pastinya, Pins bisa menetapkan sendiri sesuai dengan sejauh mana jasa itu diberikan. Pins bisa mulai mengira-ngira dan membuat simulasi sebelum terjun ke transaksi sesungguhnya.

Pada praktiknya nanti, besaran komisi ini harus dibicarakan dengan klien di awal perjanjian. Jabarkan secara rinci bagaimana penghitungan komisi yang Pins inginkan. Di sini, kemampuan bernegosiasi yang merupakan cara jadi agen properti online memiliki peran penting

Kumpulkan Listing

Listing adalah perjanjian yang memberikan agen kewenangan untuk menjualkan properti dari si pemilik. Mengumpulkan listing merupakan kegiatan utama dari agen properti. Cara jadi agen properti online dalam mengumpulkan listing adalah dengan mengumpulkan informasi lalu langsung menghubungi pemilik properti untuk mencapai kesepakatan.

Listing sendiri memiliki beberapa jenis. Ada Exclusive Listing yang memberikan wewenang penuh kepada agen. Pada jenis ini properti tidak boleh dijual oleh orang lain termasuk si pemilik sendiri. Kemudian, ada Sole Agent yang mirip dengan Exclusive Listing. Hanya saja pemilik masih boleh menjual propertinya sendiri.

Nah yang paling fleksibel adalah Open Listing di mana siapa pun berhak melakukan penjualan dan yang dapat komisi adalah yang bisa lebih dulu deal. Istilahnya, siapa cepat dia dapat. Mengetahui jenis-jenis listing ini merupakan cara jadi agen properti online yang andal.

Lakukan Pemasaran Listing

Dalam pemasaran listing inilah pemanfaatan  media online bisa dimaksimalkan. Pasarkan semua listing di media yang Pins punya sebelumnya. Pastikan informasi dan deskripsinya lengkap. Selain itu, usahakan gambar properti diambil dengan pencahayaan yang baik. Gambar yang menunjukkan  berbagai sisi juga akan lebih menarik.

Cara jadi agen properti online independen tentu tidak bisa mengandalkan satu media. Bergabung sebagai rekanan Pinhome dapat menjadi pilihan yang menguntungkan bagi Pins. Kemudahan akses terhadap berbagai fasilitas, unit, serta pihak-pihak terkait akan semakin meningkatkan jam terbang.

Tidak sulit untuk menjadi rekanan Pinhome. Hanya dengan registrasi online dan tunggu seleksi. Jika memenuhi syarat, tinggal menyelesaikan proses aktivasi dan Pins pun resmi menjadi rekanan Pinhome. Dengan jalur yang kuat, posisi Pins sebagai agen properti online independen akan semakin terjamin dan mampu bertahan di segala situasi.

Cara jadi agen properti online independen tidaklah sulit jika Pins memahami langkah-langkahnya. Karena itu, terus tambah wawasan tentang dunia properti sambil menjalankan profesi sebagai agen. Tingkatkan insting, pertahankan etika, dan jadilah agen properti online independen yang dipercaya klien.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel