Pinhome

Biaya Bangun Rumah per Meter Persegi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 25 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Sebelum memulai proses pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, tentunya kita ingin tahu berapa biaya bangun rumah per meter persegi yang dibutuhkan untuk mewujudkan bangunan tersebut.

Dengan mengetahuinya, maka kita dapat mempersiapkan biaya yang diperlukan dengan tepat, atau jika dananya belum cukup maka bisa membuat desain rumah tumbuh dengan pembangunan secara bertahap.

Baca Juga: 

Bagi seorang insinyur atau arsitek mungkin tidak jadi masalah karena bisa menghitungnya dengan sistem analisa harga satuan sehingga dapat diperkirakan harga yang mendekati kenyataan.

Lalu bagaimana dengan masyarakat umum yang belum mengenal ilmu rencana anggaran biaya bangunan secara mendalam? Tenang saja, di sini kita akan memberikan sebuah solusi cara praktis dan mudah. Ini dia, cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi (m2).

Baca juga: 

Biaya Bangun Rumah per Meter

Sebelum memulai proses pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, tentunya kita ingin tahu berapa biaya bangun rumah per meter persegi yang dibutuhkan untuk mewujudkan bangunan tersebut.
(Viratp)

Sebelum masuk ke cara menghitungnya, berikut ini adalah urutan langkah menghitung biaya bangun rumah per meter yang harus kamu ketahui:

  1. Mencari tahu ukuran bangunan yang akan dibangun sehingga bisa dihitung berapa luasnya.
  2. Mencari tahu harga per m2 bangunan pada daerah dimana rumah akan dibangun, bisa dilakukan dengan melihat PBB, bertanya ke pemborong atau kontraktor, konsultasi dengan arsitek atau insinyur sipil, melihat data di notaris, dan sebagainya.
  3. Mengalikan luas rumah dengan harga per m2 sehingga diketahui berapa perkiraan biaya yang diperlukan.

Baca juga: 

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah per Meter

Rumus biaya bangun rumah = Luas rumah x harga per m2.

Misalnya kita akan membangun rumah 2 lantai dengan ukuran tanah 5m x 12 m, ukuran bangunan 5m x 10 m. Biaya bangun rumah di daerah tersebut adalah Rp.3.000.000,- , tipe rumah ini banyak dipakai pada perumahan sebagai pengembangan dari rumah type 36.

Disini kita membangun rumah dari awal bukan renovasi, pertanyaanya adalah berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut?

  • Luas tanah 5 m x 12 m = 60 m2 (data ini tidak kita butuhkan untuk menghitung biaya bangun rumah, kecuali ada pekerjaan landscape/taman).
  • Luas bangunan 5 m x 10 m x 2 lantai = 100 m2.
  • Harga per m2 = Rp 3.000.0000. 
  • Maka biaya bangun rumah adalah 100 m2 x Rp 3.000.000,- = Rp 300.000.000,- terbilang: (tiga ratus juta rupiah).

Begitulah cara singkat untuk memperkirakan total biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan rumah idaman. Sekian ulasan dari Pinhome, semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel