Kamus Istilah Properti

Homestay

istilah properti

Homestay

Homestay adalah rumah yang sebagian kamar atau seluruh ruangannya disewakan kepada tamu sebagai tempat menginap dengan jangka waktu tertentu.

Apa itu homestay?

(Tempo)

Ketika memiliki investasi properti berupa rumah, kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber pemasukan tambahan. Rumah tersebut bisa dikontrakkan sebagai tempat tinggal, tempat usaha, kantor, maupun menyulapnya menjadi homestay.

Homestay adalah sebuah rumah yang sebagian kamar atau seluruh ruangannya disewakan kepada tamu sebagai tempat menginap dengan jangka waktu tertentu. Tiap-tiap homestay punya sistem penyewaan yang berbeda, ada yang bisa hanya di sewa kamarnya saja, ada pula yang disewa satu bangunan penuh. Bahkan, beberapa pemilik penginapan jenis ini ada juga yang tinggal juga di rumah yang ruangannya disewakan.

Banyak wisatawan yang lebih tertarik untuk bermalam di penginapan jenis ini. Hal tersebut dikarenakan penginapan jenis ini memiliki fasilitas yang mumpuni, namun harga sewanya lebih murah dibandingkan dengan menyewa kamar di hotel atau penginapan sejenisnya.

Untuk sistem manajemennya, sebuah homestay bisa saja dikelola dengan layaknya hotel, losmen, atau penginapan-penginapan jenis lain. Hal ini berlaku pada rumah-rumah yang sudah menjadi mitra dari booking agent penginapan yang basisnya online. Namun, ada juga jenis homestay yang jalankan dengan sistem yang lebih sederhana.

Wilayah yang cocok untuk dijadikan homestay

(Gatra)

Sebenarnya semua rumah memungkinkan untuk dijadikan sebagai homestay. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara menarik tamu untuk datang secara konstan jika niat awalnya adalah menjadikan usaha ini sebagai penghasilan tambahan.

Jika bicara soal potensi, rumah yang berada di wilayah wisata adalah tempat yang paling tepat untuk dijadikan sebagai homestay. Hal ini dikarenakan, daerah tersebut kemungkinan besar akan mengundang wisatawan untuk datang. Beberapa wisatawan juga punya potensi untuk bermalam di lokasi wisata terdekat, maka dari itu lokasi semacam ini punya poin plus untuk dijadikan homestay.

Tempat yang terkenal sebagai pusat industri, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan sektor-sektor lainnya juga punya peluang yang cukup baik untuk mengoperasikan sebuah homestay. Akan ada kemungkinan area tersebut dikunjungi oleh pendatang yang perlu bermalam dengan durasi tertentu karena kebutuhan khusus. Misalnya datang untuk bertemu dengan klien atau rekanan, mengikuti tes masuk perguruan tinggi, mendampingi proses pengobatan kerabat, dan lain-lain.

Cara mendandani, mempromosikan, dan menyewakan

(Sewa Rumah Jogja)

Pada bagian ini, akan dibagikan beberapa poin-poin yang bisa Pins terapkan jika tertarik untuk mencari pemasukan tambahan melalui pemanfaatan rumah sebagai homestay. Prosesnya terbagi atas mendandani rumah, membuat sistem pengelolaan dan mempromosikan.

Mendandani rumah agar layak menjadi homestay

Hal paling pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan rumah dan ruangan-ruangan di dalamnya. Untuk sebuah homestay di mana pemiliknya tinggal bersama tamu, ruangan kamar yang akan disewakan adalah target utama yang perlu ditangani terlebih dahulu.

Ruangan kamar yang akan disewakan harus diberi fasilitas-fasilitas yang layak atau bahkan mungkin memberikan kenyaman lebih bagi tamu. Furniture-furniture dasar yang dibutuhkan antara lain adalah tempat tidur, perlengkapan tidur, gorden, dan lemari atau gantungan baju. Furniture lain bisa ditambahkan seperti pendingin ruangan, meja, kursi, lampu tidur dan lain-lain.

Jika ruangan kamar dilengkapi dengan kamar mandi, pastikan agar semua fasilitas MCK dapat berjalan dengan baik. Apabila ingin memberikan fasilitas tambahan, pengelola bisa menambahkan water heater, perlengkapan mandi, kloset duduk, wastafel dan lain-lain. Apabila ruang kamar yang disewakan tidak memiliki kamar mandi, setidaknya ada satu kamar mandi umum yang bisa diakses kapanpun oleh tamu.

Ruangan di luar kamar tidur, seperti ruang tamu, teras, ruang keluarga dan lain-lain juga perlu untuk dipercantik dengan ornamen-ornamen yang memiliki tampilan menarik. Penambahan furniture yang nyaman seperti sofa, bean bag dan semacamnya juga akan menambah tingkat kenyamanan dari tamu. Begitu juga fasilitas-fasilitas tambahan seperti WiFi, televisi, dan lain-lain juga layak untuk diperhitungkan pengadaannya.

Membuat sistem pengelolaan

Agar usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, maka kita perlu membuat sistem pengelolaan untuk homestay yang dirintis. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut:

  • Menentukan tarif sewa.
  • Menimbang servis apa saja yang bisa didapatkan oleh tamu.
  • Membuat peraturan do and dont’s untuk tamu.
  • Menentukan jadwal bersih-bersih ruangan dan area homestay.
  • Membuat pembukuan untuk operasional homestay.

Mempromosikan ke publik

Saat ini, kita dimudahkan dengan keberadaan internet. Kita bisa memaksimalkan sosial media maupun layanan-layanan publikasi berbasis online yang saat ini banyak digunakan sebagai medium marketing.

Di sosial media, kita bisa membuat akun homestay kita kemudian mempromosikan homestay lewat iklan berbayar. Pilihan iklan ada dua jenis, yang pertama iklan yang di-provide resmi oleh sosial media terkait dan yang kedua iklan yang disediakan oleh akun-akun pengiklan yang memiliki banyak follower.

Cara kedua adalah menjalin kerjasama atau memasang iklan di website atau aplikasi dari booking agent penginapan berbasis online. Masing-masing agensi punya sistem dan persyaratan yang berbeda-beda, jadi carilah agensi yang sesuai dengan preferensi.

Selain itu, kita juga memanfaatkan laman pencarian google. Di sini, kita tinggal membuat profil homestay kita di Google Map dan meminta setiap pelanggan memberi review lewat akun google mereka. Apabila profil memiliki rating yang baik, maka profil dari homestay kita akan direkomendasikan oleh Google ketika ada user yang melakukan pencarian homestay di wilayah tersebut.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.