Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Dalam Menggambar Rumah Minimalis dengan Mudah

Cara Dalam Menggambar Rumah Minimalis dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 3 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Menggambar adalah hal yang menjadi hobi banyak orang. Karena menggambar adalah aktivitas yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa Anda tuangkan ke dalam gambar, mulai dari benda hidup seperti manusia, hewan dan tanaman, hingga benda mati salah satunya rumah. Ya, jika Anda pandai dalam menggambar, rumah adalah salah satu kegiatan yang jika Anda tekuni dapat mendatangkan uang lho! 

Pinhome – Karena Anda dapat menggambar rumah sebagai patokan desain dalam membangun rumah. Salah satunya adalah menggambar rumah minimalis. Rumah minimalis memang sangat populer belakangan ini. Jadi tidak heran, menggambar rumah minimalis bisa membuat Anda mendapat keuntungan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggambar rumah, berikut ini cara menggambar rumah minimalis dengan mudah.

Baca Juga: Berbagai Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Cari Referensi

(Pixabay)

Hal yang pertama perlu Anda lakukan sebelum mendesain gambar rumah minimalis adalah mencari referensi. Anda dapat melakukan riset desain-desain rumah minimalis. Pins dapat mencarinya di internet atau majalah-majalah desain. Hal ini untuk mempermudah Pins dalam mencari inspirasi saat menggambar. Jadi Pins tidak akan kesulitan dalam membuat gambar rumah minimalis. Pastikan Anda sudah memiliki inspirasi sebelum Anda benar-benar menuangkannya ke kertas.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Kost Kekinian Yang Bikin Betah

Pikirkan Konsep

(Pixabay)

Langkah selanjutnya yang dapat Pins lakukan adalah memikirkan konsep rumah. Pins perlu memikirkan bagaimana bentuk rumah yang akan Anda gambar, berapa ruangan yang akan digambar dan detail-detail lain yang ingin Anda tambahkan ke dalam gambar rumah seperti garasi, taman dan masih banyak lagi. Jadi ketika Pins ingin menggambar, Anda sudah tahu benar rumah seperti apa yang ingin Pins gambarkan.

Baca juga: Gambar Rumah: Ide Dasar Bangun Rumah

Menggambar Dinding Luar Rumah

(Pixabay)

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan setelah mencari referensi dan memikirkan konsep adalah mulai menggambar dinding rumah. Anda dapat melakukannya dengan pensil terlebih dahulu agar lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan. Pins dapat memulai dengan menggambar dinding bagian luar rumah. Anda juga bisa menambahkan hal-hal penting yang terdapat pada dinding bagian depan rumah seperti jendela, pintu ventilasi dan sebagainya. Selain hal-hal yang menempel pada dinding, Anda juga bisa menambahkan beberapa hal lain seperti tanaman hias, pepohonan dan masih banyak lagi.

Jika Anda menggambar rumah dengan lantai bertingkat, Anda dapat membuat tembok lebih tinggi dan menambahkan garis tengah pada tembok sesuai tingkatan lantai yang Pins inginkan. Misalnya Pins hanya ingin menggambar rumah minimalis dua lantai, maka Anda dapat membuat garis di tengah tembok. Namun jika Pins ingin menggambar rumah minimalis tiga tingkat, Anda dapat menggambar tembok lebih tinggi lagi dan membagi tembok menjadi tiga bagian dengan garis horizontal.

Menggambar Dinding Bagian Dalam

menggambar rumah
(Pixabay)

Setelah membuat sketsa dinding bagian luar bangunan, Anda dapat melanjutkan menggambar dinding bagian dalam. Pada bagian ini Anda dapat menggambar interior yang dapat mempercantik hunian. Pastikan ketika Anda membuat gambar dinding rumah bagian dalam dengan ketebalan yang sama dengan dinding bagian luar rumah. Pada tahap ini Anda dapat mulai menentukan titik tiap pintu ruangan dan jendela. Pikirkan dengan matang agar jendela atau pintu tidak terlalu besar atau berbenturan dengan benda penting lain seperti jendela yang terlalu dekat dengan pintu. Hal ini karena jendela dan pintu akan sangat mempengaruhi tata letak interior dan furniture rumah. Selain itu Anda juga harus memikirkan skala jendela dengan ukuran  

Membuat Gambar Interior Rumah

menggambar rumah
(Pixabay)

Selain itu Anda dapat menambahkan beberapa ruangan yang dilengkapi dengan furniturenya seperti sofa, kasur dan benda lainnya. Berikan warna yang sesuai dengan inspirasi Anda, usahakan untuk membuat warna antar ruangan lebih menyatu. Hal ini agar konsep keseluruhan ruangan tampak menyatu satu sama lain dan tidak menghilangkan konsep rumah minimalis. Saat membuat gambar interior rumah, gambarlah beberapa interior seperti lampu, rak dan pajangan modern yang dapat membuat rumah semakin bergaya minimalis modern.

Membuat Gambar Eksterior Rumah

menggambar rumah
(Pixabay)

Setelah membuat interior, Anda dapat melanjutkannya dengan gambar eksterior hunian. Jika sebelumnya Anda sudah menambahkan beberapa tanaman hias, buat bagian luar rumah semakin jelas dan cantik. Anda bisa menambahkan taman kecil atau kolam ikan yang dapat membuat rumah semakin asri. Jangan lupa untuk membuat garasi atau tempat meletakkan kendaraan agar gambar rumah semakin lengkap dan jelas. Jika sudah, Pins juga dapat menambahkan detail-detail seperti pagar rumah dan beberapa tambahan ruangan ekstra.

Itulah informasi tentang bagaimana cara menggambar rumah minimalis yang mudah untuk dilakukan. Jika Pins ingin menggambar rumah minimalis, pastikan Anda telah melihat berbagai contoh gambar rumah minimalis agar lebih mudah dalam mencari inspirasi sebelum menggambar. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel