3 Tips Membuat Desain Rumah Type 36 Beserta Keuntungannya

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ November 14, 2022 ∙ 6 menit membaca

Rumah type 36 adalah salah satu jenis desain rumah minimalis. Model rumah ini tidak begitu luas, namun sekarang banyak orang yang berminat terhadapDesain Rumah Type 36 ini.

Rumah tipe 36 tidak hanya berlaku untuk bangunan rumah, tetapi bisa juga untuk kamar apartemen.

Dengan memerhatikan desain denah ruangan, bagaimana penataan interior, sirkulasi udara, serta tak lupa pencahayaan yang tepat. Maka, rumah tipe 36 akan tetap terasa nyaman untuk dihuni.

Berikut ini paduan desain, denah, dan ukuran rumah type 36 yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Biaya Membangun Rumah Tipe 36

Tips Membuat Desain Rumah Type 36

Untuk membangun rumah type 36 diperlukan kekreatifan untuk menyiasati interior setiap ruangan yang ada agar bisa terlihat menarik walaupun kecil. Biasanya di rumah tipe 36 hanya ada satu kamar anak saja.

Namun jika kamu memiliki tanah yang cukup luas di sekitar rumah tipe 36, kamu masih bisa melakukan beberapa perubahan, tidak seperti apartemen tipe 36. Berikut, paduan interior untuk rumah tipe 36 minimalis modern.

1. Gunakan Partisi

Desain Rumah Type 36
(Shutterstock)

Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar-pasang pun sangat dianjurkan, pemilihan interior dan cat ruangan pun akan menentukan apakah desain rumah tersebut mengesankan walau kecil.

Untuk memulai membangun rumah type 36, kamu bisa membuat daftar ruangan yang dibutuhkan dan tak luas dari masing-masing ruangan.

Kamu bisa memulai dari ruangan utama seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan lain-lain. Kamu bisa menghitung luas masing-masing ruangan utama tersebut dan menentukan posisinya.

2. Pemilihan Furniture

Desain Rumah Type 36
(Shutterstock)

Setelah itu, kamu bisa memperkirakan perabotan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Dalam hal ini, kita harus memerhatikan bahwa ada cukup sirkulasi udara setelah memasukkan perabotan tersebut.

Sedikit tips, untuk ruangan yang sering basah seperti kamar mandi, tempat mencuci dan dapur dibuat secara berdekatan atau bisa dalam satu jalur agar gampang untuk pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Buangan air kotor ke septiktank pun harus diupayakan lurus jangan berbelok.

3. Ruangan Multifungsi

Desain Rumah Type 36
(Shutterstock)

Dalam rumah type 36, yang harus diutamakan adalah ruangan yang fungsional atau memang benar-benar berguna. Ruangan di rumah tipe 36 sering kali tidak bisa berfungsi tunggal tetapi multi-fungsi. 

Mengingat kondisi rumah yang memang sempit sehingga kamu harus memaksimalkan sedemikian rupa ruangan-ruangan yang ada.

Sebagai contoh, ruang tamu juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca karena tamu datang hanya sekali-sekali jadi kenapa harus dibiarkan kosong kalau begitu?

Atau ruang belajar anak, kamu bisa menggunakan ruangan tersebut untuk ruang kerja juga. Sehingga tercipta kedekatan antar keluarga.

Baca Juga: Denah Rumah Ukuran Tanah

Desain dan Ukuran Rumah Type 36

Desain Rumah Type 36
(shutterstock)

Sebagai contoh, tata ruang type 36 terdiri dari ruang serba guna, 2 ruang tidur, kamar mandi, dapur dan carport atau garasi mobil. Ruang serbaguna berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan yang lainnya dengan luas 3x4m.

Ruang kamar tidur berada di sebelah kiri dari ruangan serba guna berukuran 3×2,5m. Ruang tidur anak terletak di bagian belakang ruang serba guna dengan ukuran 3×2,5m. Kamar mandi dengan ukuran 1,5×1,5m dan dapur 2×1,5m.

Dapur dan kamar mandi bisa diletakkan di bagian belakang karena termasuk area service. Di bagian kiri depan rumah, kamu bisa meletakkan carport dengan luar 4x3m.

Bangunan rumah tipe 36 ini bergaya modern minimalis. Untuk teras depan, diberi motif garis-garis pada kolom-kolom teras depan agar terkesan lebar.

Untuk mempertegas jendela kamar tidur yang diapit oleh dinding, kamu bisa mengecat warna cerah. Untuk kusen pintu dan jendela sebaiknya pakailah yang praktis dan ringan.

Kamu juga harus memerhatikan ventilasi udara yang ada, sebaiknya di setiap ruangan diberi ventilasi udara bisa berbentuk persegi saja.

Baca juga: Cara Menabung Untuk Beli Rumah Impian Yang Mudah

Keuntungan Rumah Type 36

Hemat listrik
(Pixabay)

Tidak hanya itu saja, berikut beberapa keuntungan yang bisa Pins dapatkan jika menempati rumah tipe 36:

1. Hemat listrik

Rumah tipe 36 cenderung lebih hemat listrik karena rumah ini mempunyai lahan yang lebih kecil untuk menampung hawa panas dan dingin. Selain itu, karena keterbatasan tempat, biasanya peralatan listrik menjadi lebih sedikit dan secara otomatis pemakaian listrik pun menjadi minim.

Baca juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

2. Mudah dibersihkan

Ruang yang lebih sempit berarti lebih sedikit ruang yang harus dibersihkan. Waktu yang dikeluarkan Pins untuk bebersih dan mengurus rumah pun menjadi lebih efisien. Sisi baiknya, kita bisa menggunakan waktu yang dimiliki untuk bermain di luar dan melakukan berbagai kegiatan yang disenangi sebagai keluarga.

Baca juga: 9 Ciri Rumah yang Bersih Untuk Hunian yang Sehat

3. Lebih nyaman dan akrab

Tidak seperti rumah gedongan lainnya, rumah tipe 36 hanya mempunyai ruangan-ruangan kecil. Setiap ruangan pasti lebih terasa akrab dan membuat kecenderungan untuk berkumpul menjadi lebih meningkat, Pins.

4. Lebih murah

Biaya hidup di rumah type 36 pastinya akan jauh lebih murah. Contohnya, bisa saja di rumah yang kecil ini Pins tidak membutuhkan AC karena memang sudah sejuk, dan merasa sudah cukup dengan hanya menggunakan kipas angin.

Otomatis, biaya yang  dikeluarkan Pins untuk listrik rumah menjadi lebih sedikit sehingga Pins bisa berhemat.

5. Unik

Percaya atau tidak, para penghuni perumahan type 36 biasanya lebih akrab antara satu penghuni dengan penghuni lainnya. Banyak tempat untuk bercengkrama bersama yang membuat keakraban para penghuninya terjalin dengan lebih erat.

Baca Juga: Desain Rumah Kos

Kekurangan Rumah Type 36

(Pixabay)

Setelah kita membahas berbagai keuntungannya tinggal di tipe rumah 36, sekarang saatnya menyiapkan diri dengan berbagai tantangan yang juga datang berbarengan saat Pins memutuskan tinggal di tipe rumah 36:

1. Tak bisa seenaknya membawa barang baru

Salah satu tantangan untuk hidup di rumah sederhana, kita harus memikirkan banyak hal sebelum bisa membawa barang baru ke rumah. Untuk Pins yang memiliki rumah kecil, akan jauh lebih baik kalau mempergunakan barang-barang yang mempunyai banyak guna.

Saat ini ada banyak furnitur ataupun peralatan rumah tangga yang mengamini prinsip ini.

2. Menyimpan barang menjadi kebiasaan tak baik

Jika pada akhirnya Pins memutuskan untuk membawa barang baru ke rumah, disiplinkan diri bahwa barang yang sejenis dan berukuran sama harus disingkirkan.

Menimbun dan menyimpan barang berlama-lama menjadi kebiasaan tidak baik jika Pins tinggal di rumah sederhana. Akan lebih baik kalau barang lama milikimu dijual kembali atau malah didonasikan untuk membahagiakan sesama.

Baca Juga: Aplikasi Desain Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

Kalau kamu sedang belajar jual beli aset digital, mungkin kamu pernah menjumpai istilah airdrop. Ka

Finansial
Finansial Apa itu Rig Crypto? Lengkap dengan Cara Miningnya

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah mining atau menambang dalam dunia kripto. Termas

Finansial
Finansial Apa itu Staking Crypto? Simak Penjelasan Detailnya!

Kalau bicara masalah cryptocurrency, kamu mungkin kerap mendengar salah satu istilah yang cukup pop

Finansial
Finansial Apa itu Bearish dan Bullish dalam Pasar Kripto? Begini Cara Memprediksinya

Saat masuk ke dalam pasar kripto, akan ada istilah-istilah yang mungkin terdengar asing di teling k

Hobi
Hobi 10 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Busi motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus dalam keadaan baik. Kamu har

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia