Kamus Istilah Properti

Restrukturisasi Kredit

istilah properti

Restrukturisasi Kredit

Restrukturisasi kredit adalah keringanan pembayaran cicilan pinjaman di bank atau leasing. Besar keringanan didasarkan oleh penilalian debitur.

Apa itu restrukturisasi kredit?

(BondEvalue)

Ketika mengajukan atau telah berhasil mendapatkan pinjaman kredit, ada baiknya Pins mengetahui beberapa istilah-istilah khusus yang sering dipakai dalam ranah ini. Salah satu istilah yang mungkin akan kamu temukan adalah restrukturisasi kredit.

Restrukturisasi kredit adalah keringan pembayaran cicilan yang diberikan oleh pihak bank atau leasing. Besaran keringan yang didapatkan oleh kreditur akan didasarkan oleh penilaian debitur. Jika perlu, debitur akan melakukan kesepakatan bersama dengan kreditur untuk mencari titik tengah kesepakatan keringanan yang dapat diberikan.

Untuk ranah properti, keringanan untuk pembayaran cicilan kredit yang bisa didapatkan antara lain adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dan kredit-kredit untuk keperluan properti lainnya. Adapun keringan ini diharapkan dapat memperlancar nasabah (kreditur) untuk memenuhi kewajiban kreditnya per periode.

Restrukturisasi adalah langkah yang dilakukan oleh bank dan perusahaan finance untuk menghindari risiko nasabah gagal membayarkan utang. Jika banyak pembayaran kredit yang tertunda atau gagal dilakukan, maka kemungkinan besar debitur akan mengalami financial turmoil (gejolak keuangan).

Umumnya, keringanan yang diberikan antara lain adalah menurunkan suku bunga pinjaman. Secara sederhana, lewat restrukturisasi, bank atau perusahaan finance akan memperkecil margin keuntungan mereka. Seperti yang kita tahu, suku bunga pinjaman merupakan sumber keuntungan yang diperoleh bank atau perusahaan finance dari sistem pemberian kredit.

Cara kerja restrukturisasi kredit

(Unsplash)

Setiap debitur, baik bank maupun perusahaan finance, mempunyai mekanisme yang berbeda untuk restrukturisasi yang mereka berikan kepada nasabah. Akan tetapi, pada bagian ini akan dipaparkan cara kerja restrukturisasi yang umum digunakan. Informasi yang tertulis merupakan saduran dari sumber Investopedia.

Seperti yang telah disinggung pada bab sebelumnya, restrukturisasi utang akan dilakukan ketika sebuah perusahaan akan berpotensi menghadapi kebangkrutan. Beberapa keringanan yang bisa diberikan oleh debitur kepada nasabahnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi suku bunga pinjaman.
  • Memperpanjang tenggat waktu tanggal pembayaran cicilan.
  • Mengkombinasikan pengurangan suku bunga dan memperpanjang tenggat waktu pembayaran.

Lewat langkah ini, potensi pembayaran dari nasabah akan meningkat. Sementara itu potensi kebangkrutan atau likuidasi yang akan dialami oleh debitur dapat menurun.

Restrukturisasi merupakan langkah yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Debitur akan memperoleh pemasukan, sementara itu kreditur akan mendapatkan keringanan baik berupa perpanjangan masa pembayaran atau pengurangan nominal suku bunga.

Beberapa tipe restrukturisasi hutang

(Unsplash)

Restrukturisasi kredit atau restrukturisasi hutang setidaknya memiliki beberapa tipe. Masing-masing adalah restrukturisasi hutang untuk negara, restruktursasi hutang untuk perusahaan, dan restrukturisasi hutang untuk individu.

Restrukturisasi hutang untuk negara

Selain dari pajak, salah satu sumber pemasukan negara untuk melakukan pengelolaan administrasinya adalah dengan berhutang. Praktek ini cukup banyak dilakukan oleh berbagai negara. Di masa modern, beberapa negara melakukan langkah untuk restrukturisasi hutang dengan membuat surat obligasi. Dengan langkah ini, hutang negara akan dipindahkan dari sektor swasta ke sektor publik. Dengan kata lain, publik melakukan peminjaman uang kepada negara melalui uang mereka.

Pemilik surat obligasi nantinya akan diajak berdiskusi untuk bersedia menerima potongan persentase keuntungan dari dana yang mereka pinjamkan. Negara juga bisa memperpanjang jatuh temponya pembayaran persentase keuntungan obligasi.

Jenis restrukturisasi ini biasanya tidak mempunyai lembaga pengawasan untuk prakteknya. Jadi, restrukturisasi bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kreditur.

Restrukturisasi hutang untuk perusahaan

Perusahaan juga bisa melakukan restrukturisasi hutang mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah debt-for equity swap. Jadi, pemegang saham akan diberikan hak untuk menukar saham mereka dengan sejumlah hutang yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Langkah ini biasanya dilakukan apabila sebuah perusahaan menghadapai kondisi yang berpotensi untuk menghentikan operasional mereka.

Restrukturisasi juga bisa dilakukan dengan menegosiasikan ulang kepada pemilik saham untuk mengambil porsi untuk memangkas sebagian keuntungan mereka atau bahkan merelakan semua keuntungan yang didapatkannya.

Ketika tidak bisa melakukan pembayaran bunga pada pemegang saham, sebuah perusahaan bisa menerbitkan saham callalble. Saham callable ini merupakan jenis saham yang mempunyai ketentuan-ketentuan khusus, dan biasanya berisiko untuk investor.

Restrukturisasi hutang untuk individu

Apabila menghadapi situasi keuangan yang sulit, maka individu dapat mengajukan restrukturisasi kredit dengan melakukan negosiasi persyaratan pinjaman yang telah mereka sepakati sebelumnya. Pengajuan keringan ini bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan perusahaan pelepas hutang yang punya reputasi baik. Jika perusahaan yang membantu restrukturisasi punya reputasi yang jelek, maka ada proses ini akan berpotensi untuk terjadinya penipuan.

Restrukturisasi kredit di masa pandemi

(Unsplash)

Pandemi sangat berpengaruh terhadap perputaran roda ekonomi masyarakat secara luas. Maka dari itu, Otoritas Jasa Keuangan melakukan program relaksasi restrukturisasi kredit perbankan hingga tahun 2023. Program ini berlaku juga untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan kepada seluruh sektor. Jadi, semuanya akan diuntungkan baik pihak debitur maupun kreditur.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.