Pinhome

5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Dipublikasikan oleh Komarudin Subekti ∙ 30 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Tidak hanya mengganggu ketenangan saat beristirahat, nyamuk juga bisa membawa berbagai macam penyakit ke rumah kita. Contohnya saja, virus dengue penyebab demam berdarah atau parasit penyebab penyakit malaria. Sangat penting untuk menjaga lingkungan rumah dari gangguan nyamuk, salah satunya adalah dengan menggunakan penangkal alami dari berbagai jenis tanaman pengusir nyamuk.

Pinhome – Penggunaan obat-obatan anti nyamuk memang efektif dalam membasmi hama penghisap darah satu ini. Namun, penggunaan jangka panjang juga tidak direkomendasikan karena bisa memengaruhi kesehatan para penghuni rumah. Sebenarnya, untuk melindungi rumah dari serbuan nyamuk yang menyebalkan bisa menggunakan alternatif lain. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Apa saja tanaman-tanaman penangkal gangguan nyamuk tersebut? Ini 5 rekomendasinya.

Serai

(Alodokter)


Dikenal juga dengan sebutan sereh, selain sebagai salah satu bumbu untuk memasak, tanaman ini juga ampuh sebagai pengusir nyamuk. Serai dapat ditanam di semua jenis tanah dan di berbagai jenis iklim. Bau harum dari serai akan membuat nyamuk takut mendekat. Hal ini karena tanaman pengusir nyamuk satu ini memiliki kandungan zat sitronnellol dan geraniol yang dapat mengusir dan membunuh nyamuk. Selain ditanam di kebun atau halaman, kamu bisa menaruh serai di dalam rumah dengan memasukkannya ke dalam vas berisi air, Pins.

Baca Juga :

Beragam Jenis Tanaman Dalam Rumah Yang Baik Untuk Kesehatan

Lavender

(Shutterstock)

Merupakan tumbuhan semak dengan bunga berwarna ungu kebiruan. Tanaman hias pengusir nyamuk ini pastinya sudah sangat familier di telingamu ya, Pins. Lavender dapat ditanam pada ketinggian 500-1300 mdpl. Makin tinggi lahan tanamnya, makin tinggi pula kualitas yang dihasilkan oleh lavender tersebut. Lavender memiliki khasiat antijamur dan antiseptik, baunya juga sangat tidak disukai nyamuk.

Ini berkat kandungan zat lynalyl asetat dan linalool yang dapat membuat nyamuk tidak betah untuk berdekatan. Lavender menjadi salah satu aroma favorit yang terdapat pada lotion anti nyamuk. Cara lain memanfaatkan lavender adalah dengan menggosok tanaman tersebut ke kulitmu.

Geranium

(IDN Times)

Bunga pengusir nyamuk satu ini kerap disebut dengan tapak dara dan biasa ditemukan di pekarangan-pekarangan rumah. Dengan tinggi antara 20 hingga 60 cm, geranium cocok pula dijadikan sebagai tanaman hias. Usianya bisa mencapai 5 tahun dan pengembangbiakannya dengan cara stek batang. Bunganya yang berwarna-warni akan membuat teras rumah atau balkon menjadi semakin cantik. Geranium mengandung zat geraniol dan sitroneol yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk.

Marigold

(Kompas)

Orang Indonesia, khususnya di Jawa mengenal bunga ini dengan sebutan telekan yang berarti kotoran. Ini karena bunga marigold beraroma tidak sedap, beberapa orang menganggap baunya mirip kotoran. Namun siapa sangka, bau ini juga tidak disukai oleh nyamuk dan beberapa serangga pengganggu lainnya, seperti kutu daun dan lalat putih. Maka dari itu, marigold juga dijuluki sebagai bunga anti nyamuk.

Rosemari

(CNN Indonesia)

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah rosemari. Sama seperti serai, tumbuhan ini juga dikenal sebagai salah satu rempah dan bumbu masak, terutama untuk kuliner yang berasal dari mediterania. Tanaman ini cukup tahan di kondisi kering dan panas, seperti di Indonesia serta tahan dari berbagai hama pengganggu. Aromanya mirip dengan wangi minyak telon dan tentu saja, nyamuk membenci aroma ini. Selain nyamuk, beberapa hama serangga lain juga bisa diusir dengan tanaman rosemari ini.

Ramuan Pengusir Nyamuk Alami

(Halodoc)

Untuk lebih memaksimalkan fungsi berbagai tanaman hias pengusir nyamuk di atas, ada baiknya jika kita juga meracik tanaman-tanaman di atas menjadi ramuan alami pencegah nyamuk. Beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti :

  • Rebusan Daun Serai

Rebus daun serai dengan air secukupnya hingga tercium aroma harumnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengepel lantai dan menyemprot ke berbagai area yang disukai nyamuk.

  • Minyak Lavender

Membuat minyak dari bunga pengusir nyamuk satu ini memang tidak terlalu sulit, tetapi harus melalui beberapa proses untuk menghasilkan minyak lavender yang berkhasiat. Caranya, tumbuk lavender kering hingga keluar aromanya, rendam ke dalam minyak yang beraroma tidak tajam, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak biji bunga matahari. Jemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari atau panaskan menggunakan api kecil secara perlahan. Jika dirasa cukup, saring minyak dan langsung bisa digunakan.

  • Ekstrak Geranium

Pembuatannya mirip dengan minyak lavender. Bunga anti nyamuk ini bisa dipanen dan diekstrak sarinya kemudian dapat langsung diaplikasikan ke kulit sebagai lotion.

  • Sari Bunga Marigold

Efektivitas sari bunga marigold sudah dibuktikan di berbagai macam jurnal ilmiah. Selain dapat menghalau gigitan nyamuk, menggunakan sari bunga marigold pada kulit juga bisa meningkatkan sistem imun pada kulit. Hal tersebut karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya sehingga kulit akan lebih kebal terhadap infeksi bakteri, virus, ataupun jamur.

  • Usapkan Daun Rosemari ke Kulit

Aroma yang dihasilkan oleh tanaman rosemari bisa membuat nyamuk menjadi pusing. Ambil beberapa helai daunnya, gosok-gosokkan ke kulit tangan, kaki, atau bagian manapun, maka kamu akan terlindung dari serangan nyamuk-nyamuk nakal.

Tanaman pengusir nyamuk di atas bisa kamu tanam di halaman rumah atau ditanam di pot dan ditaruh di dalam rumah. Jika kamu menaruhnya di luar ruangan, usahakan untuk menaruhnya di dekat jendela, pintu, atau sudut-sudut ruangan ya, Pins. Ini akan membuat aroma dari bunga atau tanaman tersebut terbawa angin sehingga masuk ke dalam rumah. Selamat mencoba ya, Pins.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Dalam jual beli property, transaksi yang terjadi memiliki nominal yang sangat besar. Oleh sebab itu

Properti
Properti 5 Rekomendasi Perumahan di Bogor

Kota Bogor sering dijadikan destinasi wisata, terutama bagi orang-orang yang tinggal ibukota. Se

Properti
Properti Wajib Tahu! Kenali Perbedaan antara Perumahan Cluster, Residence, dan Townhouse

Perumahan terdiri dari berbagai macam model. Hal ini dapat disebabkan dari konsep awal perancang da

Properti
Properti 6 Rekomendasi Perumahan di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Tujuan orang-orang m

Lifestyle
Lifestyle 7 Tampilan Rumah Mak'e Soimah, Ada Di Jakarta dan Di Jogja, Lho!

Bukan hanya di Jakarta saja, ternyata Soimah juga punya rumah di Jogja, tepatnya di Bantul. Rumah S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia