Pinhome

5 Aplikasi Desain Rumah Untuk Pemula dan Profesional

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 12 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Aplikasi desain rumah bisa menjadi alternatif Anda untuk membuat konsep rumah yang Anda inginkan. Saat ini banyak aplikasi desain yang sudah dapat digunakan oleh pemula, sehingga Anda dapat memanfaatkannya tanpa harus memiliki skill yang tinggi.

Seiring berkembangnya teknologi, kini Pins bisa mendesain rumah sendiri lho! Ya, mendesain rumah sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan dan menciptakan kepuasan tersendiri. Berbagai aplikasi telah diciptakan untuk mempermudah Pins dalam mendesain rumah, mulai dari aplikasi yang dapat digunakan di PC (Personal Computer) hingga di Handphone.

Apa saja aplikasi desain rumah yang bisa Pins gunakan? Simak daftarnya pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Paduan Desain Dan Ukuran Rumah Type 36

Aplikasi Desain Rumah Untuk Pemula

(University Rooms)

Umumnya, para desain interior akan menggunakan beberapa aplikasi desain rumah profesional seperti, Homestyler, Swet Home 3D, My deco-3D room planner, Ikea Home Planner, Ikea kitchen planner, Design My Room, DryWall Estimator, Smart Draw, Small Blue Printer, Small Blue Printer: Gardener Planner, Floor Planner, dan Architect Studio 3D.

Aplikasi desain rumah tersebut biasanya memiliki komponen tools yang kompleks dan lebih detail untuk mendesain rumah. Tak hanya itu, untuk bisa menguasainya pun dibutuhkan jangka waktu yang cukup lama, namun tentu akan menghasilkan desain rumah yang profesional juga. Tapi Pins gak perlu khawatir, di sini Pinhome juga akan memberikan rekomendasi aplikasi desain rumah untuk pemula!

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Desain Rumah? Ini Ulasannya

Home 3 Design

aplikasi desain rumah
(Sweet Home 3D)

Home 3 Design adalah aplikasi desain Android yang mudah digunakan sehingga sangat memungkinkan dipakai oleh pemula. Home 3 Design menyediakan fitur yang memudahkan Pins fokus pada bangunan secara detail, mulai dari ruangan, lantai, aksesoris yang akan digunakan pada interior rumah, hingga dinding rumah.

Aplikasi ini membantu Pins mendesain rumah, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Namun, untuk mendapatkan fitur lainnya yang dapat mempermudah Pins dalam mendesain rumah, Pins harus mengupgrade akun menjadi premium.

Baca juga: AutoDesk DragonFly: Sebuah Software Desain Rumah Online

RoomSketcher Home Designer

aplikasi desain rumah
(Pinterest)

RoomSketcher Home Designer adalah aplikasi gratis desain rumah PC yang dapat Pins coba. Aplikasi desain rumah ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin mendesain sebuah rumah. Aplikasi RoomSketcher Home Designer memiliki fitur yang cukup lengkap dengan tampilan yang sangat sederhana sehingga memudahkan pemula dalam merancang rumah.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, Pins hanya perlu melakukan drag-and-drop untuk membuat desain rumah impian yang kamu inginkan!

Baca juga: Tips Berhemat dalam Desain Rumah

Houzz Interior Design Ideas

aplikasi desain rumah
(Vulcan Post)

Aplikasi Houzz Interior Design Ideas adalah salah satu aplikasi yang cukup populer di kalangan pemula. Houzz Interior Design Ideas merupakan aplikasi desain rumah yang dapat digunakan pada Android. Aplikasi desain rumah Android ini dapat digunakan untuk mendesain rumah mulai dari desain interior hingga dekorasi ruangan.

Bagi pemula, aplikasi yang satu ini menyediakan fitur nasihat ahli jika Pins kesulitan untuk mendapatkan ide-ide keren dalam mendesain rumah. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur view room yang terhubung dengan kamera sehingga gambaran hasil desain rumah akan terlihat semakin nyata dan jelas.

Setelah Pins selesai mendesain rumah menggunakan aplikasi ini, Pins dapat membagikan hasil karya  dengan mudah ke media sosial lho! Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi untuk desain rumah yang satu ini memerlukan memori yang cukup besar. Jadi, pastikan bahwa handphone atau tablet Pins cukup untuk menginstall aplikasi yang satu ini ya!

Baca juga: Begini Cara Membuat Desain Rumah 3D

Aplikasi Desain Rumah Planner 5D

(Planner 5D)

Aplikasi Planner 5D adalah aplikasi desain rumah Android yang dapat memudahkan pemula untuk mendesain rumah. Aplikasi ini menyediakan fitur view mode dalam dua jenis dimensi, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Sehingga akan membuat desain rumah terkesan lebih nyata dan lebih detail. Planner 5D akan memudahkan Pins dalam membuat desain tampak luar dan tampak dalam (desain interior) karena banyaknya tools yang tersedia.

Namun jika kebingungan, Pins dapat menggunakan berbagai template yang tersedia pada aplikasi. Tidak seperti aplikasi Houzz Interior Design Ideas, aplikasi Planner 5D tidak membutuhkan ruang yang begitu banyak karena ukurannya yang kecil. Jadi bagi Pins yang memiliki handphone dengan ruang yang tidak terlalu besar, Pins dapat mencoba aplikasi yang satu ini.

Room Planner – Interior Design IKEA

(Pinterest)

Room Planner – Interior Design IKEA adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan furnitur ternama IKEA. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi untuk desain rumah yang dapat Pins coba.

Selain itu, aplikasi ini memudahkan Pins yang ingin merancang rumah sedetail mungkin hingga ke hal-hal kecil. Salah satu contohnya adalah Pins dapat menempatkan perabotan dan aksesoris interior rumah pada ruangan yang Pins desain. Namun, perlu diketahui bahwa fitur aplikasi ini dapat dikatakan kurang lengkap karena tingkat kompleksitas desain yang cukup rendah.

Baca juga: Langkah-langkah Membuat Desain Rumah Online

Aplikasi Desain Rumah Untuk Profesional

Selain itu, ada beberapa software untuk menggambar rumah lain. Aplikasi-aplikasi ini bisa kamu lakukan jika sudah mahir menggunakan alat untuk pemula Pins. Berikut ini beberapa referensinya. Yuk kita simak!

AutoCAD

(Bukalapak)

Software AutoCAD sering digunakan dari mulai perencanaan rumah tinggal sederhana sampai pembangunan gedung bertingkat, kemudahan serta hasil output yang baik merupakan alasan arsitek untuk setia menggunakanAutoCAD, gambar yang dapat dibuat denganAutoCAD misalnya gambar 2 dimensi (denah, tampak,potongan,detail), serta gambar 3 dimensi (perspektif, isometric, site plan).

Berbagai kursusAutoCAD dapat dijumpai diberbagai kota Indonesia yang mengajarkan bagaimana menggunakan berbagai toolbar dalam softwareAutoCAD untuk menggambar bangunan.

3D MAX

(3d max review/YouTube Autodesk)

Software 3d max digunakan arsitek untuk membuat gambar 3 dimensi karena hasil output software ini bisa terlihat detail seperti tampilan texture material yang digunakan, pencahayaan serta berbagai permainan gambar lainya sehingga gambar 3 dimensi terlihat nyata, dengan kata lain sebelum rumah dibangun, kita sudah mempunyai foto jadinya sebagai bayangan seperti apakah rumah setelah dibangun.

Baca juga: 5 Alasan Menggunakan Jasa Desain Rumah Profesional

SketchUp

(Sketch up)

Software ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan 3d max namun lebih cenderung digunakan untuk membuat sketsa gambar rumah karena kemudahan dalam penggambaran berbagai model serta bentuk bangunan dalam waktu yang cepat baik berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi.

ArchiCAD

(APK Pure)

Mempunyai fungsi yang hampir sama dengan autocad namun mempunyai berbagai fitur yang dapat menjadi cirri khas software archi cad ini sehingga mempermudah untuk menggambar rumah.

Microsoft Excel

(Liputan6)

Meskipun sebenarnya bukan software untuk menggambar rumah atau bangunan namun nampaknya sering digunakan untuk menggambar rumah oleh masyarakat umum, khususnya pembuatan gambar sketsa untuk diberikan kepada penyedia jasa gambar rumah.

Itulah informasi tentang aplikasi desain rumah yang mudah yang dapat dicoba oleh pemula. Jika Pins ingin mulai mendesain rumah, Pins dapat mulai meng-install salah satu aplikasi di atas yang sesuai dengan spek perangkat yang Pins miliki. 

Baca juga:

Koordinator: Aileen

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Magenta Residence dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia