Kamus Istilah Properti

Bank Himbara

istilah properti

Bank Himbara

Bank Himbara adalah sebutan untuk himpunan bank milik negara yang keanggotaannya terdiri dari empat bank, yaitu BTN, Mandiri, BRI, dan BNI.

Apa Itu Bank Himbara?

bank himbara
(Parapuan)

Istilah bank Himbara digunakan untuk menyebut empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Himbara sendiri merupakan singkatan dari Himpunan Bank Milik Negara. Saat ini anggota bank Himbara adalah Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Dikatakan sebagai bank milik negara karena saham keempat bank tersebut, mayoritasnya dikuasai oleh pemerintah Indonesia. Misalnya, BTN, Mandiri, dan BNI sebanyak 60% sahamnya dimiliki pemerintah, lalu BRI 56% sahamnya milik pemerintah. 

Selain itu, Himbara juga tergolong bank dengan aset terbesar di Indonesia. Dari sisi nasabah, bank Himbara memiliki jumlah nasabah yang besar dengan segmentasi berbeda di seluruh Indonesia.  

Kata Himbara untuk menyebut perbankan ini dipopulerkan oleh Menteri BUMN tahun 2014-2019, Rini Soemarno sebagai program sinergi antar-BUMN yang digagas oleh Kementerian BUMN.

Daftar Anggota Bank Himbara dan Programnya

(IDX Channel)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bank Himbara terdiri dari empat perbankan besar di Indonesia, yaitu BTN, Mandiri, BNI, dan BRI. Masing-masing bank ini memiliki segmentasi yang berbeda. 

Namun, bank-bank ini menawarkan aneka produk perbankan, produk pinjaman untuk perorangan, korporasi, bisnis skala menengah maupun kecil.  

Yuk, simak penjelasannya berikut ini: 

Bank Tabungan Negara (BTN) 

Bank yang dibentuk dari nasionalisasi Postspaarbank ini sudah ada sejak zaman Belanda. Segmentasi dari bank BTN sebagai anggota himbara adalah fokus untuk menyediakan fasilitas pembiayaan perumahan untuk masyarakat melalui kredit pemilikan rumah (KPR). 

Untuk masyarakat berpenghasilan rendah, BTN mendukung berbagai program KPR subsidi terlengkap. Selain itu, BTN juga menyediakan kredit komersial untuk masyarakat non-MBR. 

Adapun aset bank BTN adalah Rp375.73 triliun. 

Bank Mandiri

Anggota Himbara berikutnya yaitu Bank Mandiri. Bank ini terbentuk program restrukturisasi pemerintah yang merupakan penggabungan dari 4 bank pada tahun 1999. 

Bank tersebut yaitu Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), dan Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim). 

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN, memfokuskan Bank Mandiri untuk menggarap segmen korporasi. Mandiri memiliki peran pada sektor yang terkait dengan proyek-proyek infrastruktur, seperti transportasi dan proyek jalan tol. 

Saat ini Bank Mandiri menjadi bank dengan aset terbesar di Indonesia setelah Bank Mandiri Syariah merger menjadi Bank Syariah Indonesia. Sementara aset bank Mandiri saat ini Rp 1.637,95 triliun pada akhir September 2021. 

Bank Negara Indonesia (BNI)

Lalu ada BNI yang merupakan salah satu bank tertua di Indonesia. Bank ini sudah berdiri sejak tahun 1945. Sebagai anggota Himbara, BNI memiliki fokus dalam bisnis Internasional, dengan memperkuat ekspansi internasional. 

Peran BNI yaitu mendorong diaspora Indonesia supaya bisa lebih mengembangkan sayap dan membantu showcasing produk UMKM Indonesia ke dunia. 

Saat ini Bank BNI menjadi salah satu bank dengan aset besar di Indonesia dengan capaian Rp864.44 triliun. 

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Terakhir ada Bank BRI yang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1895. Bank ini memiliki jaringan yang luas sampai ke berbagai pelosok di Indonesia.  

Maka tak heran kalau bank ini memiliki fokus segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). BRI unggul dalam produk perbankan yang menjangkau masyarakat di daerah, termasuk Simpanan Pedesaan (Simpedes) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Saat ini total aset BRI mencapai Rp1.411.05 triliun. 

Keunggulan Bank Himbara

bank himbara
(Warta Ekonomi)

Kementerian BUMN sudah sejak 2015 melaksanakan kerja sama sektoral antar-BUMN dengan mensinergikan bank milik negara untuk melakukan efisiensi dan memberikan keuntungan bagi nasabah. 

Tak hanya efisiensi dari sisi perbankan, kehadiran Himbara juga menjadi langkah dalam memenangkan persaingan perbankan yang semakin ketat saat ini. 

Sebagai langkah sinergi ini, ada beberapa keunggulan dari Bank Himbara, yaitu:

Pernah melihat ATM Link di berbagai tempat, seperti minimarket, rumah sakit, dan sebagainya, Pins? Nah ATM Link ini merupakan layanan ATM dari Bank Himbara yang digagas oleh Kementerian BUMN.

ATM Link memungkinkan nasabah melakukan transaksi antar nasabah bank milik negara ini tanpa dikenai biaya. Pins bisa melakukan transaksi tanpa biaya di ATM Link, seperti:

  • Cash withdrawal atau penarikan tunai
  • Gingga balance inquiry atau cek saldo. 

Namun, sejumlah transaksi lainnya masih dikenai biaya jika Pins memakai ATM Link dari bank BUMN yang berbeda, misalnya transaksi transfer antar bank. Lalu, untuk transaksi lain di ATM Link juga dikenai biaya yang sifatnya hanya biaya administrasi seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa, isi ulang atau top up uang elektronik hingga transaksi perbankan lainnya

Saat ini ATM Link memiliki jangkauannya yang luas sehingga bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. Per Juni 2021, ATM link sudah tersebar di lebih dari 53.000 titik di seluruh Indonesia.  

Program Percepatan Ekonomi 

Selain ATM Link, Bank Himbara berperan aktif untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain adanya KPR subsidi dari Bank BTN, pada masa pandemi Covid-19, bank milik negara ini melaksanakan sejumlah program, seperti: 

  • Restrukturisasi kredit: cara untuk memperbaiki perkreditan. Program ini menyasar debitur yang berpotensi untuk mengalami kesulitan pembayaran. 
  • Penyaluran bantuan sosial:bank penyalur bantuan subsidi upah bagi pekerja, bantuan presiden untuk UMKM, dan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Demikian informasi mengenai bank Himbara yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.