Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Minyak Atsiri Adalah Minyak untuk Relaksasi. Ini Penjelasan Lengkapnya!

Lifestyle

Minyak Atsiri Adalah Minyak untuk Relaksasi. Ini Penjelasan Lengkapnya!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 1 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Minyak atsiri adalah minyak yang seringkali dikenal dengan sebutan essential oil. Di era pandemik seperti sekarang ini, minyak atsiri menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Selain menghasilkan manfaat relaksasi, banyak juga manfaat minyak atsiri bagi kesehatan selain sekedar untuk aromaterapi. 

Pinhome – Tingginya informasi akan kegunaan yang sangat baik dari minyak satu ini, membuat masyarakat ingin tahu apa itu minyak atsiri sebenarnya. Minyak atsiri adalah minyak serbaguna yang memiliki harga cukup tinggi dengan ragam aroma yang menenangkan. Namun, mempunyai manfaatnya masing-masing yang tidak bisa disamakan. Apa saja variannya? Terlampir Pinhome sajikan informasi lengkapnya!

Baca Juga:

Daftar Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Masker Wajah

Apa Itu Minyak Atsiri?

essential oils, alternative, aroma-3321811.jpg
(Pixabay)

Secara harfiah, minyak atsiri atau minyak esensial merupakan bagian senyawa dari tumbuhan yang diekstrak. Bagaimana caranya? Hal tersebut menggunakan proses distilasi atau biasa disebut dengan penyulingan. Minyak atsiri sendiri dapat bersumber pada setiap bagian dari tanaman mulai daun hingga akar.

Minyak ini disebut juga sebagai minyak menguap dikarenakan pada suhu kamar minyak satu ini mudah menguap. Namun sering disebut juga sebagai minyak essential karena mengeluarkan aroma yang mewakili bau dari tanaman aslinya.  Dikutip dari Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementerian Perindustrian, tanaman penghasil minyak atsiri diperkirakan berjumlah 150 – 200 spesies dan sebagian berada di  kawasan Indonesia. Termasuk di dalamnya terdiri dari famili Pinaceae, Labiateae, Compositae, Lauraceae, Myrtaceae, dan Umbelliferaceae

Hal tersebut dikarenakan Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Tidak heran Indonesia menjadi negara pemasok minyak atsiri kedua terbesar di dunia. Tidak hanya sampai disitu Pins, minyak atsiri adalah salah satu bahan baku pembuatan parfum juga lho! Namun, sangat disayangkan sampai saat ini Indonesia masih menjadi negara pengimpor parfum. 

Manfaat Minyak Atsiri Serta Varian untuk Relaksasi

natural cosmetics, fragrance, minyak atsiri adalah
(Pixabay)

Banyak orang mengetahui manfaat minyak atsiri adalah hanya sebatas untuk relaksasi jika dihirup aromanya. Padahal minyak atsiri sendiri memiliki banyak manfaat dengan berbagai cara pengaplikasiannya. Salah satu implementasinya adalah melalui terapi pemulihan dengan menggunakan minyak atsiri. 

Tujuannya adalah meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Perlu dipertegas nih Pins! Manfaat minyak atsiri sangat beragam tergantung pada variannya ya! Jangan sampai tertukar. Nah, Seperti apa itu minyak atsiri digunakan dan bagaimana manfaatnya? Berikut berbagai varian dan manfaat minyak atsiri!

Minyak Lemongrass atau Serai (Sereh)

minyak atsiri adalah
(Naturaloilsforhair)

Manfaat minyak atsiri serai selain bisa menjadi pewangi alami juga bisa menenangkan pikiran lewat aromanya. Menggunakan minyak atsiri serai sebagai aromaterapi bisa meredakan rasa cemas. Selain itu, manfaat minyak atsiri serai juga baik untuk kesehatan apabila digunakan sebagai obat topikal, yaitu penggunaan obat yang dioleskan langsung pada permukaan kulit. Caranya adalah dicampur dengan minyak nabati dan dioleskan pada telapak kaki. Hal tersebut bisa membantu mengatasi permasalahan lambung.

Minyak Lemon

(Ombutters2)

Minyak atsiri lemon dikenal dengan manfaat yang bisa memperbaiki suasana hati. Penggunaan minyak atsiri lemon khusus untuk aromaterapi, biasanya dapat meringankan gejala kegalauan dalam hati. Termasuk di dalamnya stres berlebih sampai memperbaiki mood. Hal tersebut dikarenakan aroma yang dihasilkan dari minyak tersebut dapat menaikkan suasana hati. Selain itu, menghirup aroma minyak atsiri lemon juga baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu lho!

Minyak Lavender

lavender, oil, candles-5562278.jpg
(Pixabay)

Minyak atsiri lavender dikenal sebagai minyak yang sering direkomendasikan untuk penderita insomnia. Hal tersebut dikarenakan aroma lavender membuat manusia relaks bahkan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Itulah mengapa minyak satu ini dapat memberikan suasana tenang dalam tidur yang nyenyak.

Tidak hanya sampai disitu Pins! Manfaat minyak atsiri lavender juga sangat membantu para wanita dalam mengurangi pre menstruation syndrome (PMS). Caranya cukup dengan mengoleskan minyak atsiri lavender ke area bagian perut sambil memijat dengan lembut.

Minyak Bunga Melati (Jasmine)

minyak atsiri adalah
(Newforestaromatics)

Minyak atsiri bunga melati, yang memiliki nama ilmiah Jasminum Officinale, memiliki berbagai manfaat untuk relaksasi. Seperti diantaranya digunakan untuk meningkatkan mood, mengatasi stres dan menyeimbangkan hormon. Obat alami untuk depresi, kecemasan, stress emosional, dan insomnia ini telah digunakan selama ratusan tahun di Asia. Benar-benar sangat bermanfaat bukan?

Tidak hanya sampai disitu Pins, minyak atsiri melati pun bekerja positif mempengaruhi sistem saraf-saraf di dalam tubuh. Baik digunakan pada kulit maupun menhirup aromanya, minyak bunga melati menunjukkan efek pada sejumlah faktor biologis. Termasuk diantaranya denyut jantung, suhu tubuh, respon stres, kewaspadaan, tekanan darah dan pernapasan.

Baca Juga:

Benda-Benda Di Rumah Penyebab Gangguan Pernafasan

Minyak Bunga Chamomile

minyak atsiri adalah
(Verywellhealth)

Aroma bunga chamomile seringkali menjadi bunga yang sering digunakan pada teh. Hal tersebut dikarenakan aroma bunga chamomile sendiri yang dikenal dengan sensasi yang memberikan kenyaman. Sama seperti dalam teh, bunga chamomile yang diolah menjadi minyak atsiri juga memberi ketenangan, terutama membantu tubuh rileks. Penggunaan minyak atsiri chamomile pada diffuser atau diteteskan di bantal sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengobati insomnia. 

Minyak Peppermint

enefits of Peppermint Essential Oil for Skin Care and Health I How, minyak atsiri adalah
(Isabellasclearly)

Daun peppermint biasa dikenal dengan sensasi dinginnya. Begitu pula dengan rasa yang dihasilkan dari minyak atsiri peppermint. Baik daun peppermint maupun minyak atsiri peppermint, bisa Pins rasakan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Penggunaan minyak atsiri peppermint sebagai aromaterapi dapat merilekskan indera penciuman dan meningkatkan perasaan berenergi. 

Aroma khas menthol yang kuat tersebut dapat mempertajam fokus dan pikiran. Pengaplikasian minyak atsiri peppermint secara topikal pada leher ataupun pelipis di pagi hari, dapat membantu memberi energi pada pikiran yang membangunkan tubuhmu.

Dari berbagai macam varian minyak atsiri yang tersedia, kini kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilah mana yang paling kamu perlukan untuk relaksasi terbaik. Masing-masing varian memiliki manfaat dan sensasi rasa tersendiri. Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan mengenai apa itu minyak atsiri?

Baca Juga:

Cara Membuat Pengharum Ruangan dengan Bahan Alami

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel