Kamus Istilah Properti

One Gate System

istilah properti

One Gate System

One Gate System adalah sistem keamanan dalam sebuah perumahan yang hanya memiliki satu pintu utama sebagai akses keluar dan masuk.  

Apa itu Sistem One Gate?

One Gate System
(Pinterest)

Sistem satu gerbang adalah sistem keamanan dalam sebuah perumahan yang hanya memiliki satu pintu utama sebagai akses keluar dan masuk. 

Akses pintu masuk ini memiliki satu pos penjagaan yang dijaga oleh beberapa orang petugas security selama 24 jam.

Untuk melengkapi sistem keamanan di area perumahan tersebut, sistem satu gerbang biasanya dilengkapi dengan kelengkapan-kelengkapan keamanan lain, seperti kamera CCTV hingga pemasangan kawat berduri pada dinding pembatas perumahan. 

Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah terjadinya aksi kriminalis, terutama pencurian dan perampokan di kawasan perumahan tersebut. 

Keuntungan Perumahan dengan Sistem Satu Gerbang

(Pinterest)

Tujuan utama dibuatnya one gate system pada area perumahan tak lain untuk menjaga Anda  dan keluarga tetap aman dan nyaman tinggal di kompleks tersebut.

Selain itu, ada beberapa kelebihan perumahan one gate system. Berikut ini diantaranya:

Mencegah Aksi Kriminalitas

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, peluang terjadinya kriminalitas menjadi lebih minim dengan diterapkannya sistem satu gerbang pada sebuah perumahan. 

Sebab, perumahan yang menggunakan sistem ini tidak memiliki akses keluar masuk lain selain pintu utama. Artinya, seluruh kendaraan dan orang yang masuk ke dalam komplek berada dalam pengawasan petugas keamanan. 

Memberikan Keamanan Penghuninya 

Memilih hunian yang berada di area sistem satu gerbang akan memberikan keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas. Anda bisa dengan tenang menjalankan berbagai macam kegiatan seperti olahraga pagi maupun bersantai di taman komplek. 

Anda tak perlu khawatir membiarkan buah hati Anda untuk bermain di ruang terbuka yang ada di dalam perumahan. 

Tidak Menjadi Jalur Alternatif  

Pins tentu banyak menemukan perumahan yang menjadi jalur alternatif untuk keluar masuknya orang di luar penghuni dan kendaraan lainnya.

Biasanya, perumahan skala besar yang tidak memiliki sistem satu pintu biasanya memiliki beberapa gerbang untuk menghubungkan antar jalan raya. Kondisi ini akan dimanfaatkan kendaraan non penghuni sebagai akses alternatif untuk menghemat waktu tempuh.

Bahkan pada kasus yang lebih parah, akses dalam perumahan akan turut terkena imbas jalanan yang macet, karena menghubungkan dua jalan raya lainnya.  

Lingkungan Jadi Lebih Nyaman  

Semakin sedikitnya kendaraan yang diperbolehkan berlalu lalang membuat perumahan menjadi lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali. 

Bahkan, Anda juga tak perlu takut meninggalkan anak-anak bermain di luar rumah selama masih berada id dalam komplek. Sebab, di perumahan dengan one gate system, ruang gerak anak yang lebih aman karena kemungkinan mereka berpapasan dengan sembarang orang juga semakin kecil. 

Contoh Perumahan yang Menerapkan Sistem Satu Gerbang di Indonesia 

Saat ini sistem satu gerbang banyak diterapkan oleh perumahan di Indonesia. Berikut ini rekomendasi dan contoh perumahan yang menerapkan sistem satu gerbang:

Grand Wisata Bekasi 

(grandwisatabekasi.com)

Grand Wisata Bekasi adalah sebuah kawasan hunian modern yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun di industri properti Indonesia. Mengusung konsep live, play, work membuat Grand Wisata Bekasi menawarkan kehidupan yang layak bagi penghuninya. 

Dari segi keamanannya, cluster yang ada di Grand Wisata Bekasi sudah one gate system. Tak hanya itu, rumah-rumah yang ada di sini sudah memakai smart home system berupa akses CCTV dan security door lock dari jarak jauh. 

Green Pamulang Estate

One Gate System
(greenpamulangestate.com)

Jika Anda sedang mencari hunian di kawasan Tangerang Selatan dengan sistem keamanan satu pintu, maka green Pamulang Estate bisa jadi pilihan. 

Dengan harga yang cukup terjangkau di lokasi on demand, perumahan Green Pamulang Estate telah berbentuk cluster sistem satu gerbang yang eksklusif. Hal ini tentu menjadi lebih aman  dengan penjagaan 24 jam. 

Tak hanya itu, Green Pamulang Estate juga mudah dijangkau dan diapit oleh dua kawasan superblok di Tangerang yakni Bintaro Jaya dan BSD City. 

CitraGarden City Jakarta

One Gate System
(citragardencity.com)

CitraGarden City Jakarta adalah proyek pertama yang mulai dikembangkan oleh Ciputra Residence pada tahun 1984 sampai saat ini. Dahulu CitraGarden City dikenal dengan nama Citra Garden atau Perumahan Citra.

Ditujukan bagi masyarakat menengah ke atas, maka tak heran seluruh cluster di kawasan ini mengusung one gate system. 

Salah satu cluster milik CitraGarden City Jakarta adalah AeroWorld 8 yang berada di lokasi strategis, selangkah ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Cluster ini dilengkapi one gate system, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi dengan keamanan dan kenyamanannya.

Citra Sentul Raya Bogor

One Gate System
(coldwellbanker.id)

Mendambakan tinggal di Bogor yang sejuk dan asri? Maka, Citra Sentul Raya dari Ciputra Group ini bisa Pins pilih. Berada di kawasan Sentul, selatan Jakarta, membuat perumahan ini banyak diminati. 

Proyek Citra Sentul Raya berdiri di atas lahan pengembangan seluas 1.000 hektar yang memadukan unsur natural dan modern. Dari sisi keamanannya, seluruh cluster di Citra Sentul Raya dilengkapi security 24 jam dengan one gate system.  

Nah, demikian informasi mengenai one gate system. Mau mencari perumahan lain yang memiliki konsep one gate system? Cari saja di Pinhome! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.