Kamus Istilah Properti

Sunset Property

istilah properti

Sunset Property

Sunset Property adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kawasan perumahan dan bisnis yang sudah tidak berkembang.

Apa itu Sunset Property?

sunset property
sumber: Albrecht Fietz dari Pixabay

Mungkin istilah sunset property masih sedikit asing di telinga para Pins. Sunset Property adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kawasan perumahan dan bisnis yang sudah tidak berkembang. Bahkan banyak dari penghuninya yang sudah meninggalkan kawasan tersebut. 

Kawasan sunset property pada awalnya adalah kawasan yang strategis untuk dihuni dan berbisnis, namun karena semakin banyak kawasan baru yang lebih strategis dan lebih potensial membuat kawasan sunset property ini mulai ditinggal dan tidak diminati oleh banyak orang yang pada akhirnya kawasan ini menjadi sepi. 

Ciri – Ciri Kawasan Sunset Property

sunset property
sumber: Kevin Phillips dari Pixabay

Terdapat beberapa ciri dari sunset property yang harus Pins perhatikan sebelum memilih, yaitu:

Usia Kawasan yang Sudah Tua

Ini adalah ciri pertama yang mudah dijumpai oleh Pins bila melihat sunset area. Biasanya usia bangunan telah lebih dari 20-30 tahun. Selain desain yang sudah usang, bangunan yang sudah tua dan tidak lagi menarik. Hal tersebut yang membuat kawasan sunset property semakin ditinggalkan peminat.

Aktivitas Ekonomi Menurun

Ciri kedua yang cukup mencolok dari sunset area adalah aktivitas ekonomi yang cenderung lambat atau bahkan menurun. Sedikitnya jumlah masyarakat yang bermukim di daerah sunset, aktivitas hanya terjadi di strata kelas rendah seperti pedagang kaki lima. 

Sebagai contoh, dulu Jalan Lada di Kota Tua dikenal sebagai pusat bisnis dan perputaran ekonomi yang deras di Jakarta. Tetapi, kawasan ini semakin menurun statusnya karena banyak pelaku bisnis yang berpindah ke area yang lebih baru dan potensial.

Nilai Properti Turun

Nilai jual properti sangat sulit untuk meningkat walau sudah melalui proses renovasi karena pasar properti yang lain sudah lebih baru dan strategis. Harga properti di sunset semakin lama semakin sulit naik. Bahkan harga jualnya cenderung sangat murah karena berbagai masalah yang timbul seperti rawan banjir, longsor atau kebakaran. 

Lokasi dan Tata Letak Tidak Strategis

Tata letak bangunan yang kurang sinkron, seperti membangun perumahan dekat dengan tempat pembuangan. Ruko yang tersedia di kawasan sunset yang seharusnya jadi sarana jual-beli, banyak beralih fungsi sebagai gudang penyimpanan karena kurang dimanfaatkan. Ditambah lagi, akses transportasi umum seperti KRL, Transjakarta, dan angkutan umum lainnya cukup sulit untuk dijangkau. 

Perbedaan dengan Sunrise Area

sumber: Pavel Sbitnev dari Pixabay

Jika ada sunset property, maka disitu pasti ada sunrise property. Perbedaaannya bisa Pins definisikan sepertinya namanya, sunrise property bak matahari yang bersinar cerah di pagi hari. Dinamakan sunrise property karena kawasan tersebut memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi lahan investasi. Pada umumnya sunrise property memiliki nilai pertumbuhan di atas 10%, bahkan bisa mencapai 30% sampai 40% karena tingginya perguliran aktivitas ekonomi. Harga dan nilai aset sunrise property dapat melesat tinggi dalam lima tahun, maka dari itu, banyak masyarakat yang tertarik dan berbondong mengincar kawasan tersebut. 

supaya Pins lebih mengenal tentang sunrise property, kenalilah beberapa cirinya sebagai berikut. 

Lokasi yang Strategis 

Biasanya lokasi sunrise property terletak di pinggiran kota-kota besar. Pins bisa dengan mudah menjangkau berbagai tempat seperti transportasi umum, rumah sakit, mall, perkantoran. 

Sunrise property juga difungsikan sebagai pusat bisnis dan ekonomi dengan tersedianya fasilitas terdepan. Dengan hal ini tentu saja akan menarik investor untuk menanamkan uang dan ketertarikan calon pembeli meningkat. 

Pembangunan yang Pesat

Ciri kedua yang terbilang cukup mencolok dari sunrise property adalah selain bangunan perumahan yang kekinian dan elegan, pembangunan infrastruktur yang juga dapat Pins lihat begitu cepat berkembang dari tahun ke tahun. 

Di dalam sunrise property pada umumnya mudah ditemukan infrastruktur transportasi seperti tol. Fasilitas lain yang menunjang kebutuhan hidup sehari-hari seperti pusat perbelanjaan, sekolah dan lain-lain dibangun dalam kurun waktu yang cepat. 

Nilai Properti Naik

Karena banyak diburu oleh calon pembeli dan investor, membuat harga dari sunrise property bergerak naik dengan pesat dalam kurun 5 tahun pertama dan seterusnya. Begitulah efek domino yang tercipta ketika tingginya aktivitas ekonomi yang bergerak di sunrise property yang lain halnya dengan sunset property

Maka dari itu, kawasan sunset property menjadi kawasan yang sangat menjanjikan sebagai tempat huni atau untuk berbisnis, tidak seperti sunset property.

Hal-Hal yang Harus Dipahami Sebelum Membeli Properti

sumber: Kompas Properti

Sebelum Pins menentukan pilihan untuk membeli properti, Pins harus memahami hal berikut dibawah ini agar tidak terjerembab pada sunset property yang kurang menguntungkan. 

  1. Pins tidak boleh mudah tergoda dengan tawaran harga yang murah.
  2. Telusuri dengan cermat akses transportasi yang tersedia pada kawasan properti tersebut. Idealnya kawasan tersebut mudah untuk menjangkau transportasi umum. 
  3. Membuat rencana guna bangunan yang tepat untuk apa tujuan bangunan tersebut didirikan. Misalnya, untuk dijadikan ruko atau gudang yang memerlukan luas bangunan yang lebih besar. 
  4. Jika pada akhirnya Pins memilih sunset property sebagai hunian, sebaiknya Pins pilih properti siap huni yang tidak butuh banyak keluar biaya untuk renovasi. 

Itulah beberapa informasi yang dapat Pins perhatikan perihal sunset property dan sunrise property. Pins harus benar-benar cermat dalam memilih kawasan mana yang akan menjadi tempat tinggal atau tempat Pins ingin berinvestasi dibidang properti. Jangan sampai Pins menyesal dikemudian hari karena terjebak oleh sunset property yang harganya dibanderol murah tetapi tidak menguntungkan. Semoga bermanfaat!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.