Kamus Istilah Properti

Pipa Tembaga

istilah properti

Pipa Tembaga

Pipa tembaga adalah jenis pipa yang sering digunakan untuk instalasi air panas dan dingin, instalasi AC, mesin pendingin, hingga gas.

Apa Itu Pipa Tembaga?

pipa tembaga
(Meca Copper)

Pipa ini sangat diandalkan dalam proyek instalasi, air, water heater, dan air conditioner (AC) karena keunggulannya yang tidak mudah bocor. Apalagi jika mengingat material tembaga merupakan jenis logam yang dikenal elastis dan mudah dibentuk.

Ketika tembaga digunakan sebagai pipa, maka karakternya yang tidak reaktif menjadikannya lebih tahan terhadap korosi.  Secara kualitas, jika Pins bandingkan dengan jenis pipa lainnya, maka pipa ini memang lebih baik walaupun secara harga relatif lebih mahal. 

Sifat pipa tembaga adalah tahan panas dan api, serta tidak akan melepaskan gas beracun ketika terjadi kebakaran. Selain itu, tembaga juga bersifat biostatik atau tidak mendukung pertumbuhan bakteri.

Hal ini tentu menjadikan kualitas kebersihan dan pasokan dari air yang dialirkan dapat terjaga kebersihan dan keamanannya. Adapun kandungan timbal pada tembaga sudah terlebih dahulu dibersihkan ketika proses produksi. 

Jadi, Pins tidak perlu khawatir karena pipa satu ini tidak akan menimbulkan risiko kesehatan layaknya pada pipa galvanis.  

Baca Juga:

Fungsi Pipa Tembaga

(Todays Home Owner)

Fungsi utama pipa ini adalah untuk mendukung instalasi air. Berbagai macam peralatan rumah tangga memerlukan pipa satu ini selama proses pemasangannya. 

Mulai dari media penyaluran air ketika instalasi air dingin dan water heater, AC, kulkas, gas, udara, sampai pemasangan oksigen.

Pins hanya perlu memilih pipa yang tersedia dalam berbagai bentuk, baik itu bentuk spiral, batangan panjang, gulungan sampai yang kaku. Ketebalannya juga bervariasi sehingga lebih bisa disesuaikan sesuai kebutuhan instalasi. 

Bahkan, kelebihan pipa ini dalam proyek instalasi air yaitu dapat mengalirkan air dalam volume besar. 

Tak hanya itu saja, pipa ini juga dapat dibelokkan yang menjadikan konektor dan pengencang untuk pemasangan pun cenderung lebih sedikit. Ini berarti, Pins dapat menghemat biaya pemasangan peralatan yang memakai pipa ini.

Baca juga:

Jenis-jenis Pipa Tembaga

pipa tembaga
(The Construction Index)

Pins dapat memilih beberapa jenis pipa tembaga yang dapat dilihat dari kualitas material serta merknya. Yuk, simak penjelasan terkait jenis pipa tembaga berikut ini:

Pipa Crane Copper

Yang pertama produk pipa yang diproduksi oleh Crane Enfield Metals Pty. Limited, yang berpusat di Australia. Jenis pipa yang satu ini dikenal dengan kualitas bahan baku yang tinggi dan sangat baik.

Pipa ini sudah dikenal untuk instalasi berbagai peralatan industri, konstruksi, dan rumah tangga. Pipa Crane Copper banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendingin udara, air, limbah cair, refrigerasi hingga pengaliran gas untuk kebutuhan medis. 

Pipa Kembla Copper

Berikutnya diproduksi oleh MM Kembla yang berusia hampir mencapai 100 tahun. Di Indonesia, produk Kembla dikenal dengan produk pipa tembaga, stainless steel dan fitting, berkualitas sangat baik. 

Khusus untuk pipa tembaganya, dapat digunakan untuk instalasi pendingin ruangan dan kulkas. Pins bisa memilih pipa ini dalam dua variasi, yaitu lurus dan melingkar.

Pipa Denji Copper

Copper pipe dari Denji dikenal tahan lama yang diproduksi untuk memenuhi standar yang dibuat oleh American Society for Testing dan Material (ASTM). Standar ASTM sudah dipastikan terbuat dari 99,9% tembaga murni yang biasa dipakai untuk instalasi sistem pemanas dan pendingin.

Pins bisa memilih dua jenis Pipa Tembaga Denji yaitu Seamless Tabung Tembaga ACR yang memenuhi ASTM B280 dan Seamless Copper Air Tabung yang memenuhi ASTM B88.   

Pipa Tembaga AC

Jika ingin pemasangan AC, Pins dapat memilih pipa tembaga khusus untuk AC yang dapat disesuaikan dengan jenis AC yang digunakan. Berikut ini jenis pipa yang biasa digunakan untuk instalasi AC:

  • Pipa AC soft, digunakan untuk pemasangan pendingin ruangan berjenis split. Keunggulannya lebih mudah dibentuk sehingga proses penyambungannya dapat dilakukan dengan flare tekan lalu dilas.
  • Pipa AC kaku (rigid), yang cocok digunakan pemasangan instalasi pendingin ruangan dengan medan lurus. Pins bisa memakai pipa jenis ini untuk sistem pendingin apartemen, hotel, maupun bangunan tinggi. Keunggulannya tidak mudah mudah penyok meskipun tidak dapat ditekuk sehingga memerlukan sambungan fitting elbow untuk mengubah arah. 

Baca juga: Pipa PPR

Keunggulan Pipa Tembaga

pipa tembaga
(The Spruce)

Walaupun dari segi harga lebih mahal, tetapi ada banyak hal yang membuat pipa satu ini memiliki banyak keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulannya: 

  • Daya tahannya lebih tinggi dibandingkan jenis pipa lain.
  • Bahan tembaga sangat elastis sehingga ketika proses pemasangan tidak memerlukan banyak konektor ataupun pengencang.
  • Lebih aman karena tidak mengeluarkan gas beracun sekalipun terkena panas dan api.
  • Bersifat biostatik yang menjadikan bakteri tidak berkembang pada bagian permukaannya.
  • Lebih kuat ketika menghadapi getaran, tekanan, maupun vakum.
  • Anti korosi jadi Pins tak perlu khawatir air akan berubah menjadi kecoklatan.
  • Mampu menahan sinar ultraviolet sehingga dapat digunakan untuk luar ruangan.
  • Ramah lingkungan karena dapat didaur ulang ketika tidak digunakan.
  • Anti bocor sehingga bisa mengalirkan air dalam volume yang besar.
  • Bisa bertahan lama, mencapai 50 tahun. 

Itulah beberapa informasi mengenai pipa tembaga, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga keunggulannya. Walaupun kualitas dan kelebihannya banyak, tetapi harga pipa tembaga cenderung lebih mahal jika dibandingkan pipa lainnya. 

Jadi, pastikan Pins sudah memperhitungkan biaya instalasi secara menyeluruh, ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.