Pinhome

Kesehatan

10 Manfaat Energi Matahari yang Baik Untuk Alam

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 18 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Apa saja ya 10 Manfaat Energi Matahari yang Baik untuk Alam? Yuk cek ulasannya berikut!

Pinhome – Matahari merupakan sumber energi dan salah satu bintang dalam galaxy tata surya. Bentuknya yang bulat terbuat dari medan magnet dan plasma panas, membuat matahari menjadi salah satu bintang paling terang di tata surya yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya bagi Bumi tempat Pins hidup.

Perlu Pins ketahui, jarak antara Bumi dan Matahari terbilang cukup dekat yaitu sekitar 140 juta kilometer tergantung pergerakan bumi yang bervariasi.

Dengan adanya hal tersebut tidak heran bahwa matahari memiliki berjuta manfaat bagi kesejahteraan bumi. Sebenarnya apa manfaat matahari bagi alam yang tidak Pins ketahui? Mari cari tahu di sini!

manfaat energi matahari
(Unsplash)

Pusat dan Sumber Energi Tak Terbatas

Sebagai sumber energi yang tak terbatas, matahari memancarkan sinarnya ke seluruh makhluk hidup di muka bumi tanpa terkecuali.

Energi panas yang dikeluarkan oleh matahari, membuat Pins dapat melakukan kegiatan sehari-hari sebagai kebutuhan hidup yang tidak bisa terlepaskan. Mulai dari air minum, energi panas untuk kesehatan tubuh, pembangkit listrik untuk moda kehidupan dan masih banyak lagi. Tanpa terkecuali untuk tumbuhan dan hewan.

Energi matahari yang terpancar juga dapat ditampung menjadi energi listrik yang ditampung dalam bahan semikonduktor yang terbuat dari lempengan panas. Pins dapat melihat salah satu kegunaannya dari terciptanya mobil dengan daya matahari yang dapat digunakan tanpa bahan bakar.

Menjadi Energi Penerang Bumi Beserta Isinya

manfaat energi matahari
(Unsplash)

Malam berganti dengan siang, begitu pula seterusnya dalam 24 jam. Rotasi perputaran yang dilakukan oleh Bumi menciptakan hari Siang dan Malam.

Energi cahaya yang terpancar dari matahari menerangi Bumi dan seisinya. Bayangkan bila tidak ada matahari dan kehidupan ini gelap tidak ada cahaya? Pasti Pins akan susah untuk beraktivitas ya.

Sumber Energi yang Mendukung Kehidupan Organisme Bumi

Untuk apa manfaat matahari bagi alam tentu sangat membantu kehidupan organisme yang ada di bumi. Mulai dari tumbuhan, hewan, dan manusia.

Baca Juga: Menanam Pohon Buah Bidara Sendiri? Bisa kok!

Semua organisme tidak dapat hidup tanpa bantuan dari energi matahari. Salah satu contohnya adalah vitamin D yang diperlukan bagi tubuh sebagai penguat bagian-bagian tubuh, semua berasal dari sinar matahari Pins.

Membantu Terjadinya Siklus Air, Hujan & Angin

manfaat energi matahari
(mtsn1lebak.sch.id)

Seperti pelajaran saat Pins sekolah, siklus air, hujan dan angin terjadi juga karena energi matahari yang hadir dalam kehidupan.

Mulai dari penguapan yang tercipta karena matahari. Sampai terjadi nya hujan yang dapat dimanfaatkan untuk seluruh kelangsungan hidup makhluk hidup berasal dari energi matahari.

Matahari menjadi Energi yang Membantu Mengeringkan Tanah

Tanah yang menjadi sumber penting bagi segala kehidupan alam, juga memerlukan energi matahari dalam prosesnya.

Mengeringkan tanah yang basah contohnya, tanah yang kering dapat membantu proses pertumbuhan dari beberapa tumbuhan yang ada di bumi.

Salah satunya adalah biji bunga matahari. Bunga satu ini, akan hidup dan cepat tumbuh di tanah yang kering lho Pins! Jadi, tidak semua tumbuh-tumbuhan akan bertahan lama di tempat yang lembab saja.

Pusat Tata Surya

Nah Pins, ini nih salah satu hal yang luar biasa dari manfaat energi matahari bagi alam, yaitu pusat galaxy bima sakti. Seluruh benda di langit, mulai dari planet, bintang, satelit, komet bergerak mengelilingi matahari.

Gaya gravitasi dari matahari yang sangat besar, menarik banyak planet walaupun berjarak ribuan kilometer cahaya. Hal tersebut juga yang membuat masing-masing planet tetap pada orbitnya.

Sumber Energi yang Berperan dalam Pergantian Musim

(Unsplash)

Pergantian musim hujan, panas, salju dan lainnya tidak luput dari manfaat energi matahari yang terpancar ke Bumi.

Panas matahari yang terpancar di beberapa daerah mengakibatkan perbedaan suhu pula pada daerah yang terkena sinar maupun tidak. Hal tersebut yang membuat terjadinya rangkaian musim di berbagai belahan bumi.

Menyediakan Oksigen Untuk Organisme

Selain itu nih Pins, manfaat energi matahari bagi alam adalah membantu menyediakan oksigen untuk makhluk hidup bernafas. Tidak terkecuali manusia, hewan dan tumbuhan pun memerlukan oksigen untuk proses kehidupan.

Baca JugaCara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur

Selain dari proses fotosintesis, oksigen juga dapat muncul dari proses penguapan matahari lho Pins!

Efek Rumah Kaca

Pernah mendengar efek rumah kaca? Bukan nama salah satu Band lho Pins! Efek rumah kaca merupakan pemanasan permukaan bumi dan udara yang terjadi di permukaan bumi.

Penyimpanan energi panas matahari pada rumah kaca, dapat mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produktivitasnya.

Sumber Energi yang Menyokong Proses Fotosintesis

(Unsplash)

Proses fotosintesis pada tumbuhan juga terjadi karena bantuan energi matahari lho Pins!

Tumbuhan berklorofil menghasilkan makanan dari proses fotosintesis dan energi matahari membantu tumbuhan untuk tetap hidup mempertahankan kelangsungannya.

Pins dapat melihat warna hijau segar yang tumbuhan hasilkan bila memiliki energi yang cukup dari matahari.

Coba saja Pins bandingkan, tumbuhan yang terkena panas matahari dengan yang sama sekali tidak terkena matahari. Tumbuhan yang tidak terkena cahaya matahari akan cepat layu dan mati.

Jadi bagaimana Pins? Sekarang Pins sudah tahu bukan bahwa manfaat matahari bagi kehidupan itu sangat besar.

Untuk itu, selalu bersyukur ya Pins atas segala hal dan nikmat yang telah diberikan, sehingga Pins hidup dengan layak sampai hari ini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Tangerang Smart City di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel