Kamus Istilah Properti

Paviliun

istilah properti

Paviliun

Paviliun merupakan rumah atau bangunan kecil yang letaknya ada di sebelah rumah utama. Umumnya paviliun mempunyai fungsi yang sama dengan bangunan utama, yaitu sebagai tempat tinggal dan istirahat.

Mengenal Paviliun

Paviliun merupakan area yang berbentuk rumah atau bangunan kecil di sebelah bangunan utama. Bangunan ini bisa menyatu dengan bangunan utama. Namun, paviliun juga bisa dibangun di area taman dengan diberikan jarak dari rumah utama. Biasanya pemilik rumah menggunakan paviliun untuk bersantai atau sekadar menjadi ruang kerja. Memisahkan area kerja dengan rumah utama bisa membantu penghuni rumah lebih fokus dan konsentrasi saat akan melakukan pekerjaan atau deadline tertentu. 

Fungsi Paviliun

Paviliun dibangun dengan tujuan utama yang beragam. Pemilik rumah biasanya akan menentukan goal utama membangun sebuah paviliun. Tujuan ini akan berkaitan dengan fungsi ruangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi paviliun yang bisa menjadi referensi kamu.

Ruang serbaguna

Paviliun bisa menjadi ruang serbaguna. Baik itu untuk berkumpul dengan teman, lokasi untuk mengerjakan tugas kelompok dan lain-lain. Apabila kamu ingin menggunakan ruangan ini sebagai area serbaguna, pastikan tidak terlalu banyak meletakkan barang atau alat elektronik. 

Ruang istirahat

Apabila kamu ingin menjadikan area tersebut sebagai ruang istirahat, kamu bisa melengkapi space tersebut dengan kasur atau sofa empuk. Kamu juga bisa meletakkan televisi atau kulkas mini untuk memudahkan kamu saat akan membuat minuman. Selain itu, buat ruangan tersebut senyaman mungkin sehingga bisa kamu tinggali saat merasa penat atau ketika butuh mencari inspirasi.

Ruang kerja

Untuk mengubahnya menjadi ruang kerja, kamu bisa menambahkan meja kerja, kursi kerja, lemari kecil untuk menyimpan dokumen pekerjaan kamu. Selain itu kamu bisa melengkapi area ini dengan pendingin seperti AC. Lengkapi juga dengan air purifier agar suasana di dalam ruangan bisa lebih nyaman dan steril.

Tempat ngobrol

Apabila kamu ingin menjadikan area tersebut sebagai tempat ngobrol, maka kamu perlu memastikan ruangan tersebut cukup luas untuk menampung beberapa tamu. Pastikan tidak terlalu banyak peralatan atau barang di dalamnya. Kamu cukup meletakkan sofa untuk duduk santai, meja dan juga kulkas mini untuk menyimpan makanan dan minuman.

Gudang

Sebenarnya, akan sangat sayang sekali jika kamu menggunakan area paviliun sebagai gudang. Hal ini karena kamu masih bisa menjadikan ruangan tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Perbedaan Paviliun dengan Kamar Kontrakan

Sebuah paviliun tentu berbeda dengan kamar kontrakan. Perbedaan ini terletak pada beberapa aspek di antaranya adalah tujuan penggunaan ruangan. Tujuan dari paviliun biasanya digunakan untuk pribadi. Artinya ruangan tersebut akan digunakan oleh pemilik rumah untuk aktivitas yang melibatkan kegiatan sendiri. Sementara kamar kontrakan adalah kamar yang disewakan kepada orang lain dengan tujuan pemilik properti akan mendapatkan imbalan.

Di situlah letak perbedaan antara paviliun dan kamar kontrakan. Apabila kamu ingin menyewakan area tersebut menjadi kamar kontrakan, pastikan kamu sudah mantap dengan keputusan tersebut. Selain itu kamu harus memastikan terdapat penyekat dan kedap udara sehingga penyewa kamar tidak akan merasa terganggu.

Desain paviliun yang cantik sebagai referensi

Berikut ini ada beberapa desain paviliun cantik yang bisa kamu jadikan sebagai contoh atau referensi. Yuk kita simak bersama-sama.

Desain vila seperti di Bali

(Yulianto Maliang Architect)

Salah satu contoh interior dari paviliun yang bisa kamu jadikan referensi adalah gaya vila seperti di Bali. Konsep ini cukup unik dan menarik. Kamu akan merasa seperti sedang liburan setiap hari. Penataan halaman dan bangunan yang didominasi dengan kayu akan menciptakan nuansa yang nyaman. Kamu akan seperti liburan sambil bekerja.

Desain Minimalis

(Homify)

Selanjutnya, ada referensi desain bangunan minimalis yang bisa kamu jadikan acuan untuk membangun sebuah paviliun. Bangunan ini cukup unik dan cantik jika dikombinasikan dengan gaya minimalis pada bangunan utama. 

Konsep bangunan kaca

idesignarch.com

Ini adalah salah satu bangunan mini dengan kaca yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Membangun bangunan dengan dinding kaca akan sangat memanjakan mata. Kamu bisa bekerja sekaligus menatap pemandangan di luar rumah dengan nyaman.

Minimalis dekat dengan alam

(Pinterest)

Membangun rumah kecil dengan konsep minimalis putih yang dekat dengan alam bisa sangat menarik. Pasalnya kamu akan menciptakan suasana nyaman. Bentuk bangunan ini sangat cocok menjadi ruang istirahat jika kamu sedang penat dan bosan di rumah utama.

Membangun sebuah paviliun di dekat rumah utama memang bisa menjadi salah satu opsi pemanfaatan area di sekitar halaman. Namun kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membangun rumah kecil tersebut. Beberapa hal itu mencakup,

  • Urgency atau tingkat kebutuhan. Artinya kamu harus mempertimbangkan dahulu kebutuhan kamu, apakah perlu membangun paviliun atau dana yang kamu miliki lebih baik digunakan untuk renovasi rumah. Hal ini yang harus kamu pertimbangkan dengan matang.
  • Biaya pembangunan. Aspek ini sangat penting kamu pertimbangkan, walaupun bangunan yang dibangun berukuran kecil, namun kamu harus tetap membuat anggaran yang tepat.
  • Konsep dan gaya interior juga perlu kamu pikirkan agar setelah bangunan jadi kamu bisa menikmati ruangan tersebut.
  • Fungsi utama bangunan harus kamu tentukan dari awal. Apakah bangunan akan kamu jadikan sebagai ruang istirahat, ruang berkumpul, gudang atau ruang kerja.

Hal-hal di atas harus kamu pertimbangkan agar setelah bangunan berdiri, kamu bisa dengan nyaman menikmati area tersebut.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.