Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Melirik Macam-Macam Bunga Hias untuk Mempercantik Rumah

Hobi

Melirik Macam-Macam Bunga Hias untuk Mempercantik Rumah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 19 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Hunian yang menjadi tempat tinggal memang perlu di renovasi dan diganti suasana secara berkala agar tidak menimbulkan kebosanan saat berada di dalamnya. Tidak hanya mengganti perabot saja ataupun melakukan pengecatan dinding, kamu pun bisa membuat suasana lebih hidup dengan budget yang terbatas. Salah satu caranya adalah dengan mulai mengoleksi macam-macam bunga hias untuk mempercantik rumah. 

Pinhome – Tanaman sendiri selain berperan memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah, juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Macam-macam bunga hias yang memiliki tampilan menarik bisa menjadi alternatif tanaman yang bisa kamu rawat di rumah. Tanaman tersebut juga sekaligus dapat menambah estetika dalam rumah lho!

Nah, bagi kamu yang masih bingung atau masih mencari-cari jenis bunga hias yang tepat di adopsi di rumah. Di bawah ini Pinhome akan menyajikan berbagai macam bunga hias pilihan dengan segudang manfaat terbaiknya untuk kamu. Apa saja? Simak yuk ulasannya!

Melati (Jasmine)

(unsplash)

Bunga jasmine atau biasa kita sebut dengan bunga melati memang sudah menjadi salah satu jenis bunga hias yang sudah terkenal keindahannya sejak dahulu. Selain mengeluarkan aroma semerbak yang lembut, bunga melati pun juga dapat mengobati stres berlebih, sengatan lebah maupun sesak nafas. Warna putih merona nya, cocok sekali berada di sekitar hunian.

Geranium

(unsplash)

Masuk dalam family geraniaceae, bunga geranium juga menjadi salah satu jenis tumbuhan abadi. Dengan varian warna feminim yang cantik, putih, merah, ungu dan pink. Bunga geranium mudah ditanam di rumah dengan penyinaran dari cahaya matahari dan juga tanah yang kering. Bila Pins ingin awet muda, bunga geranium bisa membantu merawat kulit dengan cara teteskan sedikit minyak bunga pada lotion harian kamu. Menarik bukan?

Amarilis

(holticulture)

Bunga Amarilis menjadi salah satu macam bunga hias yang kini mulai populer di pasaran. Selain manfaatnya sebagai obat sakit gigi dan melancarkan buang air besar, bunga ini bisa ditempatkan dalam dua bidang. Baik ditanam di dalam pot, amaryllis juga cocok menghiasi pekarangan rumah milik Pins. Warna merah ke orange yang ditimbulkan bunga ini sangat menarik dengan bentuk menyerupai terompet dan bintang.

Oxalis

(shopee)

Macam-macam bunga hias yang tersedia memiliki keunggulannya masing-masing, tidak terkecuali dengan bunga Oxalis. Spesies terbesar dari famili oxalidaceae ini telah tersebar lebih dari 500 spesies di iklim tropis Asia Selatan dan Amerika Selatan. Oxalis triangularis contohnya menjadi varian terpopuler dari bunga oxalis dengan warna ungu gelapnya yang cantik. Walau berwarna gelap namun kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama tenggorokan dan luka mulut.

Bougainvillea

(pexel)

Varian selanjutnya untuk pilihan jenis bunga hias hadir dari spesies bougenville. Bunga merah muda cantik ini sangat cocok mempercantik rumah yang simpel dan minimalis. Warnanya yang menggoda membuat suasana rumah kian ramai dan menyenangkan. Namun, untuk bunga satu ini memang perawatannya cenderung sulit dan banyak pula yang lama mekar. Manfaat utamanya adalah membantu pencernaan.

Kastuba

(ncdcr)

Bunga Kastuba menjadi salah satu macam bunga hias yang berasal dari Meksiko bagian Selatan. Bunga satu ini menarik dengan warna merah cerahnya, cocok sekali mempercantik hunian. Selain bermanfaat menghentikan pendarahan, bunga kastuba juga mampu meringankan bengkak tubuh.  Saat merawatnya, hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung. Inilah mengapa banyak dari penghuni yang memilikinya sebagai penghias desain interior.

Lavender

(unsplash)

Tak kalah dengan jenis bunga hias lainnya, bunga Lavender pun menjadi pilihan teratas varian tanaman hias yang sering dimiliki di rumah. Wangi khasnya beserta segudang manfaat di dalamnya, membuat bunga lavender laku di pasaran. Ciri khas berwarna ungu pastel, dengan bunga mungil, lavender cocok sekali ditempatkan dalam pot mungil berwarna putih. Inilah mengapa bunga tersebut sering wara wiri dalam penghias ruang aesthetic.

Begonia

(finegardening)

Bunga Begonia memiliki varian yang cukup beragam. Tanaman satu ini menjadi salah satu jenis bunga hias berukuran kecil yang tepat menjadi tanaman mempercantik rumah. Dengan kamu memiliki dan merawat tanaman hias di rumah, secara tidak sadar pikiran kamu akan semakin tenang dan pelan-pelan menyembuhkan stress. Hardy Begonias salah satunya, bunga begonia satu ini sangat cantik dengan ciri khas daun hati dan bunga menggantung keluar berwarna merah muda.

Kembang Sepatu

(anekabudidaya)

Shoeblack Plant atau biasa disebut dengan bunga kembang sepatu masuk dalam famili malvaceae yang berasal dari Asia Timur. Tanaman ini dapat ditanam di daerah subtropis maupun tropis dengan keunggulan dapat melembutkan rambut. Bunga ini sama sekali tidak berbau, berwarna merah juga memiliki kelopak yang cukup besar. Cara merawatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya setiap hari, membasmi hama membandel dan potong bagian yang suda mati. 

Anggrek

(bernasnews)

Ternyata bunga hias memang tidak jauh dari varian warna merah dan ungu. Bunga Anggrek salah satunya. Bunga berwarna ungu cantik ini memang sudah tidak kalah lagi ketenarannya. Cocok ditaruh di meja kerja maupun sudut dalam ruang tamu. Dipercaya sebagai salah satu obat herbal untuk menyembuhkan penyakit ginjal, paru-paru maupun kencing manis, anggrek dapat hidup dengan baik di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Peace Lily

(unsplash)

Terakhir adalah bunga hias bernama Peace Lily. Dikenal sebagai bunga lili perdamaian, peace lily dapat ditanam di dalam maupun luar ruangan. Selain mempercantik estetika dalam ruang, bunga satu ini juga memiliki manfaat menarik yaitu mengurangi spora jamur pada udara. Ini yang membuat peace lily dalam ruang menjadi hal baik dalam mendukung sirkulasi udara di dalamnya.

Itulah macam-macam bunga hias yang dapat dijadikan pilihan untuk mempercantik hunian beserta manfaatnya yang menarik. Selamat berkebun di rumah!

Baca Juga: Daftar Nama-Nama Bunga yang Tumbuh Dengan Mudah di Taman Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel