Kamus Istilah Properti

Plamir

istilah properti

Plamir

Plamir adalah tahapan lapisan tembok sebelum melakukan pengecatan yang dibuat dari material cairan putih yang terdiri dari campuran kalsium, lem, dan air.

Apa Itu Plamir?

plamir
(Toko Cat Warna Abadi)

Jika dinding rumah terdapat retak rambut, maka plamir adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Dengan melakukan plamir, maka permukaan tembok yang kurang rata akan menjadi halus. 

Plamir adalah tahapan lapisan tembok sebelum melakukan pengecatan yang dibuat dari material cairan putih yang terdiri dari campuran kalsium, lem, dan air.

Tujuan dari proses ini yaitu untuk membuat tembok jadi lebih tahan lama dan membuat proses pengecatan menjadi lebih seragam.  

Jadi, saat rumah akan di cat ulang sebaiknya Pins melakukan plamir terlebih dahulu, ya!

Keuntungan dan Manfaat Melakukan Plamir Tembok

(My Best)

Plamir memiliki tujuan utama untuk membuat cat rumah lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, plamir pada tembok juga memiliki sejumlah manfaat, seperti: 

Mengurangi Risiko Cat Terkelupas

Keuntungan pertama dari proses ini yaitu membuat cat dinding lebih awet dan tahan lama. Sebab, dengan melakukan plamir maka risiko cat terkelupas dapat berkurang.

Warna Cat Lebih Seragam

Berikutnya Pins dapat melakukan plamir untuk membuat warna cat menjadi lebih terlihat lebih seragam. Alhasil, tampilan warna muncul lebih baik.

Jadi kalau Pins ingin mengecat tembok, sebaiknya melakukan plamir terlebih dahulu agar tidak memengaruhi warna cat asli atau hasilnya lebih kusam. 

Hasil Pengecatan Lebih Merata

Tak hanya warnanya yang seragam, hasil pengecatan akan lebih merata sekaligus bertekstur  lebih halus. Kualitas tembok pun menjadi jauh lebih baik dibandingkan tembok yang tanpa melalui proses plamir di dalamnya.

Hal ini karena plamir berfungsi sebagai dasar untuk stain. Hal ini membuat permukaan akhir pada tembok menjadi lebih halus dan rata. Kalau Pins ingin merasakan manfaat ini, sesuaikan warna plamir dengan warna cat tembok, ya!

Dapat Menutup Celah dan Pori   

Plamir menjadi cara terbaik untuk menutup pori atau celah tembok. Hasilnya juga dapat meratakan plester, tembok, dan beton yang sudah retak dan tidak rata.  

Sehingga tembok halus dan rata serta bermanfaat juga untuk memperkuat lapisan finishing cat yang membuat hasill pengecatan lebih tahan lama.

Cara Plamir Tembok yang Benar

Tertarik melakukan plamir? Yuk, simak panduannya sebagai berikut: 

Siapkan Bahan Plamir

Sebelum melakukan plamir, Pins harus menyiapkan sejumlah persiapan. Kabar baiknya, bahan plamir tembok saat ini dapat ditemukan dengan mudah dalam bentuk instan. 

Pins bsia membeli plamir tembok instan yang dijual di pasaran. Cara menggunakannya pun mudah karena hanya perlu mencampur dengan takaran air sesuai informasi kemasan. 

Namun, kalau Pins ingin membuat sendiri, siapkan campuran kalsium, lem dan air dengan skala perbandingan tertentu. Berikut ini penjelasannya:

  • Siapkan pengeras semen 1,5 kg
  • Campurkan dengan air sebanyak 20 liter.
  • Aduk campuran tersebut sampai tercampur merata.
  • Tambahkan 1 kg semen putih, 1 kg lem dan 2 kg kalsium.
  • Aduk sampai merata
  • Plamir siap digunakan. 
  • Pembersihan Tembok

Bersihkan Tembok

Kalau Pins sudah menyiapkan material utama di atas, baik beli secara instan maupun membuatnya sendiri, Pins bisa mulai ke tahapan berikutnya, yaitu pembersihan tembok.

Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel yang bisa mengakibatkan daya tahan dan daya rekat dari plamir berkurang.

Kemudian, debu juga dapat membuat tembok menjadi tidak rata.

Jika Pins sudah melakukan pengecatan pada tembok, maka sebaiknya Pins mengeupas terlebih dahulu cat lama sampai benar-benar bersih agar dapat memberi hasil yang maksimal.

Aplikasikan Plamir  

Berikutnya Pins bisa langsung mengaplikasikan plamir. Adapun cara menggunakan plamir adalah sebagai berikut: 

  • Jika Pins memakai plamir tembok instan, caranya cukup tuangkan bubuk plamir pada wadah yang telah disiapkan. Lalu tambahkan air sesuai takaran. 
  • Kemudian aduk rata sampai benar-benar menyatu dan siap digunakan.
  • Gunakan kape untuk mengaplikasikan pada adonan sehingga  adonan tersebut dapat merata ke seluruh bagian dinding.
  • Pastikan kembali apakah seluruh bagian tembok sudah tertutup sempurna tanpa adanya pori-pori yang terlihat.
  • Pakai cairan dengan cara plamir tembok dari bagian atas menuju bagian bawah tembok supaya hasil akhir lebih rapi dan merata.
  • Keringkan dalam waktu 1×24 jam setelah pengaplikasian bahan plamir tembok untuk memastikan cairan menyerap sempurna dan menempel dengan baik. Lakukan  pengecekan untuk memastikan bahwa permukaan mulus dan muncul warna solid dari plamir.  
  • Amplas tembok setelah 1×24 jam. Gunakan amplas halus untuk menghindari kerontokan tembok.  
  • Cat tembok dengan pada bagian yang sudah diplamir.

Walaupun cenderung lebih sulit, tetapi plamir merupakan cara yang tepat untuk memperoleh hasil pengecatan yang bagus, merata, dan tahan lama. Jadi sebaiknya jangan dilewatkan.

Biaya yang harus Pins siapkan untuk melakukan plamir juga terjangkau. Pins hanya perlu menyiapkan lapisan plamirnya saja. Harga plamir instan mulai dari Rp15 ribu per kg. 

Semakin berat jumlah kilogramnya, tentu akan maka harganya pun juga semakin tinggi. Yuk, lakukan plamir sebelum cat ulang tembok, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.