BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Penyebab Utama Atap Rumah Berjamur dan Cara Mencegahnya
0
0

3 Penyebab Utama Atap Rumah Berjamur dan Cara Mencegahnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 3, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Adanya jamur pada atap rumah tentunya mengganggu penampilan dari rumah Kamu. Penyebab atap rumah berjamur pada rumah diakibatkan dari kondisi bagian atap yang lembab. Seringnya terkena hujan membuat atap menjadi mudah ditumbuhi oleh jamur. Itulah kenapa beberapa orang memilih menggunakan cat anti jamur.

Jamur dapat memicu produksi mikroba dan bakteri, yang kemudian paparan terhadap bakteri tersebut dapat memicu faktor yang menghasilkan alergi, iritasi pada mata, kulit, hidung dan tenggorokan. Menghirup atau menyentuh spora jamur dengan sering juga dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Apabila terus menerus dibiarkan, bahan dari atap akan rusak karena jamur dan berpengaruh ke keshatan. Kemudian, apa saja penyebab atap rumah berjamur dan cara mencegahnya? Simak disini ya, Pins!

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Penyebab Atap Rumah Berjamur

Source : Pixabay

Atap rumah dapat berjamur karena beberapa faktor sebagai berikut:

Kelembaban

Manfaat air hujan memanglah banyak, namun jika atap rumah sering terkena air hujan dan memiliki sirkulasi udara yang buruk dapat membuat lingkungan menjadi lembap, kondisi itu yang menyebabkan atap rumah menjadi berjamur, Pins!

Kurangnya Paparan Sinar Matahari

Source : Pixabay

Jamur akan tumbuh dengan baik ditempat yang dimana paparan sinar dari mataharinya kurang. Atap rumah menjadi berjamur karena tertutup misal oleh pohon-pohon dan juga bangunan yang menjadi rentan berjamur.

Material yang Kurang Bagus

Ada jenis atap yang memiliki sifat serap airnya tinggi, dan salah satunya adalah genteng yang kita tahu terbuat dari tanah liat. Ini akan membuat penyebab atap rumah berjamur semakin masif dan sering tumbuh, Pins!

Menumpuknya Debu dan Kotoran

Penyebab lain yang menjadi pendukung pertumbuhan jamur di atap rumah yaitu adalah menumpuknya debu dan kotoran, yang mana merupakan sumber nutrisi untuk jamur dapat tumbuh berkembang.

Cara Mencegah Atap Rumah yang Sudah Berjamur

Source : Pixabay

Kamu harus mengetahui cara-cara berikut yang dapat berguna untuk membersihkan jamur pada atap rumah.

1. Siapkan Perlengkapan

Kamu harus menyiapkan perlengkapan dalam membersihkan jamur untuk melindungi diri. Kamu dapat menyiapkan alat pelindung seperti kacamata pelindung, topi untuk melindungi kepala dari matahari, sarung tangan karet, dan tangga juga tali untuk keamanan diri saat naik ke atap rumah.

Lalu, kamu harus menyiapkan air dan juga cairan pembersih. Kamu juga perlu menutup tanaman yang ada di sekitar atap, Kamu dapat menguunakan terpal atau plastik. Hal ini berguna untuk melindungi tanaman dari kerusakan atau kotoran.

2. Semprot Atap

Selanjutnya, kamu dapat membersihkan jamur dengan cara menyemprotkan air di permukaan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran kering yang ada di sekitar jamur, dan agar proses selanjutnya menjadi lebih mudah.

3. Cabut Jamur dengan Bersih’

Setelah disemprot air, Kamu dapat membersihkan atap dari jamur dengan mencabuti jamur sampai ke akar-akarnya dengan tangan yang sudah memakai sarung tangan karet. Kamu juga dapaet mengeruk sisa dari akar dengan menggunakan sekop kecil. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar penyebab atap rumah berjamur tidak ada lagi. Pastikan kamu cabur sampai akar tanpa sisa.

4. Gunakan Produk Pembersih

Source : Pixabay

Langkah berikutnya, kamu dapat menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan jamur dengan lebih efektif. Kamu dapat mencari di toko offline maupun online dan mengikuti petunjuk pemakaian. 

Kamu juga dapat membuat cairan untuk membersihkan di rumah dengan bahan-bahan yaitu, 1 liter pemutih campur dengan galon air dan ¼ cup pembersih berat, yaitu misalnya trisodium fosfat.

Tapi, kamu juga harus menghindari pembersih dengan kandungan yang berbahan dasar amonia, karena jika dicampur dengan pemutih dapat menghasilkan asap yang beracun, Pins. Alternatif selanjutnya kamu dapat membuat pembersih dari 1 cup pemutih oksigen dan 1 galon air.

5. Gosok dengan Cairan Pembersih

Setelah itu, tuang larutan yang Kamu pakai ke alat penyemprot untuk disemprotkan ke atap yang berjamur. Lalu biarkan larutan tersebut bekerja yaitu selama sekitar 20 menit, dan Kamu dapat menggosoknya dengan sikat hingga jamur bersih terangkat.

6. Bilas Atap Rumah dengan Bersih

Setelah Pins sudah menyemprotkan dengan cairan pembersih, Kamu dapat melakukan pembilasan dengan bersih. Pakailah selang air dengan tekanan sedang agar dapat membersihkan sisa-sisa dari produk cairan pembersih dan juga jamur dapat bersih terbilas.

Pastikan lagi Kamu telah membilas permukaannya dengan bersih dan menyeluruh agar tidak ada lagi sisa atau residu yang tertinggal. Bila diperlukan, kamu dapat mengulang proses penggosokan apabila masih ada bagian yang belum bersih, Pins.

Demikian pembahasan mengenai penyebab atap rumah berjamur dan juga cara mencegahnya. Semoga dapat bermanfaat bagi Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download