Kamus Istilah Properti

Wardrobe

istilah properti

Wardrobe

Wardrobe adalah lemari dinding yang digunakan untuk menyimpan pakaian. 

Pengertian Wardrobe 

wardrobe
(Pexels)

Wardrobe adalah lemari dinding yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Kata ini diambil dari bahasa Inggris ‘wardrobe’ yang berarti lemari pakaian.

Seiring perkembangan zaman, pengertian wardobe mengalami pergeseran. Kini istilah wardrobe pun digunakan dalam bidang entertainment khususnya produksi film atau televisi.  

Dalam bidang pertelevisian, wardrobe diartikan sebagai kostum pemain atau busana. Pengertian ini juga akrab digunakan dalam bidang fotografi. Ringkasnya, bidang fotografi menyebut wardrobe sebagai pakaian yang digunakan oleh modelnya.  

Beda Wardrobe dan Walk-in Closet

wardrobe
(Pexels)

Dalam dekorasi rumah, wardrobe kerap dikaitkan dengan walk-in closet. Sebab, keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni tempat untuk menaruh pakaian. 

Walau demikian, sebetulnya wardrobe dan walk-in closet berbeda. Nah, supaya Pins tidak bingung, berikut perbedaan wardrobe dan walk-in closet yang perlu diketahui. 

Wardrobe

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wardobe merupakan lemari atau tempat untuk menaruh pakaian. 

Umumnya, wardrobe memiliki tingga sekitar dua meter. Selain itu, terdapat pula beberapa pintu dan rak rak baju yang dimanfaatkan untuk menyimpan lipatan pakaian. Ada pula gantungan untuk menyimpan pakaian yang mesti diganti, seperti coat atau jas. 

Wardobe kerap disebut sebagai loose furniture karena dapat dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Namun biasanya, wardrobe diletakkan di dalam kamar atau di sekitarnya. 

Walk-in closet

Pengertian dan fungsi walk-in closet sendiri sebetulnya tak jauh berbeda dengan wardrobe, yakni sama-sama digunakan untuk menyimpan pakaian. 

Walau demikian, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya yakni pada fungsinya. 

Bila wardrobe hanya digunakan untuk menyimpan pakaian, walk-in closet justru dapat dimanfaatkan untuk menyimpan aksesori lainnya, seperti tas dan sepatu. Pasalnya, ukuran walk-in closet lebih besar daripada wardrobe

Selain itu, di beberapa desain walk-in closet juga ditambahkan meja rias untuk tempat bercermin atau bersolek. Biasanya, walk-in closet dengan desain ini dibuat di ruang yang mewah.

Perbedaan lainnya yakni pada produk yang digunakan serta tata letaknya. Umumnya, wardrobe memakai lemari atau produk jadi yang kemudian diletakkan di dalam kamar.  Sementara itu, walk-in closet dibuat berdasarkan pesanan atau customized. Tata letak walk-in closet pun tak melulu di kamar tidur. Ada pula yang membuat walk-in closet di satu ruangan khusus. 

Sederhananya, walk-in closet bisa dibilang sebagai ruang wardrobe yang lebih besar dan proper. Oleh karena itu, wajar bila harga walk-in closet pun lebih mahal jika dibandingkan dengan wardrobe

Fungsi Wardrobe untuk Interior Rumah 

(Pexels)

Selain digunakan untuk menyimpan pakaian, wardrobe adalah juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Khususnya dalam dekorasi atau interior rumah. 

Beberapa beberapa fungsi penggunaan wardrobe dalam interior rumah.

Menciptakan area rumah yang lebih rapi 

Wardrobe dapat membuat rumah terlihat lebih rapi karena tidak ada pakaian yang berserakan. 

Bahkan bila tata cara menyusun pakaiannya sesuai, wardrobe pun bisa dimanfaat untuk menyimpan banyak barang. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi menaruh barang yang seringkali berserakan. 

Memberi kesan estetik pada ruangan 

Penggunaan wardobe pada ruangan dapat membuat tampilannya lebih estetik. Terlebih jika kamu menggunakan wardrobe yang desainnya sesuai dengan tema kamar. 

Menciptakan kesan luas

Pemilihan desain wardobe dan ukuran yang sesuai dapat membuat kamar terkesan luas. Sebab, kamu tak perlu menggunakan banyak rak atau storage lagi untuk menyimpan banyak barang. Cukup gunakan satu wardrobe saja. 

Namun, pastikan untuk memilih desain dan ukuran yang tepat agar kamar tidak terkesan sumpek. 

Tips Merancang Wardrobe Room di Kamar Tidur

wardrobe
(Pexels)

Wardrobe umumnya ditempatkan di kamar tidur. Oleh sebab itu, penempatannya harus dipikirkan matang-matang karena di kamar tidur juga ada perkakas lainnya.

Sebagai gambaran, berikut tips merancang wardrobe untuk kamar tidur supaya tidak membuat ruangan sumpek. 

Sesuaikan desain wardrobe dengan tema kamar tidur 

Sama seperti elemen dekorasi lainnya, pemilhan wardobe di kamar tidur pun harus disesaukan dengan tema ruangan. 

Untuk kamar tidur modern, sebaiknya pilih wardrobe dengan model simpel dan minimalis. Sementara, bila kamar tidurmu bertema tradisional atau klasik, silakan gunakan wardrobe dengan ornamen atau corak hiasan. 

Pilih wardrobe dengan ukuran yang tepat

Sebelum memilih wardobe, pastikan kamu sudah mengukur luas kamar. 

Sebagai gambaran, umumnya wardrobe berukuran 2-2,5 meter. Jadi, pastikan kamar tidur memiliki luas yang cukup besar supaya tidak sempit dan sumpek.

Bila tidak memungkinkan, maka gunakan wardrobe berukuran kecil. Atau, bisa juga diakali dengan memilih wardrobe desain terbuka agar ruangan terkesan luas. 

Pertimbangkan desain pintu wardrobe

Walau nampak sederhana, pintu wardrobe pun dapat memengaruhi estetika serta kapasitas ruang. 

Umumnya, ada tiga jenis pintu yang digunakan pada wardrobe, seperti sliding door, folding door, dan swing door.  

Jika kamar tidurmu berukuran kecil, lebih baik gunakan pintu jenis sliding door atau folding door. Kedua pintu ini tidak akan makan tempat saat dibuka. Dengan demikian, Pins tidak perlu menyisakan sebagain ruang kosong untuk tempat membuka pintunya. 

Pilih wardrobe yang memiliki banyak ruang penyimpanan

Guna memaksimalkan manfaatnya, sebaiknya pilih wardrobe yang memiliki banyak ruang penyimpanan. Baik rak susun ataupun gantungannya. 

Jika ruang penyimpanannya cukup banyak, maka Pins tidak perlu membeli atau rak lagi untuk menaruh perkakas lainnya. Jadi, semua pakaian maupun aksesori dapat disimpan di satu wardrobe saja. 

Demikian ulasan mengenai wardrobe yang perlu Pins pahami mengenai wardrobe adalah lemari dinding yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Semoga membantu dan bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea Lyliana

Editor: Achlisia