Pinhome

Biaya Bangun Rumah per Meter Persegi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 10 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Sebelum memulai proses pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, tentunya kita ingin tahu berapa biaya bangun rumah per meter persegi yang dibutuhkan untuk mewujudkan bangunan tersebut.

Dengan mengetahuinya, maka kita dapat mempersiapkan biaya yang diperlukan dengan tepat, atau jika dananya belum cukup maka bisa membuat desain rumah tumbuh dengan pembangunan secara bertahap.

Baca Juga: 

Bagi seorang insinyur atau arsitek mungkin tidak jadi masalah karena bisa menghitungnya dengan sistem analisa harga satuan sehingga dapat diperkirakan harga yang mendekati kenyataan.

Lalu bagaimana dengan masyarakat umum yang belum mengenal ilmu rencana anggaran biaya bangunan secara mendalam? Tenang saja, di sini kita akan memberikan sebuah solusi cara praktis dan mudah. Ini dia, cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi (m2).

Baca juga: 

Menghitung Biaya Bangun Rumah

cara menghitung biaya bangun rumah

Biaya membangun rumah dapat dihitung berdasarkan harga per m2 lantai bangunan, cara ini merupakan cara cepat menghitung biaya bangun rumah, namun mempunyai tingkat ketelitian yang belum dapat dipastikan sesuai dengan harga pekerjaan sebenarnya.

Harga bangunan per m2 bervariasi, sesuai lokasi pembangunan dan kualitas bangunan yang akan dibangun, untuk rumah tinggal berkisar antara Rp.1.000.000,00 sampai dengan Rp.3.500.000,00.

Misalnya, kita akan membangun rumah sederhana 1 lantai dengan ukuran 6 m x 10 m pada tanah persegi panjang dengan ukuran 6 m x 15 m, rumah ini dibangun pada suatu daerah, dengan data ini kita dapat menghitung perkiraan biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

Baca Juga: Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah

Luas rumah = 6m x 10m = 60 m2. (Pada rumah bertingkat dihitung luas masing-masing lantai lalu dijumlahkan total luas meter perseginya)

Harga bangunan per m2 = Rp.2.000.000,00. (Harga ini hanya sebagai contoh, diambil rata-rata saja, biaya per m2 berbeda masing-masing daerah dan kapan waktu pembangunan berlangsung)

Rencana anggaran biaya rumah = Luas rumah x harga bangunan = 60 m2  x  Rp.2.000.000,00 = Rp.120.000.000,00

Dari perhitungan biaya rumah diatas dapat kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan ukuran 6m x 10m ini membutuhkan biaya sekitar Rp.120.000.000,00.

Untuk ukuran bangunan yang lain dapat disesuaikan dengan luas bangunan dan harga per meter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan daerah dimana lokasi pembangunan dilakukan.

Baca juga:

Biaya Bangun Rumah per Meter

Sebelum memulai proses pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, tentunya kita ingin tahu berapa biaya bangun rumah per meter persegi yang dibutuhkan untuk mewujudkan bangunan tersebut.
(Viratp)

Sebelum masuk ke cara menghitungnya, berikut ini adalah urutan langkah menghitung biaya bangun rumah per meter yang harus kamu ketahui:

  1. Mencari tahu ukuran bangunan yang akan dibangun sehingga bisa dihitung berapa luasnya.
  2. Mencari tahu harga per m2 bangunan pada daerah dimana rumah akan dibangun, bisa dilakukan dengan melihat PBB, bertanya ke pemborong atau kontraktor, konsultasi dengan arsitek atau insinyur sipil, melihat data di notaris, dan sebagainya.
  3. Mengalikan luas rumah dengan harga per m2 sehingga diketahui berapa perkiraan biaya yang diperlukan.

Baca juga: 

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah per Meter

Rumus biaya bangun rumah = Luas rumah x harga per m2.

Misalnya kita akan membangun rumah 2 lantai dengan ukuran tanah 5m x 12 m, ukuran bangunan 5m x 10 m. Biaya bangun rumah di daerah tersebut adalah Rp.3.000.000,- , tipe rumah ini banyak dipakai pada perumahan sebagai pengembangan dari rumah type 36.

Disini kita membangun rumah dari awal bukan renovasi, pertanyaanya adalah berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut?

  • Luas tanah 5 m x 12 m = 60 m2 (data ini tidak kita butuhkan untuk menghitung biaya bangun rumah, kecuali ada pekerjaan landscape/taman).
  • Luas bangunan 5 m x 10 m x 2 lantai = 100 m2.
  • Harga per m2 = Rp 3.000.0000. 
  • Maka biaya bangun rumah adalah 100 m2 x Rp 3.000.000,- = Rp 300.000.000,- terbilang: (tiga ratus juta rupiah).

Rencana Anggaran Biaya Bangunan

Selain cara menghitung biaya bangun rumah atau rencana anggaran biaya bangunan per m2 terdapat cara lain yang lebih teliti namun juga diperlukan kesabaran dan ketilitian sehingga didapatkan hasil perhitungan yang mendekati kebenaran.

Misalnya, dengan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan atau volume pekerjaan dikalikan harga satuan, dari masing-masing harga per item pekerjaan tersebut kemudian direkap kedalam total rencana anggaran biaya untuk satu rumah secara utuh.

Untuk cara menghitung biaya bangun rumah dengan menggunakan analisa harga satuan bangunan ini dapat dilihat pada artikel tentang rencana anggaran biaya bangunan.

Baca Juga: Menghitung Biaya Bangun Rumah Tipe 36

Begitulah cara singkat untuk memperkirakan total biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan rumah idaman. Sekian ulasan dari Pinhome, semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Kamar Tidur
Kamar Tidur 7 Rekomendasi Furniture Untuk Kamar Korea Modern 

Drama Korea semakin digemari dan juga mempengaruhi selera masyarakatnya. Apalagi tak jarang ditunju

Kamar Tidur
Kamar Tidur Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur kayu. Rangka besinya kuat da

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia