Cara Menggambar Rumah Untuk Pemula, Gampang Banget!

Diperbarui oleh Rizko Fatra ∙ December 8, 2021 ∙ 5 menit membaca

Menggambar adalah hal yang menjadi hobi banyak orang. Karena menggambar adalah aktivitas yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa kamu tuangkan ke dalam gambar, mulai dari benda hidup seperti manusia, hewan dan tanaman, hingga benda mati salah satunya rumah.

Jika kamu pandai menggambar rumah dan menekuninya, kegiatan ini dapat mendatangkan uang lho! Karena kamu dapat menggambar rumah sebagai patokan desain dalam membangun rumah. Salah satunya adalah menggambar rumah minimalis.

Rumah minimalis memang sangat populer belakangan ini. Jadi tidak heran, menggambar rumah minimalis bisa membuatmu mendapat keuntungan. Bagi kamu yang tertarik untuk menggambar rumah, berikut ini cara menggambar rumah minimalis dengan mudah.

Baca juga: Berbagai Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Cara Menggambar Rumah

Cara Menggambar Rumah
(Pixabay)

Cari Referensi

Hal yang pertama perlu kamu lakukan sebelum mendesain gambar rumah minimalis adalah mencari referensi. Kamu dapat melakukan riset desain-desain rumah minimalis. Pins dapat mencarinya di internet atau majalah-majalah desain.

Hal ini untuk mempermudah Pins dalam mencari inspirasi saat menggambar. Jadi Pins tidak akan kesulitan dalam membuat gambar rumah minimalis. Pastikan kamu sudah memiliki inspirasi sebelum kamu benar-benar menuangkannya ke kertas.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Kost Kekinian Yang Bikin Betah

Pikirkan Konsep

Cara Menggambar Rumah
(Pixabay)

Cara menggambar rumah selanjutnya yang dapat Pins lakukan adalah memikirkan konsep rumah. Pins perlu memikirkan bagaimana bentuk rumah yang akan kamu gambar.

Berapa ruangan yang akan digambar dan detail-detail lain yang ingin kamu tambahkan ke dalam gambar rumah seperti garasi, taman dan masih banyak lagi. Jadi ketika Pins ingin menggambar, kamu sudah tahu benar rumah seperti apa yang ingin Pins gambarkan.

Baca juga: Gambar Rumah: Ide Dasar Bangun Rumah

Menggambar Dinding Luar Rumah

(Pixabay)

Cara menggambar rumah selanjutnya yang dapat kamu lakukan setelah mencari referensi dan memikirkan konsep adalah mulai menggambar dinding rumah. Kamu dapat melakukannya dengan pensil terlebih dahulu agar lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan.

Pins dapat memulai dengan menggambar dinding bagian luar rumah. Kamu juga bisa menambahkan hal-hal penting yang terdapat pada dinding bagian depan rumah seperti jendela, pintu ventilasi dan sebagainya.

Selain hal-hal yang menempel pada dinding, kamu juga bisa menambahkan beberapa hal lain seperti tanaman hias, pepohonan dan masih banyak lagi.

Jika kamu menggambar rumah dengan lantai bertingkat, kamu dapat membuat tembok lebih tinggi dan menambahkan garis tengah pada tembok sesuai tingkatan lantai yang Pins inginkan.

Misalnya Pins hanya ingin menggambar rumah minimalis dua lantai, maka kamu dapat membuat garis di tengah tembok. Namun jika Pins ingin menggambar rumah minimalis tiga tingkat, kamu dapat menggambar tembok lebih tinggi lagi dan membagi tembok menjadi tiga bagian dengan garis horizontal.

Baca juga: Gambar Rumah Kartun Sederhana yang Bisa Kalian Ikuti

Menggambar Dinding Bagian Dalam

menggambar rumah
(Pixabay)

Setelah membuat sketsa dinding bagian luar bangunan, kamu dapat melanjutkan menggambar dinding bagian dalam. Pada bagian ini kamu dapat menggambar interior yang dapat mempercantik hunian.

Pastikan ketika kamu membuat gambar dinding rumah bagian dalam dengan ketebalan yang sama dengan dinding bagian luar rumah. Pada tahap ini kamu dapat mulai menentukan titik tiap pintu ruangan dan jendela.

Pikirkan dengan matang agar jendela atau pintu tidak terlalu besar atau berbenturan dengan benda penting lain seperti jendela yang terlalu dekat dengan pintu.

Hal ini karena jendela dan pintu akan sangat mempengaruhi tata letak interior dan furnitur rumah. Selain itu kamu juga harus memikirkan skala jendela dengan ukuran.

Baca juga: Cara Membaca Gambar Rumah yang Baik dan Benar

Membuat Gambar Interior Rumah

(Pixabay)

Selain itu kamu dapat menambahkan beberapa ruangan yang dilengkapi dengan furniturenya seperti sofa, kasur dan benda lainnya. Berikan warna yang sesuai dengan inspirasimu, usahakan untuk membuat warna antar ruangan lebih menyatu.

Hal ini agar konsep keseluruhan ruangan tampak menyatu satu sama lain dan tidak menghilangkan konsep rumah minimalis. Saat membuat gambar interior rumah, gambarlah beberapa interior seperti lampu, rak dan pajangan modern yang dapat membuat rumah semakin bergaya minimalis modern.

Baca juga: Konsultan Desain Interior Rumah

Membuat Gambar Eksterior Rumah

(Pixabay)

Setelah membuat interior, kamu dapat melanjutkannya dengan gambar eksterior hunian. Jika sebelumnya kamu sudah menambahkan beberapa tanaman hias, buat bagian luar rumah semakin jelas dan cantik.

Kamu bisa menambahkan taman kecil atau kolam ikan yang dapat membuat rumah semakin asri. Jangan lupa untuk membuat garasi atau tempat meletakkan kendaraan agar gambar rumah semakin lengkap dan jelas.

Jika sudah, Pins juga dapat menambahkan detail-detail seperti pagar rumah dan beberapa tambahan ruangan ekstra.

Itulah informasi tentang bagaimana cara menggambar rumah minimalis yang mudah untuk dilakukan. Jika Pins ingin menggambar rumah minimalis, pastikan kamu telah melihat berbagai contoh gambar rumah minimalis agar lebih mudah dalam mencari inspirasi sebelum menggambar. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Koordinator: Aileen

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia