Kamus Istilah Properti

Unfurnished

istilah properti

Unfurnished

Unfurnished adalah istilah dalam bahasa inggris yang artinya tidak terisi atau tidak dilengkapi dengan perabotan.

Apa itu Unfurnished?

properti unfurnished
(Pinterest)

Di dalam dunia properti kita mengenal istilah unfurnished yang diartikan sebagai bangunan atau unit yang tidak dilengkapi dengan perabotan rumah tangga. Dengan kata lain properti atau hunian kosongan tanpa peralatan rumah tangga.

Hunian atau unit unfurnished tidak menentukan apakah rumah atau apartemen tersebut bangunan baru atau lama. 

Hunian apartemen atau rumah tapak yang unfurnished tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, hal ini tergantung dari preferensi Pins sebagai konsumen atau pembeli unit properti.

Keuntungan Hunian Unfurnished

Pins, hunian dengan fasilitas unfurnished tentu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik dari segi penjual ataupun pembeli properti.

Sebagai pembeli, keuntungan yang akan Pins dapatkan dalam membeli properti unfurnished adalah tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Biasanya hunian apartemen atau rumah yang sudah full atau semi furnished mempunyai harga sewa atau jual yang sangat mahal dibandingkan properti unfurnished.

Apabila Pins adalah orang yang kreatif dan hobi merenovasi rumah maka hunian unfurnished sangat cocok untuk Pins. Hal ini karena Pins dapat mengeksplor dan bereksperimen untuk menentukan sendiri perabotan apa saja yang akan Pins beli. 

Pemilik hunian apartemen yang berniat untuk menyewakan apartemen unfurnished tidak perlu pusing menyediakan dana maintenance yang besar. Selain itu pemilik hunian juga tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan perabotan yang disebabkan oleh penyewa yang menempati hunian.

Kekurangan Hunian Unfurnished

Sementara kekurangan dari hunian unfurnished untuk para pembeli adalah belum tersedianya perabotan untuk mendukung kebutuhan hidup. 

Bagi Pins yang pekerjaannya suka berpindah dari satu kota ke kota lain dalam waktu yang lama maka hunian unfurnished tidak cocok untuk Pins. Hal ini karena Pins harus memprioritaskan efisiensi waktu dan uang Pins. Lebih praktis jika Pins mencari atau menyewa hunian yang semi atau full furnished.

Pins yang membeli hunian berupa apartemen atau rumah tapak unfurnished harus memperhatikan tiap sudut bangunan dengan detail. Bisa saja ada bagian-bagian ruangan yang belum sempurna seperti dinding yang retak atau lantai kayu yang belum rapi. Jika Pins menemukan hal tersebut maka siap-siap untuk mengeluarkan dana yang lebih besar untuk renovasi.

Pins harus menyediakan waktu yang lebih untuk menata ruang dan area luar rumah. Tentu hal ini akan membuat Pins kewalahan. Apalagi ketika Pins memutuskan untuk menggunakan jasa desain interior maka Pins harus mempersiapkan uang yang cukup besar untuk membayar desainer interior. 

Bagi penjual yang menyewakan unit apartemen atau rumah unfurnished tidak dapat menaikkan harga jual atau sewa karena kondisi hunian yang kosong. Artinya tidak ada faktor yang kuat bagi penjual atau pemilik properti untuk menaikkan harga jual atau sewa demi mendapatkan margin.


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.