Pinhome

Paduan Desain dan Ukuran Rumah Type 36

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 20 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah type 36 adalah salah satu jenis desain rumah minimalis. Model rumah ini tidak begitu luas, namun sekarang banyak orang yang berminat terhadap model minimalis rumah type 36 ini.

Rumah tipe 36 tidak hanya berlaku untuk bangunan rumah, tetapi bisa juga untuk kamar apartemen.

Dengan memerhatikan desain denah ruangan, bagaimana penataan interior, sirkulasi udara, serta tak lupa pencahayaan yang tepat. Maka, rumah tipe 36 akan tetap terasa nyaman untuk dihuni.

Berikut ini paduan desain, denah, dan ukuran rumah type 36 yang harus kamu ketahui.

Paduan Rumah Type 36

Untuk membangun rumah type 36 diperlukan kekreatifan untuk menyiasati interior setiap ruangan yang ada agar bisa terlihat menarik walaupun kecil. Biasanya di rumah tipe 36 hanya ada satu kamar anak saja.

Namun jika kamu memiliki tanah yang cukup luas di sekitar rumah tipe 36, kamu masih bisa melakukan beberapa perubahan, tidak seperti apartemen tipe 36. Berikut, paduan interior untuk rumah tipe 36 minimalis modern.

1. Gunakan Partisi

rumah type 36

Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar-pasang pun sangat dianjurkan, pemilihan interior dan cat ruangan pun akan menentukan apakah desain rumah tersebut mengesankan walau kecil.

Untuk memulai membangun rumah type 36, kamu bisa membuat daftar ruangan yang dibutuhkan dan tak luas dari masing-masing ruangan.

Kamu bisa memulai dari ruangan utama seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan lain-lain. Kamu bisa menghitung luas masing-masing ruangan utama tersebut dan menentukan posisinya.

2. Pemilihan Furniture

rumah type 36
(Shutterstock)

Setelah itu, kamu bisa memperkirakan perabotan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Dalam hal ini, kita harus memerhatikan bahwa ada cukup sirkulasi udara setelah memasukkan perabotan tersebut.

Sedikit tips, untuk ruangan yang sering basah seperti kamar mandi, tempat mencuci dan dapur dibuat secara berdekatan atau bisa dalam satu jalur agar gampang untuk pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Buangan air kotor ke septiktank pun harus diupayakan lurus jangan berbelok.

3. Ruangan Multifungsi

rumah type 36
(Shutterstock)

Dalam rumah type 36, yang harus diutamakan adalah ruangan yang fungsional atau memang benar-benar berguna. Ruangan di rumah tipe 36 sering kali tidak bisa berfungsi tunggal tetapi multi-fungsi. 

Mengingat kondisi rumah yang memang sempit sehingga kamu harus memaksimalkan sedemikian rupa ruangan-ruangan yang ada.

Sebagai contoh, ruang tamu juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca karena tamu datang hanya sekali-sekali jadi kenapa harus dibiarkan kosong kalau begitu?

Atau ruang belajar anak, kamu bisa menggunakan ruangan tersebut untuk ruang kerja juga. Sehingga tercipta kedekatan antar keluarga.

Baca Juga: Denah Rumah Ukuran Tanah

Desain dan Ukuran Rumah Type 36

denah rumah type 36
(Shutterstock)

Sebagai contoh, tata ruang type 36 terdiri dari ruang serba guna, 2 ruang tidur, kamar mandi, dapur dan carport atau garasi mobil. Ruang serbaguna berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan yang lainnya dengan luas 3x4m.

Ruang kamar tidur berada di sebelah kiri dari ruangan serba guna berukuran 3×2,5m. Ruang tidur anak terletak di bagian belakang ruang serba guna dengan ukuran 3×2,5m. Kamar mandi dengan ukuran 1,5×1,5m dan dapur 2×1,5m.

Dapur dan kamar mandi bisa diletakkan di bagian belakang karena termasuk area service. Di bagian kiri depan rumah, kamu bisa meletakkan carport dengan luar 4x3m.

Bangunan rumah tipe 36 ini bergaya modern minimalis. Untuk teras depan, diberi motif garis-garis pada kolom-kolom teras depan agar terkesan lebar.

Untuk mempertegas jendela kamar tidur yang diapit oleh dinding, kamu bisa mengecat warna cerah. Untuk kusen pintu dan jendela sebaiknya pakailah yang praktis dan ringan.

Kamu juga harus memerhatikan ventilasi udara yang ada, sebaiknya di setiap ruangan diberi ventilasi udara bisa berbentuk persegi saja.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Kota Podomoro Tenjo di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Surat-menyurat tak cuma digunakan di perkantoran, tapi administrasi publik juga, seperti halnya den

Kecantikan
Kecantikan 13 Trend Model Rambut Mullet Wanita Edgy

Model rambut mullet wanita, kini mulai wara-wiri menjadi salah satu tren yang digemari, khusunya un

Edukasi
Edukasi Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja & Cara Membuatnya

Berkas administrasi yang diperlukan sebelum bisa mulai bekerja di sebuah perusahaan itu berbeda sat

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar

Sakit merupakan satu kondisi yang tak bisa dihindarkan. Hal ini tentu membuat tubuh malas dan tak n

Kecantikan
Kecantikan 15 Model Rambut Pria Undercut yang Menggoda Wanita

Tidak kalah dengan wanita, model rambut pria juga cukup beragam, Pins! Salah satu yang digemari par

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia