Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Beli Rumah Tapak atau Apartemen? Keduanya Sama Bagus!

Beli Rumah Tapak atau Apartemen? Keduanya Sama Bagus!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 November 2021 ∙ 7 menit membaca

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Bentuknya tidak selalu rumah milik pribadi. Saat ini ada opsi baru yang cukup populer, yaitu rumah tapak atau apartemen. Keduanya banyak dipilih apalagi oleh anak muda yang tinggal di kota besar. Mengingat harga tanah dan rumah semakin mahal, maka ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Pinhome – Sebelum memutuskan membeli rumah tapak atau apartemen, Pins harus tahu dulu perbedaanya. Sebab meski sama-sama menguntungkan, ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kehidupan Pins nanti. Makannya di tulisan ini juga akan dibahas apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan memiliki hunian. Jangan khawatir, pokoknya semua informasi lengkap bisa Pins temukan di bawah.

Baca juga: Sewa Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Apa Itu Rumah Tapak?

Mari awali pembahasan tentang rumah tapak atau apartemen dengan mengetahui apa itu rumah tapak. Pada dasarnya, rumah tapak hampir sama dengan rumah lainnya. Perbedaannya adalah dari segi bangunan, yakni rumah ini langsung dibangun di atas tanah. Seiring dengan semakin mahalnya harga tanah, rumah tapak kini dibangun bergandengan dengan rumah lainnya sehingga berdempetan.

Harga tanah yang semakin mahal pun membuat rumah tapak banyak dibangun di pinggiran kota untuk menarik minat pembeli kelas menengah. Jadi kalau Pins kerja di tengah kota dan nggak masalah jauh sedikit, maka bisa pilih rumah tapak. Sebab beberapa lokasi pembangunan rumah tapak ada yang dekat dengan fasilitas transportasi umum, seperti stasiun, halte busway, pangkalan ojek, dan sebagainya.

Dari segi kepemilikan, antara rumah tapak atau apartemen lebih menguntungkan rumah tapak. Kepemilikan rumah tapak atas tanah dan bangunan. Berbeda dengan apartemen yang hanya diberikan hak guna saja, bukan kepemilikan sepenuhnya. Namun, tak dapat dipungkiri kalau lingkungan dan fasilitas lebih lengkap apartemen.

Satu hal yang menarik adalah dari segi biaya. Harga sewa apartemen bisa jadi satu rumah tapak di daerah pinggiran dengan lahan yang lebih luas. Ini yang biasanya menjadi dilema para pekerja di ibu kota. Apakah sebaiknya memilih rumah tapak atau apartemen. Untuk problem yang satu ini akan Pins temukan solusinya di pembahasan selanjutnya.

Baca juga: Rumah Susun atau Apartemen, Pilih yang Mana?

Rumah tapak atau apartemen
(Pixabay)

Alasan Orang Memilih Apartemen

Setelah Pins mengetahui konsep rumah tapak, kini saatnya membahas tentang apartemen. Pin harus tahu kalau keputusan seseorang memilih rumah tapak atau apartemen berbeda. Sebab kini tinggal di apartemen telah menjadi tren, terlebih bagi mereka anak muda yang kerja di perkotaan. Ada pula alasan lainnya mengapa apartemen dijadikan tempat tinggal:

1. Lokasi Strategis

Lokasi adalah faktor yang cukup mempengaruhi seseorang memilih tinggal di rumah tapak atau apartemen. Tidak seperti rumah tapak, apartemen banyak dibangun di perkotaan. Lokasinya cenderung di daerah strategis, yakni dekat dengan pusat perbelanjaan, komplek perkantoran, atau memang di wilayah apartemen.

Lokasi ini tidak hanya strategis, tapi juga terkesan elite. Ini disesuaikan dengan target pasar penghuni apartemen, yaitu kalangan masyarakat kelas menengah ke atas. Mereka adalah orang-orang yang punya standar hidup tinggi, kehidupan sosial luas, dekat dengan teknologi, dan modern. Makannya jangan heran kalau apartemen ditawarkan dengan cara yang lebih elegan dibandingkan rumah tapak.

Baca Juga: Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian

2. Fasilitas Lengkap

Di bagian atas sempat disinggung sekilas tentang fasilitas. Fasilitas yang dimaksud di sini adalah sarana dan infrastruktur yang ada di sekitar rumah tapak atau apartemen. Alasan mengapa tinggal di apartemen lebih nyaman karena fasilitasnya lengkap, seperti lahan parkir yang luas dengan penjagaan 24 jam, tempat gym, jogging track, lapangan bermain, cafe, minimarket atau supermarket, hingga akses langsung ke mall.

Semua fasilitas itu sebanding dengan harga sewa yang cukup tinggi. Tapi ini tidak menjadi masalah kalau Pins memang punya budget besar untuk hunian sehingga memilih rumah tapak atau apartemen bukan lagi suatu permasalahan besar. Pins bisa hidup lebih nyaman dan mudah karena semua kebutuhan dasar lainnya sudah tersedia di satu tempat kalau tinggal di apartemen.

Baca Juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

3. Keamanan Terjaga

Salah satu perbedaan antara rumah tapak atau apartemen adalah dari sisi keamanannya. Buat yang tinggal di rumah sendiri, maka keamanan menjadi tanggung jawab pribadi. Namun ini tidak menjadi beban bagi mereka yang tinggal di apartemen. Setiap apartemen akan diawasi oleh security selama 24 jam dan CCTV di sejumlah bagian gedung. Dengan begitu, tempat tinggal Pins lebih aman dari target maling.

Resiko inilah yang menjadi alasan seseorang saat memilih tinggal di rumah tapak atau apartemen. Mereka tidak perlu khawatir kalau harus pergi keluar kota dalam waktu lama jika tinggal di apartemen. Ada satpam yang akan menjaga serta CCTV yang memantau lingkungan sekitar. Bahkan, sejumlah apartemen pun ada yang menawarkan fasilitas pembersihan ruangan dengan jaminan keamanan.

Baca Juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu dan Unik

4. Gengsi

Ini yang dimaksud tinggal di apartemen menjadi sebuah tren. Tak sedikit orang-orang memilih rumah tapak atau apartemen berdasarkan gengsi. Kalau Pins tinggal di apartemen akan terlihat lebih keren dan berkelas. Selain karena lokasinya, Pins pun dianggap sebagai orang kelas ekonomi menengah ke atas karena harga sewa apartemen yang cukup mahal, apalagi di tengah kota.

Gengsi juga bisa dipengaruhi dengan pertemanan yang sebelumnya sudah tinggal di rumah tapak atau apartemen. Biasanya kalau teman-teman banyak yang tinggal di apartemen, maka seseorang pasti ingin hal serupa. Begitu pun sebaliknya, jika mayoritas orang-orang sekitar tinggal di rumah pribadi, pasti terpikirkan untuk membeli rumah sendiri.

Baca Juga: Tips Membuat Gambar Rumah

5. Bisa Untuk Investasi

Baik rumah tapak atau apartemen sama-sama bisa dijadikan investasi. Tapi ingat, tujuan investasi keduanya berbeda. Apartemen sering diinvestasikan untuk jangka pendek karena bisa disewakan dan lebih mudah untuk dijual kembali. Sedangkan rumah tapak adalah investasi jangka panjang. Sedikit orang yang membeli rumah tapak untuk disewakan atau dijual. Lagi pula menjual rumah tidak semudah menjual apartemen.

Kalau berniat ingin diturunkan atau diwariskan, maka antara rumah tapak atau apartemen bisa dilakukan. Namun perbedaannya adalah pada hak si penerima. Untuk apartemen, seseorang hanya bisa memperpanjang Hak Guna Bangunan (HGB) dengan kesepakatan tertentu dengan pengelola bangunan.

Baca Juga: Fitur Penting yang Harus Ada Pada Rumah Orang Lansia

Pentingnya Memikirkan Masa Depan

Rumah tapak atau apartemen
(Pixabay)

Masa depan Pins harus dipersiapkan dari sekarang. Memutuskan memilih rumah tapak atau apartemen termasuk salah satunya. Ingat, harga tanah dan rumah secara grafik terus meningkat dari tahun ke tahun. Meski Pins punya pilihan untuk mengajukan pinjaman ke bank, jangan lupa suku bunga pun terus naik. Jadi pertimbangkan rencana hunian sedini mungkin.

Kalau Pins bingung menentukan antara rumah tapak atau apartemen, Pins bisa bandingkan keduanya berdasarkan pembahasan di atas. Lihat dari segi lokasi, kemampuan finansial, kenyamanan, legalitas, hingga tujuan investasi. Semua hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan memutuskan rumah tapak atau apartemen. Sebab sebenarnya tidak ada yang lebih baik antara satu dengan yang lain kalau keputusan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Pins.

Buat yang sudah berkeluarga, jangan lupa libatkan suami atau istri. Ajak mereka berdiskusi apakah sebaiknya tinggal di rumah tapak atau apartemen. Pertimbangannya bukan hanya dari segi ekonomi saja, tetapi juga menyangkut kenyamanan banyak orang. Apalagi kalau Pins sudah punya anak, perhatikan lingkungan sekitar apakah aman dan mendukung perkembangan mereka atau tidak.

Rumah tapak atau apartemen cocok dijadikan pilihan sebagai hunian. Keduanya memang dihadirkan untuk menjawab permasalahan lahan tempat tinggal yang semakin terbatas dihadapkan dengan kemampuan ekonomi masyarakat yang tidak merata. Masing-masing menawarkan keuntungannya sendiri, namun jangan lupa dibalik itu juga ada kekurangan harus dipertimbangkan oleh Pins.

Baca Juga: Ciri Rumah Aman dan Nyaman Untuk Keluarga

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel