Kamus Istilah Properti

Prosperous

istilah properti

Prosperous

Prosperous adalah wilayah yang berprospek dan dapat memberikan keuntungan dalam investasi.

Apa Itu Prosperous? 

Prosperous
(Cosmopolitan)

Istilah prosperous dalam dunia properti dapat diartikan sebagai prospek sebuah kawasan. Lebih jelasnya, prosperous adalah wilayah yang berospek dan dapat memberikan keuntungan dalam investasi. Kawasan ini juga memiliki potensi pengembangan jangka panjang.

Dengan mempelajari prospek invetasi, maka investor bisa menentukan sendiri kawasan apa saja yang memiliki prospek yang menguntungkan. Penilaian terhadap prosperous adalah tingkat kestrategisan lokasinya, akses transportasi, fasilitas, hingga pemerataan pembangunan di sekitar area.

Artinya, jika melakukan investasi pada kawasan yang berprospek akan memberikan keuntungan yang lebih pasti dan jelas. Hal ini pun akan berimbas pada keuangan yang diperoleh menjadi lebih stabil.

Ciri-ciri Prosperous pada Properti

Prosperous
(Get Your Guide)

Lalu, seperti apa ciri propsperous property?

Tidak Berada di Area Property Bubble

Bubble property alias gelembung properti adalah istilah yang merujuk pada keadaan melonjaknya harga perumahan akibat meningkatnya permintaan dan spekulasi. Pada titik tertentu, permintaan dari properti akan stagnan karena semakin banyaknya properti yang tersedia di suatu tempat. Seiring dengan hal tersebut, tentunya harga properti juga akan turun bahkan berimbas kepada perekonomian global.

Memiliki aset properti di daerah yang terkena dampak gelembung tersebut akan mengakibatkan kerugian karena nilai jual atau sewanya akan menurun, bahkan bisa ‘terjun bebas’.  Nah, kawasan yang beprospek tidak termasuk pada area property bubble.

Jadi Tujuan Arus Manusia

Secara demografi, area nice property masih menjadi tujuan arus manusia yang secara otomatis juga menjadi arus barang. Ciri utamanya di area ini masih menjadi salah satu pilihan tempat bagi banyak manusia untuk menggantungkan hidupnya. Selain itu, aksesnya mudah dengan pusat kota dan memiliki andil sebagai area tempat terjadinya aktivitas perkotaan atau urban activities. 

Memiliki Infrastruktur yang Memadai

Jangan ragu untuk membeli properti di daerah yang mempunyai infrastruktur yang memadai. Sebab, area ini sudah pasti ini termasuk memiliki propspek yang menarik. Dengan adanya infrastruktur seperti akses dekat ke jalan tol atau stasiun kereta, lokasi ini akan berkembang pesat. Nilai properti pun akan tentunya berlipat ganda.

Tak perlu berada di pusat kota, yang paling penting kawasannya memiliki akses jalan yang memadai dan sarana serta prasana yang terbilang lengkap. 

Termasuk Kawasan Sunrise Property

Kriteria selanjutnya adalah berada pada kawasan sunrise property. Artinya, kawasan yang termasuk dalam sunrise property ini memiliki potensi investasi yang cerah di masa kini dan masa depan. Sunrise property bisa terletak pada kawasan yang baru dan berkembang, kawasan yang baru dan diimbangi kestabilan, atau bisa juga pada kawasan yang modern yang baru direhabilitasi. 

Hal ini tentu dapat meningkatkan keuntungan nilai properti yang memiliki banyak sisi peluang untuk dapat digunakan. 

Keuntungan Berinvestasi Properti di Wilayah yang Prosperous

(Spacestock)

Kawasan yang prospektif, tentu memiliki harga jual yang tinggi. Tetapi berinvetasi di wilayah yang prosperous menawarkan berbagai keuntungan.

Di masa pandemi, harga properti seken berpotensi turun hingga 30%. Tetapi ini tidak terjadi pada kawasan berprospek. Hal ini bisa Pins manfaatkan untuk membeli properti yang sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Kenaikan tersebut tentunya dipengaruhi oleh lokasi sekitar property dan pembangunan kawasan di area tersebut. Semakin strategis lokasi tersebut, maka sudah bisa dipastikan harga jual properti akan semakin naik.

Tak hanya itu, wilayah ini juga lebih tahan terhadap inflasi. Berbeda dengan saham yang nilainya bisa jatuh sewaktu-waktu, tetapi tidak dengan properti. Nilai properti cenderung naik setiap tahunnya sehingga Pins bisa memanfaatkan keuntungan ini untuk mulai investasi properti.

Contoh Kawasan yang Termasuk Prosperous 

(Property Inside)

Di Indonesia, Pins bisa menemukan banyak wilayah yang memiliki prospek yang telah sukses. Hingga saat ini kawasan ini memiliki nilai investasi yang tinggi. Apa saja ya? 

1. Serpong dan Maja (Tangerang)

Beberapa tahun lalu, mungkin tak ada yang menyangka jika daerah kawasan Serpong dan Maja di Tangerang bisa jadi bersinar seperti sekarang.

Serpong dan Maja kini menjadi sentral perumahan berkualitas dan berkembang pesat. Terlebih telah didukung dengan pembangunan Tol Merak-Jakarta dan KRL dari Rangkasbitung-Jakarta. 

Pins bisa mendapatkan berbagai kebutuhan hunian dan fasilitas umum dengan mudah jika memiliki rumah di dua area ini. 

2. Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)

Dua kawasan ini sekarang memiliki nilai investasi yang tinggi sejak diputuskan menjadi kabupaten yang akan menjadi ibu kota baru.

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, dipastikan menjadi daerah potensial dengan pemindahan pemerintahan. Hal ini didukung dengan banyak pembangunan di daerah ini. 

3. Bandung (Jawa Barat)

Area Bandung Selatang memang dikenal sudah sejak lama mengalami peningkatan infrastruktur yang tergolong stabil. Maka tak heran, kawasan ini tergolong sunrise properti yang punya nilai investasi tinggi di Jawa Barat. 

Ketika Pins memiliki rumah di Bandung Selatan, maka pasti aksesnya mudah dan bisa mudah menemukan sarana hiburan yang memadai.

4. Cibubur (Jakarta Timur)

Terletak di Jakarta Timur, Cibubur menjadi kawasan yang menguntungkan hingag beberapa tahun ke depan. Apalagi hingga sekarang pembangunan infrastruktur di sini terus dilakukan. 

Mulai dari pembangunan Tol Cimanggis yang melewati Transyogi dari Cimanggis – Cileungsi, mendorong pengembangan hunian hingga pembangunan LRT Cawang- Cibubur yang membuat harga tanah merangkak naik. Tertarik berinvestasi di daerah ini, Pins? 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.