BlogLifestyleHobiIni Dia Manfaat Bunga Geranium Pengusir Nyamuk dan Lainnya
0
0

Ini Dia Manfaat Bunga Geranium Pengusir Nyamuk dan Lainnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Apr 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat bunga geraniumtop-right-banner

Bercocok tanam menjadi hobi cukup populer belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan sudah cukup banyak jenis tanaman yang menarik perhatian. Salah satu alternatifnya adalah bunga dengan segudang manfaat seperti bunga geranium pengusir nyamuk. Geranium merupakan jenis tumbuhan yang jumlahnya sekitar 300 spesies. Geranium hias biasanya memiliki beragam warna, antara lain putih, merah muda, ungu, dan merah.

Pinhome – Bunga geranium juga dikenal sebagai bunga Tapak Dara. Pins tidak perlu khawatir bila tinggal di daerah yang panas karena tanaman Geranium dapat bertahan hidup walaupun dengan paparan sinar matahari penuh dan tanah yang kering. Sebelum kita simak manfaat bunga geranium yang beragam, simak dulu cara pemanfaatan bunga geranium pengusir nyamuk berikut ini.

Baca Juga:

Cara Memanfaatkan Bunga Geranium

manfaat bunga geranium
Source : Bibit Bunga

Cara memanfaatkan bunga geranium pengusir nyamuk sangat mudah. Bisa langsung dirasakan manfaatnya dari bunga segar, atau diseduh dalam teh. Bisa juga dalam bentuk olahan krim maupun minyak atsiri. Berikut ini beberapa informasi tentang metode terbaik untuk memanfaatkan bunga geranium.

Langsung Dari Kebun

manfaat bunga geranium
Source : Id.depositphotos

Kamu bisa menggunakan bagian daun dan bunga dari tanaman bunga geranium dengan menumbuk daunnya hingga mengeluarkan minyak. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memotong-motong daunnya kemudian diaplikasikan seperlunya pada tubuh dan buang jika sudah selesai. Tumbukan daun bunga geranium ini bisa kamu oleskan di kulit yang terkena gigitan serangga atau terkena goresan.

Diseduh Menjadi Teh

Source : Stockfood

Untuk membuat secangkir teh bunga geranium. Pins hanya perlu mengambil sekitar setengah cangkir yang berisikan daun dan bunga geranium. Isi sisa cangkir dengan air mendidih dan biarkan direndam selama sekitar 5-10 menit. Setelah itu saring untuk mengambil ampas dari tumbuhan, dan minum secara perlahan. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan satu sendok teh madu jika terasa belum cukup manis. Tubuh akan terasa lebih hangat dan tenang.

Baca Juga:

Dijadikan Krim

manfaat bunga geranium
Source : Radiantlifecatalog

Untuk membuat krim bunga geranium tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menumbuk secangkir daun dan bunganya, masukan ke dalam panci dengan secangkir krim cair dan didihkan. Tutup panci selama sekitar 15 menit dan tunggu cairan dingin. Krim siap digunakan.

Bentuk Olahan Minyak Atsiri

Source : Exportersindia

Minyak atsiri adalah salah satu olahan minyak geranium yang paling berguna, terutama dalam hal perawatan kulit. Minyak atsiri geranium cocok dicampurkan dengan dengan minyak Palmarosa dan Cendana untuk membantu mengatasi penyakit eksim.

Namun jangan lupa, kamu juga harus selalu mengencerkan minyak atsiri geranium dengan benar, dengan cara mencampurkannya ke dalam minyak nabati seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Manfaat Bunga Geranium Pengusir Nyamuk

manfaat bunga geranium
Source : Tribunnews

Bunga geranium juga mengeluarkan aroma jeruk yang tidak disukai nyamuk, karena itu tanaman ini efektif sebagai pengusir nyamuk. Tapi tahukah kamu Pins apa saja manfaat lain dari bunga geranium selain sebagai pengusir nyamuk? Simak beberapa manfaat bunga geranium yang bisa membasmi nyamuk berikut ini.

Baca Juga:

Pengusir Serangga

Source : Batam.tribunnews

Sejenis serangga tidak suka menyukai aroma bunga geranium. Karena itu bunga geranium tidak hanya dikenal sebagai pengusir nyamuk tetapi juga pencegah serangga yang sangat baik. Kandungan beta-citronellol dalam bunga geranium membuat geranium sangat efektif untuk mengusir nyamuk, kutu, dan tungau. Bahkan dalam beberapa penelitian menemukan kandungan ini juga efektif untuk membunuh larva nyamuk.

Mengurangi Stres

manfaat bunga geranium
Source : Dengarden

Manfaat bunga geranium pada sistem saraf sudah diketahui mampu memberikan efek ketenangan. Daun dari bunga geranium jika diseduh dapat menghasilkan teh yang menghasilkan sensasi menenangkan. Efek menenangkan ini berasal dari senyawa organik yang dihasilkan dari bunga geranium yang berdampak positif pada sistem endokrin dan membantu menyeimbangkan hormon yang menyebabkan stres serta gangguan kecemasan. Secangkir teh geranium dapat dengan cepat meredakan suasana hati yang tidak menyenangkan dan pikiran yang kacau.

Mengurangi Inflamasi

Source : Draxe

Bunga geranium memiliki sifat anti-inflamasi. Jika kamu menderita sakit sendi, nyeri otot, atau bahkan peradangan pada usus atau sistem kardiovaskular. Dikonsumsi sebagai teh geranium , diaplikasikan secara topikal maupun dalam bentuk minyak atsiri, mampu meredakan ketidaknyamanan sekaligus mengurangi ketegangan pada tubuh. Selain itu, minyak atsiri geranium terbukti secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit sementara dari nyeri neuropatik kronis juga Pins!

Meningkatkan Imunitas

manfaat bunga geranium
Source : Gardenerspath

Bunga geranium juga dikenal memiliki kualitas meningkatkan imunitas tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmaceuticals, bunga geranium juga telah digunakan sebagai bahan pokok dalam pengobatan tradisional di Afrika Selatan untuk mengobati masalah pernapasan. Efektivitasnya dari sifat antimikroba dan antivirus yang dimiliki dari bunga geranium berpotensi untuk dikembangkan ekstraknya sebagi obat.

Menopause dan Perimenopause

Source : Thetruthaboutcancer

Sebuah studi tentang manfaat bunga geranium menemukan bahwa aromaterapi dengan minyak atsiri dari bunga geranium dapat merangsang sekresi estrogen saliva. Para peneliti berteori bahwa minyak atsiri dari bunga geranium mungkin bermanfaat bagi wanita yang mengalami penurunan estrogen dan gejala terkait kesehatan yang disebabkan oleh menopause dan perimenopause.

Baca Juga:

Membantu Merawat Kulit

manfaat bunga geranium
Source : Stock.adobe

Manfaat bunga geranium lainnya adalah pengaplikasian minyak atsiri geranium sebagai pembersih kulit ataupun toner alami. Minyak atsiri geranium dikenal juga penggunaannya secara dermatologis lho Pins! Minyak atsiri geranium memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, keriput dan juga mengatasi kulit kering. 

Pengaplikasian minyak atsiri geranium juga cukup mudah, hanya dengan menambahkan dua tetes minyak geranium ke krim wajah dan oleskan dua kali sehari. Cara lain bisa juga dengan meneteskan minyak atsiri geranium ke air mandi kamu. Minyak atsiri geranium ini membantu mengencangkan kulit dan mengurangi jerawat.

Itulah beberapa manfaat bunga geranium selain memang sudah terkenal menjadi bunga pengusir nyamuk. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Green City Resort 2 di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download