BlogPemilik PropertiFinansialInvestasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti
0
0

Investasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Agu 23, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan investasi rumah atau apartementop-right-banner

Salah satu bisnis yang kini tengah digandrungi adalah bisnis properti, terutama investasi rumah atau apartemen. Luasnya pasar dan prospek yang cerah membuat bisnis ini kian hari kian diminati. Karena itu, Pins tidak perlu heran jika banyak orang menawarkan investasi di bidang properti.

Buat yang tertarik berbisnis di bidang properti, Pins bisa coba melakukan investasi rumah atau apartemen sebagai permulaan. Hal ini dikarenakan di antara berbagai macam properti yang ada, hunian dalam hal ini apartemen atau rumah merupakan jenis properti yang paling banyak dicari.

Nah, kira-kira apa saja, ya Pins, kelebihan investasi rumah atau apartemen dibanding jenis properti lain? Lalu apa yang harus Pins lakukan ketika berniat berinvestasi? Untuk mengetahui semuanya, yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga: 

Kelebihan Investasi Rumah atau Apartemen

kelebihan investasi rumah atau apartemen
Source : Indonesiaexpat.id

Seperti yang Pins ketahui, dalam hal ini rumah atau apartemen merupakan ladang investasi yang menjanjikan. Sebagai salah satu kebutuhan primer, permintaan orang-orang akan hunian tidak pernah merosot.

Selain itu, ada berbagai keuntungan yang akan Pins dapatkan jika berinvestasi pada rumah atau apartemen.

Baca juga: Buat Perantau Milenial, Lebih Baik Sewa Rumah atau Apartemen di Jakarta?

Keuntungan Membeli Rumah

beli rumah atau apartemen
Source : Shutterstock

Ternyata ada beberapa hal yang perlu Pins pertimbangkan sebelum memutuskan apakah beli rumah atau apartemen. Apapun pertimbangannya, kedua jenis hunian tersebut tentunya memiliki keuntungan masing-masing bagi Pins.

Jika Pins memilih untuk membeli rumah dibandingkan apartemen, simak apa saja keuntungan yang akan Pins dapatkan berikut ini:

Mudah Dijual

Bagi sebagian orang, memutuskan untuk beli rumah atau apartemen merupakan hal yang tidak mudah. Namun, jika Pins memutuskan untuk membeli rumah dibandingkan dengan apartemen, Pins akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan pertama yang akan Pins dapatkan yaitu rumah lebih mudah dijual kembali dibandingkan dengan apartemen.

Hal ini karena adanya kecenderungan untuk mudah bosan tinggal di apartemen sehingga banyak yang berminat untuk membeli rumah tapak. Selain itu, sertifikat rumah bisa digadaikan apabila Pins memiliki kebutuhan dana yang amat mendesak.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memilih Rumah atau Apartemen

Memiliki Rumah Sekaligus Lahan

Apabila Pins membeli rumah, Pins akan memiliki bangunan rumah sekaligus dengan tanahnya. Dengan lahan yang luas dan milik pribadi, Pins juga akan lebih mudah berkreasi sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan.

Selain itu, lahan di rumah tapak biasanya jauh lebih luas dibandingkan dengan apartemen yang memiliki ruang terbatas.

Memiliki Dua Legalitas

Pins akan mendapatkan dua legalitas jika membeli rumah, yaitu legalitas rumah sebagai bangunan dan tanah dalam bentuk sertifikat legal.

Inilah yang tidak akan Pins dapatkan jika membeli apartemen. Dua legalitas ini juga membuat Pins lebih fleksibel dalam mengelola hunian. Dengan adanya keuntungan ini, apakah Pins sudah memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen?

Lebih Menguntungkan Untuk Investasi

beli rumah atau apartemen
Source : Pixabay

Berbicara tentang investasi, Pins akan jauh lebih menguntungkan ketika membeli beli rumah dibandingkan dengan investasi. Pasalnya, dari tahun ke tahun harga properti rumah tapak selalu naik, apalagi jika rumah yang Pins miliki sangat strategis dengan fasilitas yang lengkap.

Sebenarnya, membeli apartemen juga menguntungkan jika Pins mengontrakkannya. Nilai jualnya pun akan tetap tumbuh setiap tahun, meskipun tidak setinggi rumah tapak. Namun, Pins harus tetap melakukan pembayaran lagi setelah 20 tahun untuk memperpanjang SHGB.

Baca juga: Sewa Rumah atau Apartemen, Ini yang Menguntungkan!

Keuntungan Membeli Apartemen

Setelah mengetahui beberapa keuntungan jika Pins membeli rumah, saatnya simak tentang ulasan keuntungan yang akan Pins dapatkan jika membeli apartemen.

Ulasan ini akan membantu Pins dalam memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen. Jika penasaran, simak 4 keuntungan yang akan Pins dapatkan jika membeli apartemen.

Baca juga: Lebih Mudah Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau Apartemen?

Lokasi Strategis

beli rumah atau apartemen
Source : Pexels

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, sebelum memutuskan untuk beli rumah atau apartemen, pertimbangkan soal lokasi. Pasalnya, kini sulit mencari hunian yang dekat dengan wilayah perkantoran atau dekat dengan pusat kota.

Dibandingkan dengan perumahan, apartemen lebih banyak berada di lokasi yang strategis yang dekat dengan pusat kota dan wilayah perkantoran.

Dengan begitu, apartemen sangat cocok bagi Pins yang masih bekerja dan memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, Pins juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses tempat tertentu tanpa bermacet-macet ria.

Lebih Praktis

Beli rumah atau apartemen adalah momok yang sedang hangat diperbincangkan sekarang ini. Namun, jika Pins mencari hunian yang lebih praktis, cobalah membeli apartemen.

Pasalnya, apartemen memberikan solusi gaya hidup praktis karena pemeliharaan, keamanan, dan kebersihannya dijalankan oleh pengelola. Pins hanya membayar service charge secara bulanan dan nikmatilah kepraktisannya.

Baca juga: Apartemen atau Rumah? Pilih Hunian Terbaik Versi Pins

Fasilitas Lengkap

Sudah tidak diragukan lagi jika apartemen memiliki fasilitas yang lengkap dibandingkan dengan rumah tapak. Misalnya, apartemen memiliki fasilitas seperti supermarket, tempat peribadatan, lapangan olahraga, spa, gym, kolam renang, sekolah, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang lengkap inilah yang dijadikan sebagai daya tarik jika Pins membeli apartemen dibandingkan dengan rumah tapak.

Berbeda dengan hunian rumah tapak yang fasilitasnya tidak selengkap jika Pins membeli apartemen. Jadi, sebelum memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen, pertimbangkan juga kelengkapan fasilitas yang akan Pins dapatkan.

Jika mencari hunian dengan fasilitas yang lengkap dan mudah dijangkau, apartemen merupakan pilihan yang tepat untuk Pins.

Meningkatkan Prestise Bagi Pemiliknya

Apartemen masih dipandang sebagai jenis hunian yang mewah dan pemiliknya memiliki status sosial yang tinggi. Persepsi inilah yang membuat orang-orang yang membeli apartemen hanyalah orang-orang yang mampu dan sudah mandiri secara finansial.

Oleh karena itu, tidak heran jika Pins membeli apartemen, maka prestise Pins juga akan meningkat.

Baca juga: Rumah Apartemen Minimalis, Hunian Yang Unggul Dan Cara Penataannya

Cara Invetasi Rumah atau Apartemen

kelebihan investasi rumah atau apartemen

Investasi rumah atau apartemen memang tengah menjadi tren mengingat investasi ini sangat menjanjikan. Meskipun demikian, Pins tidak boleh gegabah ketika akan berinvestasi. Ini dilakukan supaya Pins tidak dirugikan oleh pihak lain.

Berikut ini hal yang perlu Pins perhatikan sebelum melakukan investasi rumah atau apartemen.

Lokasi

Kunci dari investasi rumah atau apartemen adalah lokasi hunian tersebut. Hal tersebut dikarenakan lokasi sangat menentukan kenaikan harga apartemen atau rumah. Selain itu lokasi juga mempengaruhi prospek hunian tersebut di masa depan.

Apartemen atau rumah yang memiliki lokasi yang strategi biasanya memiliki nilai investasi yang tinggi. Terlebih jika hunian berada di dekat fasilitas publik dan mudah dijangkau oleh alat transportasi.

Apartemen atau rumah seperti ini biasanya banyak dicari sehingga kenaikan harganya cukup tinggi.

Baca juga: Faktor Penentu Harga Rumah Lebih Mahal

Mengamati Pergerakan Pasar

Jika Pins ingin melakukan investasi rumah atau apartemen, jangan pernah berhenti untuk memantau tren konsumen. Sebab, dengan memegang informasi tersebut Pins bisa menentukan langkah selanjutnya dengan tepat.

Cari tahu properti seperti apa yang banyak disukai sebelum berinvestasi. Selain selera konsumen, perubahan lingkungan juga bisa mempengaruhi harga jual rumah atau apartemen.

Pembukaan jalan, adanya alat transportasi massal baru atau perubahan peraturan, semua hal tersebut bisa membuat harga properti berubah-ubah. Karena itulah Pins harus sering melakukan pemantauan terhadap apartemen atau rumah yang menjadi incaran investasi.

Baca juga: Perkembangan Properti di Bekasi yang Semakin Pesat

Melihat Langsung Rumah Contoh

Sebelum melakukan investasi rumah atau apartemen, Pins sebaiknya pergi berkunjung untuk melihat kondisi properti yang telah selesai dibangun. Amati lingkungan di sekitar bangunan dan tentunya kondisi rumah atau apartemen tersebut.

Teliti apakah kualitas bangunan sesuai dengan yang diberitakan di iklan. Periksa setiap desain ruangan dan interiornya. Jika memungkinkan Pins juga bisa mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan kepada pengembang.

Selain bangunan rumah atau apartemen itu sendiri, Pins juga bisa melihat lingkungan di sekitar bangunan. Akses transportasi dan kemudahan jangkauan fasilitas umum merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Setelah memerhatikan kualitas bangunan, interior dan akses serta fasilitas, barulah Pins bisa berinvestasi, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa maksimal.

Baca juga: Keuntungan Investasi Property Yang Perlu Diketahui!

Status Lahan

Satu hal lagi yang harus Pins perhatikan sebelum investasi rumah atau apartemen yakni status lahan. Pastikan terlebih dahulu bahwa lahan yang tengah dibangun apartemen atau rumah memang telah dimiliki secara permanen oleh pengembang, dan bukan lahan dengan status BOT.

Sebagai informasi tambahan untuk Pins, status BOT (Bulid, Operate, Transfer) adalah sebuah istilah yang merujuk pada aset pemerintah dalam hal ini lahan, yang digunakan sementara oleh pihak swasta dalam jangka waktu tertentu.

Jika masanya telah berakhir, maka pihak swasta wajib mengembalikan lahan atau aset tersebut kepada pemerintah.

Nah, jika Pins berinvestasi pada properti berstatus BOT, pastinya Pins akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, Pins harus benar-benar memastikan bahwa lahan tempat Pins melakukan investasi rumah atau apartemen  telah dimiliki seutuhnya oleh pihak pengembang.

Kesimpulan

Investasi rumah atau apartemen merupakan salah satu investasi yang menjanjikan, apalagi jika Pins memilih hunian yang tepat. Nah, jika Pins berniat berinvestasi di bidang properti terutama rumah atau apartemen, Pinhome.id adalah tempat yang tepat.

Pins tidak hanya bisa membeli properti untuk investasi, akan tetapi Pins juga bisa menjualnya kembali lewat Pinhome.id. Dengan begitu, Pins akan lebih mudah dalam melakukan investasi rumah atau apartemen. Sebab Pinhome.id adalah solusi terbaik jual-beli properti!

Baca juga: Masih Bingung Beli Rumah atau Apartemen? Cek Pertimbangannya di Sini


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Citraland Vittorio dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download