Pinhome

Kesehatan

Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 30 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam dunia kesehatan tidak melulu tentang pengobatan secara konvensional seperti penanganan oleh dokter atau pemberian obat kimia kepada sang pasien. Semakin hari pengobatan dengan tumbuhan obat pun semakin berkembang. Mungkin Pins pernah dengar tentang khasiat bunga telang?

Pinhome – Banyak orang yang beralih pengobatan dengan tumbuhan obat yang kaya akan manfaat dalam menangani berbagai penyakit. Tumbuhan obat pun semakin dikenal seiring dengan penelitian terbaru yang juga semakin berkembang. 

Salah satu tumbuhan obat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia adalah bunga telang. Mungkin Pins belum terlalu mengenal apa itu bunga telang dan apa manfaat bunga telang yang terkandung dari tanaman obat ini. Mari simak pembahasan di bawah ini mengenai bunga Telang, bunga cantik dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. 

Mengenal Khasiat Bunga Telang

(Pinterest)

Bunga dengan nama latin Clitoria Ternatea atau lebih dikenal dengan nama bunga telang ini merupakan tanaman yang terkenal dengan warna biru cerah pada bunganya. Bunga telang ini berasal dari negara-negara di benua Asia Tenggara dan dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia. 

Bunga ini telah lama dikenal oleh masyarakat benua Asia dan biasa digunakan untuk pewarna alami makanan. Selain itu, bunga telang juga kerap digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah bentuk bunganya yang seperti corong dan memiliki beberapa jenis warna seperti biru, ungu, putih, dan merah muda. 

Sebenarnya bunga telang telah lama dikenal sebagai tanaman obat, namun penggunaannya sebagai obat marak digunakan di negara India dengan pengobatan yang dikenal dengan Ayurveda. Di balik bentuknya yang cantik dan warna yang memikat mata, bunga telang memiliki segudang khasiat yang dapat menyehatkan tubuh manusia. Mari kenali lebih lanjut berbagai kembang telang khasiatnya yang tinggi. 

Menjaga Jantung Lebih Sehat

(Pinterest)

Manfaat pertama dari bunga telang yang sangat penting untuk kesehatan manusia adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Tanaman obat ini dipercaya secara alami dapat mengatasi penyakit tinggi kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Sebuah studi ilmiah telah dilakukan oleh peneliti kepada hewan bahwa bunga telang dapat menurunkan kadar trigliserida dengan signifikan. Selain itu bunga ini juga menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, kadar kolesterol baik pun ikut meningkat. 

Baik untuk Kesehatan Mata

Kembang telang berkhasiat dapat menjaga dan membantu untuk kesehatan mata. Rebusan dari tanaman obat ini terbukti dapat mengobati masalah penyakit mata karena mengandung antioksidan. 

Proanthocyanidin yang merupakan salah satu antioksidan berperan dalam meningkatkan aliran darah ke kapiler mata di mana hal itu efektif dalam mengatasi kerusakan retina, penglihatan kabur, atau glaukoma. Minuman dari tumbuhan obat ini memang cukup populer digunakan di Indonesia. 

Membantu Program Diet

(Pinterest)

Kembang telang khasiat selanjutnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia adalah efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Ketimbang diet menggunakan obat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, orang-orang sudah mulai sadar dengan proses diet alami dengan bantuan bahan alam. Salah satu tren diet dengan minum teh sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Dengan membuat bunga telang sebagai teh terbukti dapat membantu menurunkan berat badan namun tetap sehat. Teh dengan tanaman ini ampuh membantu membakar lemak perut karena mengandung epigallocatechin gallate atau EGCG yang dapat mempercepat pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Penelitian membuktikan bahwa kandungan EGCG dalam bunga telang lebih tinggi dari pada teh lainnya. 

Meringankan Gula Darah

Kandungan antioksidan dalam bunga telang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjaga supaya tetap stabil. Selain itu, khasiat bunga ini juga baik dalam mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes insulin. Oleh karena itu Anda dapat menjadikan bunga telang sebagai suplemen atau teh yang dikonsumsi harian dalam menunjang pola hidup sehat. Selain itu juga selalu bijak dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula.

Paracetamol Alami

Khasiat bunga telang selanjutnya adalah dapat berperan sama sebagai paracetamol namun alami. Tanaman obat ini bersifat mirip dengan parasetamol yang dapat meredakan demam dan nyeri. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dosis 200-400 miligram ekstrak bunga telang dapat menurunkan demam suhu tubuh dalam lima jam setelah mengkonsumsi ekstrak tersebut. 

Kinerja bunga telang dalam menurunkan suhu tubuh yang panas ialah dengan membesarkan pembuluh darah di bawah kulit dan melancarkan aliran darah. Maka dari itu suhu tubuh perlahan turun dan mendinginkan darah. 

Menenangkan Depresi

(Pinterest)

Dalam ekstrak etanol bunga telang, peneliti mendapatkan sekitar 25 senyawa phyto comp. Dalam senyawa tersebut terdapat asam linolenat dan asam palmitat yang dipercaya dapat meringankan gejala depresi. Asam linolenat merupakan asam lemak omega-3 esensial yang dapat mengontrol kolesterol dalam darah. 

Selain itu, asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif atau juga sama dengan makna mencegah kerusakan sistem saraf pusat. Di samping itu, asam palmitat merupakan senyawa yang hampir sama dengan asam linolenat. Namun, asam palmitat lebih bersifat antioksidan yang juga terbukti dapat meredakan gangguan mental seperti depresi. 

Mengobati Diare

Khasiat yang satu ini biasanya dimiliki oleh bunga telang berwarna ungu. Khasiat bunga telang ungu ini memiliki efek anti radang dan anti diare yang bisa menyembuhkan diare. Oleh karena itu kembang telang berkhasiat ini sering dijadikan sebagai obat diare.

Itulah informasi mengenai manfaat dan khasiat bunga telang bagi kesehatan manusia. Sebagai tips, Anda dapat mengkonsumsi harian bunga telang sebagai teh untuk menunjang kestabilan kesehatan harian Anda. Semoga informasi mengenai tanaman obat ini bermanfaat dan dapat menjadi solusi hidup sehat Anda. 

Baca Juga: Beragam Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Achlisia

Bagikan Artikel